banner-detik

beauty school

Ciptakan Plastik Ramah Lingkungan, 3 Perusahaan ini Menangkan Kompetisi Sustainability Tom Ford!

seo-img-article

 

Alternatif kemasan plastik yang lebih ramah lingkungan sudah ditemukan melalui ajang Tom Ford Plastic Innovation Prize! Seperti apa inovasinya?

 

Sudah bukan rahasia lagi kalau laut kita sekarang dalam kondisi yang sangat tercemar plastik. Di antaranya adalah plastik kemasan polybag yang biasa dipakai untuk pengiriman produk fashion maupun kosmetik. Jenis plastik ini biasanya terbuat dari bahan bakar fosil dan sulit terurai. Hal ini pun disadari oleh CEO dan Founder brand Tom Ford, Tom Ford. Ia khawatir kalau planet yang nanti akan menjadi tempat tinggal generasi selanjutnya, jadi nggak layak untuk dihuni.

Baca juga: Cuaca Panas Masih Terjadi! Inilah yang Harus Kamu Lakukan untuk Menghadapinya!

Oleh karena itu, ia tergerak untuk turut menjadi solusi dari masalah ini. Tanpa disadari, tiga tahun pun berlalu sejak Tom Ford memulai kerja sama dengan Lonely Whale untuk mengadakan kompetisi Tom Ford Plastic Innovation Prize. Kompetisi ini menjadi wadah untuk membuat alternatif kemasan plastik dari bahan yang lebih ramah lingkungan.

 

Tiga pemenang sudah ditentukan, apa inovasinya?

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Sway (@swaythefuture)

Akhirnya setelah melewati perjalanan yang panjang dan berbagai testing, pemenang Tom Ford Plastic Innovation Prize telah diumumkan. Juara pertama dimenangkan oleh perusahaan asal Amerika Serikat, Sway. Mereka menggunakan rumput laut sebagai bahan dasar untuk membuat kemasan plastik yang home compostable.

Posisi kedua berhasil diduduki oleh Zero Circle, start-up asal India. Mereka membuat kemasan berbahan dasar rumput laut yang dibudidayakan secara lokal. Kemasan tersebut dirancang supaya bisa larut di air laut tanpa membahayakan apapun, sehingga aman untuk habitat laut secara keseluruhan.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Notpla (@notpla)

Last but not least, juara ketiga berhasil diraih oleh Notpla. Start-up asal London ini terinspirasi dari cara alam mengenkapsulasi cairan, hingga mereka akhirnya pun memakai rumput laut sebagai bahan untuk membuat natural-membrane packaging yang bisa menggantikan plastik sekali pakai.

Hadiahnya hingga jutaan dolar

Ketiga pemenang Tom Ford Plastic Innovation Prize mendapatkan hadiah uang tunai dan investasi langsung dari Trousdale Ventures dengan total 1.2 juta dolar Amerika Serikat. Selain itu, akan ada program Innovation Accelerator untuk membantu para pemenang agar inovasi mereka bisa diadopsi oleh pasar dengan luas.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by TOM FORD BEAUTY (@tomfordbeauty)

Sway, Zero Circle, dan Notpla bersaing dengan lima kelompok untuk mengembangkan alternatif kemasan plastik dan melakukan testing hingga sembilan bulan lamanya. Waktu yang cukup panjang ini digunakan untuk memastikan material yang dipakai benar-benar biologically degradable serta mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan dan sosial. Selain itu, produk mereka juga harus bisa memenuhi standar industri, punya harga yang kompetitif, scalable, dan market-ready.

Sejumlah brand yang tergabung dalam Early Adopter Coalition pun terlibat dalam proses testing-nya. Uniknya, koalisi ini nggak hanya terdiri dari brand kecantikan aja, tapi juga brand yang bergerak di bidang teknologi. Beberapa di antaranya adalah Tom Ford Beauty, Tom Ford International, Nike, Stella McCartney, Dell Technologis, HP Inc., dan masih banyak lagi.

Baca juga: Mulai Peduli Lingkungan dengan Beralih ke 6 Reusable Menstrual Pad ini!

Nah, nggak nyangka ya kalau rumput laut juga bisa diolah menjadi berbagai jenis kemasan! Semoga ketiga pemenang tersebut sukses memasarkan inovasinya dan brand lokal kita juga bisa mengadopsinya supaya lingkungan semakin terjaga yaa.

 

Images: Dok. Tom Ford Plastic Innovation Prize, Dok. Zero Circle, Dok. Instagram/@tomfordbeauty, @swaythefuture, @notpla

Slow Down

Please wait a moment to post another comment