banner-detik

health wellness

Diet Weight Loss Gagal Terus? Ini Tips Mengurangi Nafsu Makan yang Bisa Kamu Coba

seo-img-article

 

Sedang diet untuk weight loss, namun susah mengontrol nafsu makan? Tips berikut ini bisa kamu coba!

 

Buat yang lagi mencoba diet weight loss, tentunya sering dengar kalau salah satu kunciannya adalah dengan defisit kalori. Tapi pas dijalanin ternyata defisit kalori ini nggak terlalu mudah, karena masih sulit mengontrol nafsu makan dan hobi ngemil. Akibatnya, saat makan besar memang kalorinya sudah rendah, namun akhirnya tetap surplus akibat snacks yang dimakan di sela-sela jam makan.

Lalu gimana dong caranya biar bisa mengontrol nafsu makan? Simak tips dr. Chrsitopher Andrian, M.Gizi, Sp.GK dari Siloam Hospital TB Simatupang berikut ini, ya!

Baca juga: Penjelasan Dokter Spesialis Gizi Tentang Diet DEBM yang Lagi Viral di TikTok

NORDIC DIET 14

Jangan menahan lapar

You read that right! dr. Christopher justru nggak menyarankan menahan lapar karena akibatnya justru bisa jadi ‘balas dendam’ makan lebih banyak. “Makan lah sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang”, tukasnya. Terdengar simple dan klise? Tapi justru bisa efektif lho untuk mengontrol nafsu makan.

Makan porsi kecil dengan sering

Dari pada sekaligus makan dengan porsi besar dan malah jadi kelaparan saat menunggu jam makan besar selanjutnya, kamu bisa coba makan dengan porsi kecil, namun dengan frekuensi sering. Cara ini juga bisa membantumu yang ingin diet turun berat badan, tapi punya masalah pencernaan seperti GERD. Tentunya di porsi makan yang kecil ini juga pilih gizi yang seimbang ya.

Pilih macronutrients yang baik

Macronutrients terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak. Semua ini dibutuhkan tubuh kita, bahkan saat melakukan program weight loss sekali pun. Kuncinya adalah pilih macronutrients yang baik, seperti karbohidrat kompleks dari sayur-sayuran, lemak baik dari ikan dan alpukat, dan konsumsi protein yang nggak diolah dengan tepung. Asupan macronutrients harian tetap terpenuhi, defisit kalori pun tetap jalan.

Baca juga: Rekomendasi Catering Diet Affordable untuk Turunkan Berat Badan Setelah Liburan!

Jangan lupa serat dan air

Sadar nggak, biasanya kita merasa lapar dan pingin ngemil saat dehidrasi alias kekurangan air? Make sure to always stay hydrated! Bisa disiasati dengan pakai tumbler ukuran satu atau dua liter sekalian supaya nggak malas bolak-balik mengisi mug kecil. Selain itu, jangan lupa juga untuk konsumsi serat yang bisa bikin perut terasa kenyang lebih lama.

Baca juga: Kenalan dengan Nordic Diet, Metode Diet Terbaru yang Lagi Hits!

Semoga tips ini bermanfaat dan program dietmu berhasil, ya. Remember, nggak perlu diet yang asal cepat kurus. Perhatikan juga kesehatanmu secara keseluruhan, ya.

 

 

Images: iStock

Slow Down

Please wait a moment to post another comment