banner-detik

beauty school

Polusi Jakarta Tinggi! Ini 5 Cara Melindungi Kulit dari Bahaya Polutan

seo-img-article

 

Tingkat polusi yang tinggi bisa memberikan dampak negatif untuk kulit. Pastikan kulitmu terlindungi dari polutan dengan cara-cara berikut ini.

 

Nggak hanya New York aja yang dihebohkan dengan buruknya kualitas udara akibat kebakaran Kanada. Indonesia memang jauh dari mereka, tapi kualitas udara kita juga mengkhawatirkan. Terutama di Jakarta yang belakangan ini tingkat polusi udaranya lagi nggak baik-baik aja. Bahkan sempat sangat tinggi sekali pada hari Rabu kemarin hingga tergolong tidak sehat. Yup, mungkin sebaiknya kita kembali rajin memakai masker, apalagi kalau mobilitas kamu banyak berada di luar ruangan.

Selain harus melindungi sistem pernapasan, kulit juga perlu dilindungi dari bahaya polusi. Ternyata polutan nggak hanya sekadar bikin kulit kotor aja, lho. Menurut Doris Day, M.D. selaku Clinical Associate Professor of Dermatology di New York University Langone Medical Center, polusi bisa menyebabkan warna kulit jadi nggak merata, mempercepat penuaan, dan bahkan kanker kulit. Bahaya banget ya! Lalu bagaimana cara beauty enthusiast bisa melindungi kulit dari bahaya polusi? Baca terus artikel ini untuk mengetahuinya ya.

Baca juga: Sudah Pakai Skincare tapi Kulit Nggak Berubah? Ini 6 Penyebabnya!

 

Pakai skincare dan body care yang mengandung antioksidan

Gak hanya berguna untuk anti aging, antioksidan juga mampu melindungi kulit dari radikal bebas akibat polusi yang merusak kulit. Menurut dermatolog Michele Green, antioksidan melindungi bagian luar dan dalam kulit dari radikal bebas, serta melindungi kulit dari matahari dan membantu perbaikan sel. Beberapa zat antioksidan yang mudah ditemui dalam skincare lokal adalah vitamin C, retinol, dan niacinamide. Kamu bisa mencoba Vitamin C 10% + Diamond Booster Serum dari Azarine atau Lemonade Waterless Vitamin C + Ferulic + NAG dari Somethinc.

 

Nggak menunda cuci muka dan mandi

Setelah keluar rumah, ada banyak debu, kotoran, dan partikel-partikel polutan lain yang nggak terlihat oleh mata di kulit kita. Makanya penting banget untuk cuci muka dan mandi begitu pulang ke rumah demi mengangkat semua itu supaya gak ngendap di kulit. Untuk membersihkan kulit dengan hasil maksimal, kamu bisa coba cuci muka dengan POND’S Pure Bright Facial Wash yang dilengkapi dengan teknologi Pollution D-TOXX dan mandi pakai Sensatia Botanicals Hydrating Body Wash yang kaya dengan kandungan antioksidan. Oh ya, kalau kamu berangkat beraktivitas dengan kendaraan umum dan banyak terpapar asap plus polutan, sebaiknya juga cuci muka dulu ya sesampainya di kantor atau kampus supaya pori-pori nggak tersumbat.

 

Rawat skin barrier

Yup, kampanye menguatkan skin barrier memang lagi gencar dilakukan oleh banyak brand. Hal ini sebenarnya untuk kebaikanmu sendiri, lho! Dengan skin barrier yang kuat, kulitmu pun akan lebih terlindungi dari polusi. Cara menguatkan skin barrier sebenarnya mudah, yaitu dengan rutin memakai moisturizer yang mengandung ceramide atau hyaluronic acid setiap pagi dan malam hari. Misalnya seperti Ceramide Hydra Lock Moisturizer dari Bhumi atau Skin Barrier Body Serum dari Dear Me Beauty.

 

Pakai skincare dan body care anti-polutan

Beberapa produk perawatan kulit memang dirancang khusus untuk melindungi kulit dari polutan. Baik skincare maupun body care. Biasanya produk yang anti-polutan dibuat multifungsi sebagai produk yang bisa melindungi dari bahaya sinar matahari juga. Contohnya adalah sunscreen Nivea Sun Triple Protect Anti Wrinkle yang punya SPF50+ PA+++ dan Vaseline Healthy Bright Sun + Pollution Protection SPF24.

Baca juga: Review Vaseline Daily Sun Refreshing Serum; Ternyata Worth The Hype!

 

Rutin eksfoliasi

Melakukan eksfoliasi menggunakan skincare atau body care yang mengandung bahan aktif AHA juga bisa membantu melindungi kulitmu dari polutan. Menurut dermatolog dr. Bruce Robinson, chemical peels ini membantu menjadikan kulit lebih tebal seiring berjalannya waktu dan meningkatkan fungsi barrier kulit. Beberapa produk yang bisa kamu coba adalah Intensive Peeling Solution dari ELFormula dan AHA BHA PHA Scrub Body Wash dari Glad2Glow.

Jadi, itu dia lima cara melindungi kulit wajah dan badan dari bahaya polusi. Semoga bermanfaat! Kalau kamu punya rekomendasi produk lainnya, boleh share juga di comment ya…

 

Images: Freepik.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment