banner-detik

skin care

Ada di Berbagai Skincare, 10 Kandungan ini Bagus untuk Melawan Jerawat!

seo-img-article

 

Jerawat memang nggak akan pernah habis dibahas. Kadang kulit baru mulus satu minggu saja, dia tiba-tiba datang lagi. Lalu, apa saja ya bahan-bahan yang bisa bantu mengusirnya?

Memilih skincare memang susah-susah gampang buat pemilik kulit berminyak dan berjerawat. Kadang, ada satu produk yang semua orang bilang bagus, tapi nggak mempan di kulit acne-prone kamu. Atau malah bikin jerawatmu muncul makin banyak. Hati-hati ya, makin banyak kamu coba dan makin sering ganti-ganti produk, kulitmu bisa makin “berteriak”.

Menurut saya, memilih kandungan atau ingredient yang sesuai kebutuhan akan sangat membantu kamu keluar dari permasalahan ini. Jadi, yang pertama dilihat bukan brand, bukan karena hype di Instagram, bukan karena populer di girl gang kamu, tapi perhatikan komposisi bahannya. Apakah di produk incaranmu ada bahan di bawah ini yang bisa menenangkan, menyingkirkan, atau menyamarkan jerawat di kulitmu?

Baca juga: Dilengkapi Niacinamide, 5 Krim ini Bisa Bantu Cerahkan Kulit Ketiak Gelap!

 

Alpha-Hydroxy Acid (AHA) 

Oriflame NovAge AHA Peel Solution

Pasti sering lihat skincare dengan kandungan ini kan? Alpha-Hydroxy Acid atau AHA, seperti glycolic acid dan lactic acid, mampu mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan mengundan jerawat. AHA akan merawat kulit berjerawatmu menjadi lebih halus dengan tekstur yang lebih baik. Jadi, kamu bisa memilih toner, serum, atau moisturizer yang punya kandungan AHA ya!

 

Retinoid

retinol

Bahan yang jadi favorit para dermatologist ini memang sangat powerful. Bukan cuma ampuh untuk membantu mengencangkan kulit dan mengurangi kerutan serta garis halus, retinoid juga bagus untuk mengontrol jerawat karena mampu mempercepat regenerasi sel kulit. Retinoid juga mampu mengurangi penyebab inflamasi, sehingga kulitmu nggak gampang meradang.

Buat kamu yang bingung karena kulitmu masih saja berjerawat padahal usiamu sudah nggak remaja lagi bahkan sudah mulai ada kerutan, coba deh beli skincare dengan kandungan retinoid, as soon as possible!

Benzoyl Peroxide

Bukan cuma mencegah, bahan ini bisa mengurangi jerawat yang mampir di wajah cantikmu. Biasanya Benzoyl Peroxide ada dalam acne-spot treatment gel atau biasa disebut obat jerawat, produk yang wajib kamu punya! Kandungan ini bagus banget buat membunuh bakteri, mengurangi minyak berlebih, dan mengeliminasi sel kulit mati. Selain di acne-spot treatment gel, kamu bisa menemukan Benzoyl Peroxide di dalam produk cleanser dan moisturizer. Biasanya, jumlah yang dipakai adalah 2,5 sampai dengan 10%.

Salicylic Acid

salicylic acid untuk jerawat

Salah satu BHA atau Beta-Hydroxy Acid  yang terkenal ampuh sebagai bahan anti-inflamasi untuk mengurangi kemerahan dan iritasi adalah Salicylic acid. Zat ini juga bisa membuat pori-pori kulit lebih bersih lho! Salicylic acid akan mengeksfoliasi kulit di dalam hair follicle, jadi kandungan ini bukan cuma bekerja di permukaan kulitmu saja.

Tapi, wajib diingat ya: kalau kamu rutin pakai skincare dengan kandungan AHA dan BHA, kamu nggak boleh lupa pakai sunscreen. AHA dan BHA bisa bikin kulit jadi lebih peka pada matahari, jadi harus pakai proteksi yang cukup! Biar nggak terasa lengket di kulitmu, pilih sunscreen yang teksturnya ringan dan non-oily.

 

Tea Tree Oil

jerawat

Pasti kamu sudah gak asing lagi kan dengan tea tree oil? Tapi, tahu nggak? Bahan yang sering dipakai dalam rangkaian skincare  untuk kulit berjerawat ini bukan dari pohon teh lho! Berasal dari tumbuhan Melaleuca Alternifolia yang daunnya berbentuk seperti jarum (sekilas mirip dengan daun pinus atau rosemary), tea tree oil sangat bagus buat mengurangi bakteri dan jamur, menenangkan kulit, serta mengurangi alergi. Makanya, sering banget ada di produk perawatan jerawat atau ketombe. Tapi, bahan natural ini bisa kurang baik buat sebagian orang, misalnya pemilik kulit sensitif atau eczema, karena bikin kulit jadi makin kering.

Baca juga: Kenalan dengan TiMOOD™! Ingredients Baru yang Bikin Kulit Glowing dan Pikiran Tenang!

 

Clay

Bahan ini gampang ditemui pada produk skincare seperti masker, facial wash, atau facial scrub. Clay punya kemampuan sebagai anti-inflamasi yang akan menenangkan kulit berjerawat dari kemerahan, meradang, dan iritasi. Plus, menjaga kulit supaya nggak terlalu berminyak. Karena, kalau kulitmu sangat berminyak dan bercampur bakteri, jerawat bisa bertambah banyak! Nggak mau, kan?

 

Sulfur

jerawat

Hmm.. aromanya sih memang nggak menyenangkan ya. Tapi, sejak dulu sulfur adalah bahan yang manjur buat mengurangi jerawat, karena berperan sebagai antibakteri yang bisa meredakan dan mengeringkan jerawat, plus mengurangi minyak berlebih. Sulfur juga punya healing properties, jadi saat jerawatnya sembuh, ingredient ini akan membantu mengurangi bekasnya. Buat kulit kombinasi atau berminyak, kamu bisa pilih skincare dengan kandungan sulfur sekitar 10%.

 

Witch Hazel

Punya fungsi ganda sebagai astringent dan disinfectant, witch hazel bagus buat kulit yang kotor dan bermasalah. Witch hazel yang sering ditemui dalam bentuk face toner akan membantu membersihkan pori-pori dan jerawat yang menumpuk. Kelebihan lainnya, bahan ini bisa dipakai untuk jenis kulit normal sampai sensitif, dan karena natural, jadi aman juga buat ibu hamil.

 

Azelaic Acid

avoskin azeclair

Acid ini bukan termasuk AHA, bukan juga BHA. Biasanya terbuat dari barley atau gandum yang akan menciptakan yeast secara natural. Fungsi utamanya sama seperti acid lainnya, yaitu mengeksfoliasi kulit. Selain baik untuk mengontrol jerawat, Azelaic acid akan membantu mengurangi hiperpigmentasi seperti melasma atau noda-noda bekas jerawat dengan cara menghancurkan langsung para melanocyte (sel kulit yang memproduksi melanin). Azelaic acid aman untuk dipakai oleh ibu hamil, nggak seperti benzoyl peroxide atau retinoid.

 

Niacinamide

La Roche Posay Niacinamide

Kamu pasti sering dengar kan serum yang mengandung niacinamide? Kandungan ini adalah bentuk turunan vitamin B3 yang sangat baik untuk mereparasi kerusakan kulit. Tapi, jangan gunakan terlalu banyak atau dengan dosis terlalu tinggi ya, biar nggak merusak sel kulit yang sehat. Niacinamide punya fungsi anti-inflamasi sehingga bagus dipakai oleh kulit berjerawat atau rosacea. Zat ini juga bermanfaat untuk meningkatkan produksi ceramide (lipid yang menjaga skin barrier) sehingga bisa memproteksi kelembapan kulit, mengurangi garis halus, dan kerutan.

 

Baca juga: Kenali Kebutuhan Kulit Lebih Baik, ini Cara Bikin Skincare Journal

Nah, kalau sudah tahu apa saja kandungan yang jago buat ngurangin jerawat, kamu jadi bisa lebih mudah menemukan produk yang tepat untuk kulitmu. Selamat mencoba!

 

Images: Dok. Brands, Dok. Freepik, Dok. Pexels

1
1

Slow Down

Please wait a moment to post another comment