banner-detik

health wellness

Mengenal Olahraga Padel Tennis yang Mulai Digemari Public Figure

seo-img-article

Semakin hits di kalangan selebriti, padel tennis jadi salah satu olahraga pilihan yang bisa kamu ikuti! Tertarik coba?

Setelah banyak masyarakat yang hobi olahraga badminton dan tennis, saat ini ada yang lebih baru dan memiliki konsep yang mirip dengan tennis, namun raketnya berbeda, yakni padel. Padel adalah olahraga raket yang ditemukan Enrique Corcuera pada tahun 1969 di Mexico. Olahraga ini kemudian berkembang dan menyebar ke negara lain, hingga memiliki Federasi Padel Dunia di Madrid, Spanyol, pada 1991.

Di Indonesia sendiri, padel mulai hits pada dua tahun terakhir. Klub pertama yang membuat gebrakan ini adalah Bali Padel Academy, yang membuat Persatuan Padel Seluruh Indonesia pada tahun ini. Selain di Bali, padel juga bisa ditemukan di Jakarta dengan lapangan khusus padel, yakni di Racquet Padel Club Cilandak dan Verde Sports Hub di Pantai Indah Kapuk 2.

Baca juga:Mau Nonton MotoGP? Ini Beberapa Penginapan Dekat Sirkuit Mandalika!

Aturan bermain padel

padel tennis

Berbeda dengan tennis, sehingga padel ini harus dimainkan di lapangan dengan ukuran 10×20 meter atau 25% lebih kecil dari lapangan tennis. Lapangannya pun juga dikelilingi panel kaca akrilik dengan tinggi yang bervariasi yang bisa digunakan untuk memantulkan bola seperti permainan squash. Pada dasarnya, padel ini adalah kombinasi antara tennis dan squash, dengan raket menyerupai raket tennis yang dimodifikasi.

Mengenal pemain padel di dunia

Meski tergolong baru di Indonesia, namun padel sudah cukup mendunia di luar sana. Faktanya, ada beberapa pemain padel yang menduduki peringkat satu dunia per-20 Juli 2022, yaitu Alejandro Galan Romo dan Juan Lebron Chincoa yang berasal dari Spanyol, untuk kategori putra. Sementara, untuk putri ada Alejandra Salazar Bengoechea dan Gemma Triay Pons yang menduduki peringkat 1 dunia per-10 Agustus 2022.

Baca juga:4 Korean Spa di Jakarta untuk Deep Cleanse Kulitmu Long Weekend ini!

Manfaat padel

Setiap olahraga tentu memiliki manfaatnya masing-masing. Selain untuk menambah wawasan berolahraga, melansir dari berbagai sumber, padel juga dapat mengencangkan otot perut dan lengan, menyehatkan jantung, menurunkan berat badan karena bisa membakar ratusan kalori dalam satu jam, hingga dapat menghilangkan stres, karena zat negatif yang ada di dalam tubuh keluar semua dari gerakan padel.

Baca juga: Ingin Bawa Matras Sendiri ke Kelas Yoga? Ini 5 Rekomendasi Matras Yoga yang Bisa Dicoba!

Untuk kamu yang ingin menjajal padel, kamu bisa merogoh kocek sebesar 250 ribu untuk satu sesi latihan padel di Verde Sports Hub, yang sudah memiliki lapangan padel standar internasional.

Siapa nih yang tertarik olahraga padel?

 

Image: freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment