banner-detik

eco friendly

Mulai Peduli Lingkungan dengan Beralih ke 6 Reusable Menstrual Pad ini!

seo-img-article

 

Beralih dari pembalut konvensional ke reusable menstrual pad bisa mengurangi pencemaran lingkungan sekaligus menghemat pengeluaran. Seperti apa aja menstrual pad yang tersedia di pasaran sekarang?

 

Tahukah kamu kalau pembalut bekas yang kita pakai setiap bulan sangat susah terurai dan bakal tetap ada hingga cicit kita dewasa nanti? Menurut studi Menstruation: Environmental impact and need for global health equity, sampah pembalut di tempat pembuangan akhir (TPA) membutuhkan waktu 500 hingga 800 tahun untuk terurai. Lama banget kan?

Memakai pembalut disposable mungkin sudah jadi comfort zone kita, tapi pembalut kain yang bisa dipakai berulang kali sebenarnya dapat menjadi alternatif yang lebih ramah lingkungan. Selain eco-friendly, kita juga bisa menghemat pengeluaran karena satu menstrual pad bisa dipakai hingga bertahun-tahun! Pembalut pakai ulang ini juga bisa jadi stepping stone kamu sebelum beralih ke menstrual cup yang cara pemakaian lebih menantang. Simak terus untuk tahu menstrual pad apa saja yang tersedia di marketplace ya.

Baca juga: Cantik dan Menggemaskan, Ini 6 Soap Bar Kekinian yang Patut Dicoba!

Foyya Studio  

Untuk yang baru mau cobain pembalut reusable, Foyya Studio punya Starter Kit Menstrual Pad. Isinya terdiri dari satu ukuran L, satu ukuran M, satu pantyliner, dua insert regular, dan satu potong sabun. Lapisan luarnya terbuat dari bahan yang waterproof alias anti air, sedangkan lapisan tengahnya terbuat dari lapisan katun. Selain itu, menstrual pad dari Foyya juga dilengkapi dengan dua kancing snap yang bisa diatur sesuai kebutuhan untuk mengunci posisinya supaya nggak mudah tergeser. 

 

KindKain 

Jika khawatir area kewanitaanmu bakal mengalami alergi, iritasi, atau gatal karena pakai reusable menstrual pad, kamu bisa coba pembalut kain dari KindKain yang bahannya super lembut. Pembalut reusable KindKain dibuat dari bahan anti air di bagian luarnya sehingga anti bocor. Sedangkan bagian dalamnya terbuat dari microfleece yang nyaman dan aman untuk bagian sensitif perempuan. Ada juga bukaan untuk tambahan insert yang berguna untuk nambah daya tampung, serta kancing untuk mengunci pembalut supaya stay di tempat. Ada empat varian serta ukuran yang bisa dipilih, yaitu Pantyliner (18 cm), Mini (21.5 cm), Day (27.5 cm), dan Night (35 cm). Setiap pad bisa dipakai ulang selama 3-7 tahun, lho! 

 

Demi Bumi 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Demibumi Shop (@demibumi.shop)

Demi Bumi memang punya berbagai produk ramah lingkungan yang layak dicoba, mulai dari kapas hingga reusable menstrual pad. Berbeda dari pembalut reusable lainnya, bahan kain terluar mereka terbuat dari batik Warlamsi (Warna Alam Bekasi). Pewarna yang digunakan untuk coraknya pun berasal dari bahan alami, seperti serbuk kayu mahoni, indigo, dan merbau. Seelain itu, cetakan capnya juga terbuat dari upcycle bahan bekas seperti karung goni, tali, dan sumpit. Menstrual pad Demi Bumi tersedia dalam empat ukuran, yaitu pantyliner (20 cm), S (22 cm), M (26 cm), dan L (32 cm). 

 

Ningrat  

Beauty enthusiast yang sudah punya anak dan gemar memakai barang-barang eco-friendly mungkin sudah nggak asing sama brand ini. Selain menghadirkan popok bayi dari kain, mereka juga menyediakan pembalut kain. Ada empat jenis yang tersedia, yaitu Pantyliner (20 cm), Menspad Day (27 cm), Menspad Maxi (30 cm), dan Menspad Night (35 cm). Dengan cutting-an yang lebar, pembalut ini nyaman digunakan dan menyerap lebih banyak tanpa penggunaan bahan kimia, pewarna, dioxin, pemutih, ataupun gel berbahaya. Bagian dalamnya menggunakan kain Stay Dry Microfleece yang bisa tetap kering dan lembut, sedangkan bagian luarnya dari kain waterproof bermembran. Insert-nya terdiri dari dua lapis microfiber sehingga bisa menampung banyak cairan. Selain itu, ada juga kancing di bagian sayapnya yang bikin pembalut ini stay in place.  

 

Kinli 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by kinli (@kinli_id)

Kalau kalian nggak mau pusing pilih motif atau warna, bisa coba reusable menstrual pad-nya Kinli karena cuma tersedia dalam satu warna. Pembalut ini terbuat dari bahan microfleece di satu sisi, dan bahan premium hyget yang waterproof di sisi satunya. Meskipun baru ada satu warna aja, tapi Kinli sudah menyediakan tiga jenis ukuran, yaitu 22 cm untuk varian pantyliner, 27 cm untuk day use, dan 35 cm untuk night use. Kinli juga menyediakan wet dry bag yang berguna untuk membawa pembalut reusable bekas pakai yang anti rembes dan bau. 

 

Baby Oz 

Selain terkenal dengan cloth diaper-nya, Baby Oz juga punya reusable menstrual pad dengan berbagai macam motif menggemaskan. Ada tiga varian yang tersedia, yaitu Minipad (20 cm), Day (27 cm) dan Night (35 cm). Masing-masing pembalut bisa dipakai selama 4-8 jam sebelum diganti lagi dengan yang masih bersih. Material yang digunakan pun gak perlu diragukan lagi karena bagian luarnya terbuat dari polyurethane laminate yang waterproof. Sedangkan inner-nya berbahan microfleece dan insert-nya terbuat dari microfiber. 

Baca juga: Ini 5 Nail Polish Halal Breathable dengan Warna yang Super Cantik!

Jadi, itu dia pilihab reusable menstrual pad yang bisa dicoba untuk memulai rutinitas yang lebih sustainable. Kamu termasuk yang sudah pakai menstrual pad atau baru mau mencobanya? Tuliskan di comment yaa.  

 

Images: Dok. Freekpik, Dok. Instagram/@foyyastudio, @kindkain.id, @demibumi.shop, @ningratclothdiaper, @kinli_id, @babyoz.id

Slow Down

Please wait a moment to post another comment