banner-detik

skincare

Bibir Kering saat Puasa? Ini 5 Cara Mengatasinya!

seo-img-article

Bibir kering sering kali jadi masalah yang dihadapi selama bulan puasa. Namun bukan berarti harus membiarkannya, apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasinya?

 

Bagaimana puasamu sejauh ini? Semoga lancar ya! Apakah kamu merasa bibirmu semakin kering dan gampang mengelupas saat berpuasa? Kondisi ini memang termasuk salah satu nightmare tersendiri, apalagi kalau sudah sampai pecah-pecah. Bibir kering bikin tampilan lipstik jadi kurang cantik, terlihat kurang sehat, dan tentu saja rasanya nggak nyaman! Jangan sampai kondisi ini terus-menerus dibiarkan.

Mencukupi kebutuhan air saat puasa memang sesuatu yang menantang. Padahal, menghidrasi kulit dari dalam juga penting banget untuk mencegah bibir kering. Tenang aja, tetap ada kok cara untuk mengakali supaya terhindar dari bibir kering saat puasa! Simak tips berikut ini ya.

Baca juga: Affordable dan Mudah Dijangkau, Ini 3 Lip Tint Korea Berwarna Cerah Favorit Hoshi Seventeen!

 

Pakai lip balm yang tepat

Memakai lip balm menjadi solusi termudah dan praktis untuk mengatasi bibir kering. Tapi ternyata kita sebaiknya nggak sembarangan memakai lip balm, lho. Bahan-bahan tertentu justru bisa membuat bibir iritasi dan memperburuk kondisi. Dilansir dari American Academy of Dermatology Association, hindari lip balm yang mengandung pewangi, perasa kayu manis, citrus, mint dan peppermint, camphor, eucalyptus, lanolin, menthol, octinoxate, oxybenzone, phenol/phenyl, propyl gallate, dan salicylic acid.

 

Lindungi bibir dari sinar matahari

Siapa sangka ternyata matahari juga penyebab bibir lebih mudah kering? Oleh karena itu, sebaiknya gunakan lip balm yang mengandung SPF 30 atau lebih sebelum pergi keluar rumah dan terekspos matahari. Jangan lupa untuk mengoleskannya lagi jika masih harus berada di tempat outdoor dalam waktu lama agar bibir tetap terlindungi.

 

Berhenti ‘mengganggu’ bibir kering

bibir kering

Jika bibirmu sudah terlanjur kering, memang rasanya sulit untuk gak menggigit atau menarik kulit keringnya. Tapi kamu harus menahan diri untuk gak melakukannya supaya kondisi bibir gak semakin parah dan proses penyembuhan bisa berjalan lancar. Selain itu, hindari juga menjilat atau membasahi bibir dengan ludah karena justru bisa membuat bibir semakin kering.

 

Penuhi kebutuhan vitamin

Apabila kamu merasa bibir keringmu bukan disebabkan karena faktor eksternal, bisa jadi faktor internal yang jadi penyebabnya. Menurut studi Diet in Dermatology: Present Perspectives, kekurangan nutrisi bisa membuat kemampuan lapisan dermis terhambat dan keseimbangan alami kulit pun jadi terganggu. Akhirnya kondisi kulit bibir kering pun bisa jadi semakin buruk dan pecah-pecah. Saat berbuka, makan malam, atau sahur, pastikan kamu mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin A, B2, B3 and B6, zinc, dan essential fatty acids (EFA).

Baca juga: Produk Skincare yang Perlu Dihindari Saat Puasa

 

Cukup minum di luar waktu puasa

Dehidrasi adalah salah satu penyebab bibir kering. Jadi, sangat penting untuk minum air putih yang banyak saat di luar waktu puasa untuk menghindari dehidrasi. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi untuk track berapa banyak air yang sudah diminum per hari guna memastikan apakah air yang diminum pada hari itu sudah cukup. Contohnya seperti aplikasi Samsung Health yang ada di handphone Samsung atau Health yang ada di iPhone. Alternatif lainnya adalah membuat reminder untuk minum sejumlah gelas air pada waktu tertentu. Misalnya tiga gelas saat berbuka, dua gelas saat makan malam, dan tiga gelas saat sahur.

 

Images: Dok. Freepik, Dok. Pexels

Slow Down

Please wait a moment to post another comment