banner-detik

skincare

Ini 5 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Mempercepat Penuaan Kulit di Usia 40-an

seo-img-article

Tanpa disadari, ternyata banyak kebiasaan sehari-hari yang bisa mempercepat proses penuaan kulit. Wah, harus mulai diperhatikan nih terutama bagi yang sudah memasuki usia 40-an. Ada apa aja ya?

Semakin bertambahnya usia, kondisi fisik pun akan semakin menua. Selain badan sudah terasa nggak sebugar dulu, kulit pun terlihat lebih kendur, bahkan muncul garis halus atau kerut yang dulunya nggak ada. Memang kondisi penuaan ini manusiawi dan tak terhindarkan. Tapi jika kamu ingin tetap menjaga penampilan, tentunya kamu mau kulit terus terawat dan nggak aging terlalu dini, kan? Nah, tanpa disadari, sejumlah kebiasaan yang dilakukan sehari-hari ternyata juga berpengaruh lho. Kira-kira kebiasaan apa sih yang bisa bikin proses penuaan kulit semakin cepat? Baca terus ya!

Baca juga: Bingung Pilih Olahraga yang Aman untuk Usia 40-an? Ini Sederet Pilihannya!

Tidur menghadap samping dan tengkurap

Siapa yang suka tidur menyamping? Sayangnya kebiasaan tidur menghadap samping atau tengkurap juga bisa menyebabkan kulit menua lebih cepat. Menurut Dokter Spesialis Bedah Plastik dr. Wara Samsarga di akun TikTok-nya @dr.warasamsarga, sering tidur dengan posisi tersebut selama bertahan-tahun bisa menyebabkan sleep wrinkle. Hal ini diakibatkan adanya tekanan dan gesekan kulit wajah dengan kasur. Kamu bisa coba mengurangi kedua posisi tidur ini dan cobalah untuk tidur terlentang untuk melindungi kulit wajahmu. Tapi the choice is yours ya, jangan sampai tidurmu jadi nggak nyaman juga 🙂

 

Terlalu banyak ngemil yang manis

penuaan usia 40-an

Ngemil makanan manis seperti kue atau biskuit pada sore hari atau jam-jam nanggung memang enak. Begitu pula dengan menyantap hidangan pencuci mulut setelah makan berat. Tapi ternyata terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula juga bisa memicu penuaan dini pada kulit, lho! Dr. Patricia Farris melalui The Healthy menjelaskan bahwa ada proses glycation dalam tubuh setelah mengonsumsi gula. Proses ini memengaruhi kolagen dan elastin sehingga molekulnya kehilangan kandungan penting yang akhirnya menjadikan kulit berkerut. FYI, keriput akibat kebanyakan gula bahkan ada istilahnya sendiri, yaitu sugar sag.

Baca juga: 4 Tips Mengurangi Konsumsi Gula dari Dokter Spesialis Gizi

Menggerakkan dahi

penuaan usia 40-an

Seringkali kita juga nggak sadar sedang menggerakkan dahi hingga muncul garis-garis kerut. Baik ketika sedang kesilauan akibat sinar matahari, berusaha melihat tulisan yang terlalu jauh, bahkan saat sedang memakai maskara atau eyeliner sekalipun. Cobalah untuk lebih aware dan hindari melakukan gerakan-gerakan yang nggak diperlukan ini. Dilansir dari Mayo Clinic, akan ada alur yang terbentuk di bawah permukaan kulit saat otot wajah bergerak. Garis-garis tersebut yang menjadi cikal bakal keriput di dahi karena fleksibilitas akan berkurang seiring bertambahnya usia dan jadi nggak bisa kembali ke tempatnya semula.

Minum dengan sedotan

Kebiasaan minum dengan sedotan memang bukan hal yang sepenuhnya buruk karena ada keuntungan tersendiri. Misalnya seperti membuat minum jadi lebih praktis dan higienies. Tapi sadarkah kamu ketika menyeruput dari sedotan, kulit di sekitar mulut otomatis akan tertarik dan berkerut? Hal ini lama-kelamaan akan membuat kulit di sekitar mulut jadi keriput. Dilansir dari Healthline, keriput di area ini sering disebut juga sebagai smoker’s lips karena mirip dengan keriput yang disebabkan oleh kebiasaan merokok.

Nggak menjaga kualitas tidur

Yup, you need your beauty sleep. Sudah bukan rahasia lagi bahwa tidur yang cukup sangat penting agar kulit kita juga terjaga. Namun, kualitas tidur yang baik juga penting untuk mencegah penuaan dini. Hasil penelitian Does poor sleep quality affect skin ageing? pun mengungkapkan bahwa kulitas tidur yang buruk berkaitan dengan meningkatnya tanda-tanda penuaan sekaligus mengurangi fungsi skin barrier. Jadi, beauty enthusiast harus mulai memerhatikan waktu kualitas tidurmu juga ya mulai sekarang!

Baca juga: Kulit Berjerawat Nggak Membaik? Coba Pakai 5 Sheet Mask Ini Yuk!

Nah itu dia lima kebiasaan sehari-hari yang ternyata juga berkontribusi membuat kulit mengalami penuaan dini. Menurut saya, hal yang paling bisa kita kurangi terlebih dulu adalah makanan manis, juga menjaga kualitas tidur. Sisanya nggak perlu terlu dipikirkan dan dikhawatirkan ya, karena penuaan adalah hal natural terjadi dan kita tetap bisa menikmati hidup walaupun mengalaminya!

 

Images: Dok. Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment