ic-fd

4 Hal yang Perlu Diperhatikan jika Ingin Hidup Sehat Lebih Lama!

health wellness
author

diaan_acil・10 Sep 2023

detail-thumb

 

Memiliki hidup yang sehat dan panjang merupakan harapan semua orang. Jika ingin memilikinya, hal ini perlu benar-benar diperhatikan. 

 

Usia seseorang memang tidak bisa ditebak. Namun, kamu bisa berusaha untuk memiliki hidup yang sehat dan berkualitas selama mungkin. Spesialis umur panjang, Dr. Peter Attia menerbitkan ‘Outlive: The Science & Art of Longevity’. Buku ini menjabarkan beberapa hal penting yang dapat bermanfaat bagi kesehatan fisik dalam jangka panjang, dan secara efektif dapat mengubah jalur penyakit yang memengaruhi orang di kemudian hari. Bagi kamu yang ingin mulai hidup sehat, berikut adalah hal-hal yang bisa kamu lakukan. Simpel, tapi memang perlu usaha ekstra!

 

Penuhi asupan nutrisi yang baik 

hidup sehat

Gaya hidup sehat dimulai dari asupan nutrisi yang baik. Kamu bisa memulainya dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Makanan yang memiliki nilai gizi seimbang ini meliputi vitamin, mineral, karbohidrat, protein, kalsium, serat dan air. Nggak perlu diet ekstrim untuk mendapatkan kesehatan yang prima. Cukup makan teratur dengan takaran secukupnya. Sebisa mungkin, hindari makanan olahan dan gula berlebih. 

Baca juga: Diet Weight Loss Gagal Terus? Ini Tips Mengurangi Nafsu Makan yang Bisa Kamu Coba

 

Olahraga teratur 

hidup sehat

Baca juga: Bingung Memilih Olahraga yang Aman untuk Usia 40-an? Ini Sederet Pilihannya!

Selain memenuhi nutrisi yang cukup, olahraga juga perlu dilakukan supaya tubuh lebih sehat dan sirkulasi darah dalam tubuh bisa bekerja dengan baik. Salah satu olahraga yang paling mudah dilakukan adalah jalan kaki dan lari. Jika kamu ingin mencoba hal lain, bisa coba beberapa olahraga yang menyenangkan seperti badminton, tennis, zumba, pound fit, atau pilates yang dapat melenturkan tubuh. Kamu juga bisa coba yoga untuk menenangkan pikiran dan meregangkan otot yang kaku. 

 

Tidur yang cukup 

Siapa yang masih suka begadang? Untuk menuju gaya hidup yang sehat, tentu makanan dan olahraga aja nggak cukup. Kamu juga perlu mengatur waktu bekerja kamu sehari-hari, dan membiarkan kamu tidur cukup. Dengan menjalankan pola tidur yang baik, kamu bisa terhindar dari stres dan berbagai penyakit, diabetes hingga penyakit jantung. Idealnya, waktu tidur yang baik adalah 7-8 jam. 

 

Kelola stres 

Stres juga merupakan sumber penyakit yang dapat memicu penyakit lain di dalam tubuh. Untuk itu, penting untuk mengelola kadar stres sehari-hari. Kamu bisa melakukan meditasi yoga untuk menenangkan pikiran, me time, atau jalan-jalan bersama teman atau orang tersayang untuk menghilangkan negative vibe dalam pikiran kamu. 

Baca juga: Ini 5 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Mempercepat Penuaan Kulit di Usia 40-an

Itulah beberapa cara untuk bertahan dalam kehidupan jika ingin hidup sehat lebih lama. Mungkin kamu sudah familiar dengan semua tips tadi, tapi coba untuk benar-benar dilakukan ya. Semoga bermanfaat! 

 

Image : Freepik.com