banner-detik

aging

5 Kandungan Skincare Ini Bisa Menstimulasi Kolagen, Cocok untuk Kulit Usia 40-an!

seo-img-article

Apa saja sih bahan-bahan skincare yang bisa membantu menjaga kadar kolagen di kulit kita? Simak jawabannya di bawah ini!

 

Kamu tahu kan, kalau seiring pertambahan usia, kadar kolagen di kulit kita akan berkurang? Makanya, ketika menua, kulit jadi kendur, nggak sekencang atau sekenyal dulu lagi. Nah, buat mempertahankan kadar kolagen di kulit, kita bisa mengonsumsi makanan-makanan yang meningkatkan produksi kolagen. Selain itu, tentu harus pakai skincare dengan kandungan yang bisa menstimulasi kolagen. Apa saja ya? Yuk, baca sampai selesai!

Retinol atau retinoid

As we all know, retinol adalah kandungan skincare yang terkenal untuk mengencangkan kulit. Kandungan skincare yang satu ini mampu meresap jauh ke dalam kulit, memicu produksi kolagen baru, sekaligus mencegah kerusakan pada kolagen yang sehat. Canggih, ya? Tapi, nggak semua retinol sama kuatnya ya. Retinoid adalah sebutan untuk seluruh derivative vitamin A. Retinoid yang diresepkan oleh dokter kulit seperti tretinoin adalah yang paling powerful, bisa beraksi lebih cepat pada kulit. Sementara, retinoid yang ada di pasaran adalah retinol, cara kerjanya tidak secepat tretinoin, karena diformulasikan untuk umum.

Baca juga: Kulit Kusam dan Banyak Kerutan? 7 Moisturizer dengan Kandungan Retinol Ini Bisa Membantu!

Vitamin C

Ini adalah salah satu kandungan skincare yang sangat populer. Nggak mengherankan, karena manfaat vitamin C memang banyak banget, mulai dari melindungi kulit dari matahari dan radikal bebas, hingga mencerahkan kulit. Tahukah kamu kalau vitamin C juga baik untuk mengatasi tanda-tanda penuaan? Yup, ingredient satu ini juga disarankan dipakai oleh aging skin karena bisa memperbaiki proses pembentukan kolagen. Gunakan serum vitamin C setiap hari, jangan lupa lengkapi dengan sunscreen setiap pagi, supaya kamu merasakan khasiatnya!

Baca juga: Penting Banget, Ini 6 Hal yang Harus Kamu Tahu Soal Serum Vitamin C!

Alpha Hydroxy Acid (AHA)

Kandungan AHA seperti Glycolic Acid dan Lactic Acid lebih dari sekadar mengeksfoliasi, lho. Mereka mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit tampil lebih halus dan cerah. Ketika sel-sel kulit mati sudah terangkat, AHA juga bisa menembus ke lapisan kulit yang lebih dalam sehingga menstimulasi produksi kolagen yang baru. Jadi, manfaat AHA bukan hanya membersihkan dan mencerahkan!

Baca juga: 5 Toner yang Bagus dan Terjangkau untuk Aging Skin, Bikin Kulit Lebih Lembap dan Glowing!

Niacinamide

Niacinamide adalah sebutan lain untuk vitamin B3, yang dalam dunia perawatan kulit bisa membantu stimulasi kolagen, bertindak sebagai antioksidan, serta mencerahkan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi. Nggah hanya itu, Niacinamide juga baik untuk menenangkan kulit atau mengurangi kemerahan, serta mengontrol kadar minyak di kulit. Lengkap ya? Makanya banyak banget produk skincare di pasaran yang mengandung bahan satu ini!

Baca juga: Bikin Kulit Usia 40-an Lebih Glowing, Ini 5 Produk yang Harus Ada di Skincare Routine!

Bakuchiol

Kerap disebut-sebut sebagai alternatif alami dari retinol, bakuchiol adalah kandungan skincare yang berasal dari tanaman babchi, atau psoralea corylifolia. Bakuchiol juga bisa membantu meningkatkan produksi kolagen pada kulit kita, namun cara kerjanya sangat gentle, dan punya struktur molekul yang sangat berbeda dengan retinol. Makanya, bakuchiol sering direkomendasikan untuk orang-orang yang punya kulit sensitif dan nggak bisa tahan dengan retinol, apalagi dia juga punya manfaat anti-inflamasi.

Baca juga: Kulit Sangat Kering dan Iritasi? Moisturizer Lokal Satu Ini Bisa Bikin Kulit Eksim Nyaman Seketika!

 

Jadi, itulah 5 kandungan skincare yang bisa kamu pakai secara rutin kalau goal kamu adalah kulit yang lebih kenyal dan awet muda! Yang mana nih yang jadi favorit kamu?

 

 

Image: Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment