banner-detik

beauty school

Produk Skincare yang Perlu Dihindari Saat Puasa

seo-img-article

Puasa cenderung bikin kulit kering, maka dari itu hindari penggunaan produk-produk skincare ini, supaya kulit tetap lembap sepanjang hari.

Bulan puasa akhirnya datang juga, gimana nih puasa kalian? Apakah berjalan dengan lancar? Semoga puasa di tahun ini nggak ada yang bolong-bolong ya. Seperti biasa, ketika memasuki bulan puasa, kita akan dihadapkan dengan yang namanya kulit kering dan dehidrasi. Hal ini wajar ya, mengingat konsumsi air selama sehari berkurang banget. Ketika kulit jadi mudah kering dan dehidrasi, banyak hal yang bisa kalian lakukan untuk membuatnya kembali lembap. Misalnya dengan menggunakan sheet mask, sleeping mask dan juga pelembap.

Namun nih, ada beberapa produk skincare, lebih tepatnya kandungan skincare yang baiknya kalian hindari saat sedang berpuasa. Karena kandungan-kandungan ini bisa membuat kondisi kulit semakin kering.

Baca juga: Tetap Glowing Selama Ramadan, Ini Cara Merawat Skin Barrier saat Puasa!

Exfoliating

Selama bulan puasa, coba kurangi penggunaan produk skincare dengan kandungan AHA dan BHA. Dua kandungan ini memang jadi andalan banget untuk mendapatkan kulit yang glowing. Namun keduanya bsia bikin kulit terasa kering dan dehidrasi, bila digunakan saat sedang puasa. Kalau biasanya kalian menggunakan AHA/BHA tiga kali seminggu, coba turunkan dosisnya jadi sekali seminggu saja.

Baca juga: Ampuh untuk Menghidrasi Kulit Kering Saat Puasa, Skincare Ini Layak Dicoba!

Retinol

Sama ya dengan kandungan AHA/BHA, retinol juga kadang membuat kulit kita kering. Kalau tetap ingin menggunakan retinol agar kulit awet muda, coba deh ganti produknya. Kalau biasanya kalian menggunakan retinol dalam bentuk serum, coba deh ganti produknya jadi pelembap wajah. Bedanya apa? Kalau serum memiliki konsentrat yang lebih tinggi, sedangkan pelembap konstentratnya lebih kecil, sehingga efek kulit kering akan lebih minim juga. Atau kalau tetap ingin mendapatkan manfaat dari Retinol namun lebih gentle, kalian bisa menggunakan Bakuchiol.

Clay mask

Kadang memang enak ya menggunakan clay mask di malam hari, karena setelahnya kulit dan pori-pori terasa bersih banget. Tapi saat sedang puasa, kurangi deh menggunakan clay mask. Clay mask bekerja dengan mengangkat kotoran dan menekan produksi minyak berlebih pada wajah. Dibanding kalian menggunakan clay mask, coba deh pakai sheet mask dengan kandungan yang hydrating. Kalau memang ingin membersihkan pori-pori, coba deh pakai sheet mask yang ada kandungan charcoal di dalamnya.

Selain tiga hal di atas, perhatikan juga facial wash yang kalian pakai ya. Pastikan nggak mengandung SLS, karena SLS bisa bikin kulit jadi kering dan merusak skin barrier. Jangan lupa juga untuk tetap menggunakan pelembap di pagi dan malam hari, untuk memberikan dan mengunci kelembapan kulit kalian sepanjang hari.

Image source: Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment