banner-detik

skin care

Tetap Glowing Selama Ramadan, Ini Cara Merawat Skin Barrier saat Puasa!

seo-img-article

 

Siapa yang selama ini sudah bersusah payah merawat skin barrier-nya supaya wajah terlihat glowing sepanjang waktu? Jangan sampai lengah di bulan Ramadan ini. Yuk ketahui cara merawat skin barrier meski berpuasa!

 

Yup, bulan puasa sudah tiba! Tanpa disadari,  kegiatan selama bulan puasa bisa membawa perubahan lho pada kesehatan skin barrier-mu. Mulai dari terlalu banyak mengonsumsi makanan manis saat berbuka, lebih cuek dalam memilih makanan, sampai kurang tidur. Padahal menurut WebMD, mengonsumsi terlalu banyak makanan yang kurang sehat dan kurang tidur bisa memengaruhi kualitas skin barrier. Jadi supaya kulit tetap segar dan glowing, pastikan kamu tahu cara merawat skin barrier yang benar selama puasa ya!

Baca juga: 4 Skincare Peptide yang Jago Bikin Kulit Kenyal di Usia 40-an dan Anti Kendur!

Skin barrier itu sangat penting untuk melindungimu dari polutan, sinar UV, iritasi, inflamasi, infeksi, dehidrasi, dan toksin.  Jika skin barrier rusak, kamu bisa terdampak sejumlah kondisi kulit seperti gatal, kering, berkurangnya elastisitas, perubahan warna, lapisan epidermis menipis, dehidrasi, hingga muncul infeksi akibat bakteri atau virus. Nah, ikutin beberapa cara merawat skin barrier ini yuk supaya kulit tetap tampil sehat dan glowing di bulan suci.

 

Tidur cukup

cara merawat skin barrier

Meskipun harus bangun pada dini hari untuk sahur, usahakan agar kamu tetap cukup tidur dan beristirahat setidaknya tujuh jam setiap malamnya. Jika sudah nggak ada yang perlu dikerjakan pada malam hari, kamu bisa tidur lebih cepat supaya waktu tidurmu tetap tercukupi dan skin barrier tetap terjaga.

 

Menjaga pola makan

Setelah berpuasa seharian, biasanya sejumlah orang akan kalap saat melihat makanan pas buka puasa. Jika kamu salah satunya, tetap perhatikan apa yang kamu makan dan kadar gizinya demi menjaga kesehatan skin barrier sekaligus tubuhmu. Ingat, sesuatu yang berlebihan itu nggak baik! Jadi, tetap makan dalam porsi normal dan secukupnya aja ya.

 

Manfaatkan plant oils

Coconut oil, jojoba oil, argan oil, rosehip oil, dan primrose oil ternyata termasuk minyak yang efektif untuk mencegah skin barrier kehilangan kelembapan. Menurut studi Anti-Inflammatory and Skin Barrier Repair Effects of Topical Application of Some Plant Oils, bahkan minyak-minyak tersebut juga bisa membantu memperbaiki skin barrier yang rusak. Kamu bisa menggunakan skincare yang memiliki kandungan oils tersebut saat berpuasa untuk memberikan perlindungan ekstra bagi skin barrier-mu.

 

Say yes to simple skincare routine

Last but not least, nggak perlu pakai skincare berlebihan meskipun ingin menjaga kesehatan skin barrier-mu selama berpuasa atau ingin terlihat glowing saat acara buka bersama. Memakai skincare terlalu banyak justru bisa membuat skin barrier-mu melemah, lho. Cari tahu produk dan bahan apa yang works di kulitmu dan gunakan yang memang kamu butuhkan saja. Plus, jangan sampai over-exfoliating ya!

Baca juga: Sambut Bulan Puasa, Ini 6 Skincare yang Perlu Dipersiapkan Supaya Kulit Nggak Kering!

Nah, itulah cara-cara untuk merawat skin barrier selama puasa. Nggak ribet, kan? Jadi, jangan korbankan kesehatan skin barrier-mu pada bulan puasa ini ya!

 

Images: Dok. Pexels, Dok. Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment