banner-detik

style

Rest In Peace, Jane Birkin! Ini 10 Gaya Sang Fashion Icon yang Bisa Kamu Contek!

seo-img-article

The ultimate cool girl asal Inggris yang menginspirasi tas mewah Hermes Birkin, meninggal dunia di usianya yang ke-76, tanggal 16 Juli 2023 lalu. 

Bukan hanya aktris dan penyanyi, Jane Birkin adalah style icon sejati. Jauh sebelum era influencer seperti sekarang ini, Jane telah memengaruhi banyak orang di industri fashion. Gayanya di tahun 1960-an hingga 1970-an sangatlah khas, dengan rambut panjang berponi, jeans dan atasan putih, dress berbahan knit, ballet shoes, dan bucket bag.

Sebagai kelahiran Inggris yang membintangi layar lebar Prancis, Jane selalu tampil effortlessly cool, laidback sekaligus glamor, feminin namun dengan sentuhan boyish. Nggak heran kalau bintang satu ini jadi muse banyak orang.

Satu hari di tahun 1983, Jane Birkin berada di pesawat Air France menuju London. Tas keranjang kesayangannya dipenuhi berbagai macam barang, sampai overload, sehingga ia menjatuhkan notebook Hermes-nya. Fortunately, Jean-Louis Dumas, CEO Hermes kala itu, duduk tak jauh darinya. Ia kemudian mengenalkan diri dan menyarankan agar Jane menggunakan tas yang lebih besar. Jane mengaku ia sulit menemukan tas yang nyaman untuk menampung segala kebutuhannya yang saat itu merupakan seorang ibu muda. Jean-Louis lalu mendesain tas Hermes yang dinamakan Birkin, dan rilis tahun 1984. Such a chic fairytale! 

Uniknya, kini tas Birkin kerap tampil rapi dan masih terkunci saat ditenteng oleh para penggunanya. Padahal, hingga di usia tuanya, Jane tetap menggunakan tas mewah tersebut sebagai “tas serba ada” yang berisi banyak sekali barang, sesuai dengan tujuan awalnya.

Di bawah ini adalah beberapa gaya Jane Birkin semasa hidupnya, yang bisa banget jadi inspirasi kamu sehari-hari!

Blue jeans and white t-shirt

Bersantai di French Riviera, Jane Birkin tampak mengenakan denim dan atasan putih. Itu memang combo yang timeless, ya? Kalau kamu yang suka gaya simpel dan nyaman, style Jane memang cocok banget buat kamu. Pakai kaos putih yang pas di badan, pilih juga denim yang mengaksentuasi bentuk tubuhmu ya. Kalau kamu ingin terlihat lebih jenjang,  potongan high waisted bergaya kulot atau flare jeans bisa kamu coba.

Mini dress and chunky necklace

jane birkin style

Little black dress selalu bisa diandalkan! Kalau acaranya nggak terlalu formal, kamu bisa pilih gaun hitam dengan bahan knit seperti yang dipakai Jane Birkin ini. Lalu padukan dengan chunky necklace yang mencuri perhatian.

Broderie top

jane birkin

Kalau bosan dengan kaos atau kemeja biasa, kamu bisa mencoba atasan berbahan lace atau broderie seperti yang dilakukan sang bintang. Bisa dipadukan dengan shorts atau denim untuk tampilan yang lebih santai, atau dengan tailored culotte kalau kamu mau terlihat lebih rapi.

Floral dress with pump shoes

Cool icons in one picture! Saat berada di Cannes tahun 1968, Jane tampak berpose bersama George Harrison dan Ringo Starr. Ia memakai mini dress bermotif floral, dilengkapi dengan sling back pump shoes, nggak lupa membawa bucket bag kesayangannya. Cute!

Baca juga: Ini Gaya Para Seleb di Wimbledon 2023, Mulai dari Ariana Grande hingga Brad Pitt!

Tennis-core dress

Nggak cuma Barbiecore, tennis-core juga lagi tren banget di tahun 2023 ini. Kamu bisa melirik gaya Jane Birkin puluhan tahun silam ini! Ia mengenakan H-line dress yang sangat simpel dalam warna lilac, lalu memadukannya dengan aksesori berwarna putih. Kamu bisa mengganti boots dengan sneakers putih kesayanganmu ya.

High waisted pants and suspender

Gimana cara membuat basic tank top jadi terlihat spesial? Ibu dari Charlotte Gainsbourg dan Lou Doillon ini menggunakan high waisted pants yang memiliki banyak aksen kancing untuk bawahannya. Bisa ditiru, nih! Kalau mau lebih mencuri perhatian, kamu bisa pakai suspender juga.

Baca juga: Kilas Balik ke MET Gala 2022, Siapa yang Gayanya Paling Memukau?

Backless dress

Untuk promo film Wonderwall yang rilis tahun 1986, Jane Birkin berpose cantik dalam balutan backless dress dengan material yang bertekstur. Gaun itu memiliki potongan yang unik pada bagian roknya. Ia melengkapinya dengan sebuah kalung panjang. Very boho chic.

White pants

Salah satu outfit yang kerap dipakai Jane Birkin adalah celana berwarna putih. Ia sering memilih potongan flare, yang memang populer kala itu, tahun 70-an. Karena warna putih sangat netral, kamu jadi lebih bebas memilih warna untuk atasannya. Pastikan kamu memilih bahan celana yang bagus ya, jadi nggak menerawang.

Slip dress with bucket bag

Tampil dalam balutan slip dress warna blush berbahan velvet dengan high slit, dilengkapi bucket bag favorit, membuat pemilik nama lengkap Jane Mallory Birkin ini tampak santai sekaligus seksi di waktu yang sama. Biar lebih maksimal, ia melengkapinya dengan heels warna metalik! Bisa kamu contek nih untuk dinner date saat liburan musim panas!

Baca juga: Ikonis dan Totalitas, Ini Sederet Gaya Margot Robbie Saat Promo Barbie Movie!

Sweater and loose denim

Di masa tuanya, bintang kelahiran 14 Desember 1946 tersebut masih tetap berkolaborasi dengan brand fashion. Foto di atas adalah ketika ia bekerjasama dengan label ready to wear asal Prancis, A.P.C. Sebuah sweater yang nyaman, loose denim, dan sneakers putih, membuatnya tampil lebih awet muda dibanding usianya yang saat itu sudah 75 tahun. Cool grandmom vibe!

Nah, itulah sederet gaya Jane Birkin yang memesona dan layak kamu jadikan inspirasi sehari-hari. Mana yang paling kamu suka dari bintang ikonis ini?

 

Image: British Vogue, People.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment