banner-detik

skin care

Sambut Bulan Puasa, Ini 6 Skincare yang Perlu Dipersiapkan Supaya Kulit Nggak Kering!

seo-img-article

Nggak perlu takut kulit jadi kering dan kusam selama berpuasa kalau kamu punya 6 ‘senjata’ di bawah ini!

 

Ramadan tiba! Bukan hanya perlu membersihkan hati atau mempersiapkan isi kulkas untuk sahur dan berbuka, kamu juga sebaiknya punya ‘alat perang’ untuk mengatasi kulit yang biasanya jadi lebih kering akibat puasa. Beberapa produk skincare ini akan sangat membantumu, lho!

Sheet mask yang menghidrasi

Pakai sheet mask 2-3 kali seminggu akan membuat kulitmu tetap segar, lembap, dan kenyal. Pilih sheet mask dengan kandungan yang menghidrasi seperti Hyaluronic Acid, alpukat, atau Ceramide untuk menjaga skin barrier kulit dan mendapat efek moist. Bisa juga pilih sheet mask dengan pomegranate, ginseng, atau kolagen untuk menjaga keremajaan kulit. Bila ada sisa essence-nya, jangan dibuang ya. Aplikasikan di leher, decolletage, atau tanganmu supaya ikutan lembap.

Coba: Skintific 5x Ceramide Soothing & Repairing Mask, Mediheal Collagen Essential Mask, Nature Republic Reel Nature Mask Sheet.

Face mist yang menyegarkan

 

Skincare satu ini nggak boleh terlewatkan! Wajib banget untuk selalu dibawa ke mana-mana, karena face mist bisa menutrisi dan memberikan hidrasi instan pada kulit wajah dan lehermu. Makeup pun jadi lebih terlihat glowing! Aromanya yang relaxing bisa membuat kamu lebih tenang ketika stres karena pekerjaan, bisa memberikan kesegaran saat kamu mengantuk, dan menjaga kulit nggak kering setelah solat atau berwudhu. Multifungsi, kan? Kamu bisa pilih juga yang formulanya bi-phase (perpaduan air dan minyak), untuk kelembapan yang lebih tahan lama.

Coba: d’Alba First Spray Serum, NAMA Beauty Hydra Booster Protective Serum Mist, Caudalie Beauty Elixir.

Moisturizer yang lembapnya tahan lama

 

Supaya kulit nggak kering selama bulan puasa, kamu bisa pakai moisturizer yang kemampuan menghidrasinya lebih tahan lama, bukan yang cepat menguap setelah dipakai. Bila biasanya kamu pakai yang teksturnya sangat ringan seperti gel bening, kali ini kamu bisa pilih tekstur gel-cream, atau milky lotion (emulsion), atau cream. Jangan lupa aplikasikan pagi dan malam setelah kamu menggunakan serum ya!

Coba: Clinique Dramatically Different Moisturizing Gel, Cetaphil Moisturizing Lotion, Sulwhasoo Essential Comfort.

Cleanser berbahan dasar minyak

 

Saat bulan puasa, sebaiknya kamu membersihkan kulit wajah dengan oil-based cleanser seperti cleansing oil atau cleansing balm yang lebih gentle di kulit. Fungsinya supaya kulit nggak kering dan nggak “ketarik” setelah dibersihkan dari segala macam makeup dan kotoran, sehingga nggak gampang iritasi. Namun, kalau kamu tetap mau menggunakan micellar water karena merasa itu lebih praktis, pilih yang punya kandungan minyak atau bi-phase, dan sebaiknya tidak menggosok-gosoknya terlalu keras dengan kapas.

Coba: Shu Uemura Ultim8 Sublime Beauty Cleansing Oil, Banila Co Clean It Zero Cleansing Balm, Nutrishe Melt My Day! Cleansing Balm.

Serum dengan Hyaluronic Acid

Bye, dull and dehydrated skin! Serum dengan kandungan Hyaluronic Acid adalah produk favorit untuk bikin kulit nggak kering dan tetap supple, karena kemampuannya menarik air dari sekitar. Kamu bisa gunakan pagi dan malam, bahkan di-layer dengan serum lainnya misalnya yang berbahan utama Niacinamide, retinol, atau AHA dan BHA. Serum Hyaluronic Acid juga banyak pilihannya dan mudah kamu temukan di mana-mana!

Coba: Somethinc Hyaluronic9+ Advanced + B5 Serum, True To Skin Hyaluronic Acid Hydrating Serum, L’Oreal Paris Revitalift 1,5% Hyaluronic Acid Serum.

Lip balm atau lip care lainnya

Bulan puasa identik dengan chapped lips? Jangan, dong! Bawa selalu lip care andalan kamu supaya kulit bibir tetap moist dan nggak cracking. Kamu bisa pilih lip care dalam bentuk apapun, seperti lip balm, lip serum, lip oil, atau lip sleeping mask. Gunakan sebelum memakai lipstik, sebelum tidur, dan kapanpun saat bibir terasa kering. Jangan sampai terlewatkan, apalagi kalau sebelum puasa saja bibirmu memang gampang pecah-pecah.

Coba: Dior Lip Glow, Laneige Lip Sleeping Mask, Fresh Sugar Lip Treatment.

 

Jadi, mana saja yang sudah kamu punya? Yuk, siapkan dengan baik dan aplikasikan secara rutin, biar selama berpuasa kulit dan tampilanmu tetap segar berseri!

 

Image: Freepik, Dok. Brand

Slow Down

Please wait a moment to post another comment