banner-detik

skin care

Jerawat Punggung Ganggu Aktivitasmu? Ini Cara Alami untuk Mengatasinya!

seo-img-article

 

Jerawat punggung muncul? Jika lagi kehabisan obat jerawat atau produknya masih dalam pengiriman, coba atasi dengan cara alami terlebih dulu yuk!

 

Buat yang pernah mengalami jerawat di punggung, pasti paham betapa mengganggunya bacne alias back acne. Bukan mengganggu seperti jerawat di wajah yang bisa bikin minder, melainkan karena rasa sakit dan gatalnya. Ouch!

Penyebab jerawat di punggung sebenarnya hampir sama dengan jerawat di wajah. Dilansir dari Clevelandclinic.org, bacne bisa timbul karena pori-pori tertutup oleh kotoran, sel kulit mati, minyak, dan bakteri hingga. Selain itu, jerawat juga bisa muncul karena:

  • Kulit berkeringat yang terkena gesekan dengan pakaian atau tas
  • Hormon
  • Genetik/keturunan dari keluarga
  • Obat-obatan seperti corticosteroids
  • Gaya hidup yang nggak higienis
  • Produk skincare dengan kandungan tertentu
  • Tingkat stress dan anxiety yang tinggi

Baca juga: Pintar Mengurangi Jerawat, 5 Cleanser Ini Disarankan untuk Kulit Acne-Prone!

Kalau sudah terlanjur inflamasi dan menjadi bacne, bagaimana cara mengatasinya? Mungkin kamu sudah aware kalau sudah banyak produk-produk acne treatment yang dibuat khusus untuk mengatasi jerawat di punggung, baik lokal maupun impor. Tapi kalau sedang kehabisan atau produk yang kamu pesan belum sampai, bahan dan cara alami berikut juga bisa dicoba untuk untuk mengatasinya, lho.

 

Tea tree oil

Selain ampuh untuk jerawat di wajah, tea tree oil juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat di punggung. Menurut studi A Review of Applications of Tea Tree Oil in Dermatology, kandungan antioksidan tea tree oil mempunyai spektrum anti mikroba yang luas terhadap infeksi di kulit, seperti akibat bakteri, virus, jamur, dan protozoa. Kamu bisa aplikasikan tea tree oil di kulit punggung berjerawat yang sudah dibersihkan.

 

Air lemon

Air lemon juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat punggung. Hasil studi Anti-Inflammatory Properties and Chemical Characterization of the Essential Oils of Four Citrus Species bahwa minyak esensial lemon bisa mengurangi inflamasi. Namun, ada baiknya untuk bertanya ke dokter terlebih dulu untuk mengetahui apakah jenis kulitmu aman untuk menggunakan air lemon agar tidak kaget dan merasakan ‘cekit-cekit’.

 

Lidah buaya

Beauty enthusiasts pasti tahu bahwa lidah buaya punya banyak manfaat untuk kecantikan. Ternyata tanaman ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat punggung, lho! Lidah buaya memiliki kandungan yang mampu mengurangi inflamasi, kemerahan, dan pembengkakkan. Hasil publikasi dari Aloe vera: A plant for many uses mengungap bahwa lidah buaya mempunyai efek anti inflamasi, anti bakteri, anti jamur, dan masih banyak lagi. Selain itu, lidah buaya juga memberikan efek dingin ketika terkena kulit, sehingga bisa membuat jerawat yang menyakitkan terasa lebih nyaman.

 

Ganti pakaian setelah berkeringat

penyebab jerawat punggung

Karena gesekan antara pakaian dan kulit yang berkeringat bisa menyebabkan jerawat punggung, sebaiknya ganti bajumu setelah menyelesaikan aktivitas yang bikin punggung berkeringat. Bawa baju ganti jika tahu akan berolahraga atau harus menghadapi teriknya matahari hingga bikin punggungmu keringatan.

 

Stop garuk punggung

jerawat punggung

Dalam beraktivitas sehari-hari, ujung jari dan kuku pasti bersentuhan dengan banyak benda sehingga minyak, kotoran atau bakteri bisa menempel tanpa disadari. Hindari menggaruk punggung untuk mengurangi resiko berpindahnya minyak, kotoran atau bakteri dari tangan ke punggung dan menutupi pori-pori sehingga menyebabkan jerawat punggung.

Baca juga: Baru! Garnier Micellar Salicylic BHA yang Bisa Mengatasi Jerawat!

Nah, ternyata mengatasi bacne gak sesulit yang dibayangkan, kan? Bahan-bahan alami yang ada di rumah atau tadinya hanya untuk wajah ternyata bisa juga digunakan untuk punggung. Selain itu, mengubah kebiasaan simpel pun bisa membuatmu mengucapkan bye-bye bacne. Selamat mencoba yaa!

 

Images: Dok. Freepik, Dok. Pexels

Slow Down

Please wait a moment to post another comment