banner-detik

video blog

‘Eye Makeup’ Mewarnai Konser K-pop, Jasa MUA Laris Manis!

seo-img-article

 

Tren eye makeup di konser K-pop membuka peluang usaha baru, yaitu menjadi MUA untuk eye makeup! Tapi, apakah tren ini bisa bertahan?

 

Banyak aktivitas yang sempat terpaksa “pause” karena pandemi, tapi sekarang akhirnya mulai normal kembali. Salah satunya adalah kegiatan menonton konser yang sering dilakukan oleh para pencinta musik termasuk K-popers. Konser secara offline sudah kembali dilakukan sejak tahun lalu. Peraturan yang ketat diterapkan supaya gak membuat cluster Covid-19 baru, termasuk memakai masker selama acara.

Ternyata kewajiban memakai masker ini justru membuat penonton konser K-pop jadi lebih kreatif, lho. Karena setengah wajah tertutup masker, mereka jadi mencari cara agar tetap bisa di-notice oleh biasnya di konser. Akhirnya lahirlah tren baru tanpa disengaja. Yup, tren tersebut adalah memfokuskan makeup di area mata (eye makeup) sehingga jadi mencuri perhatian walau setengah wajah terhalang masker.

Baca juga: Makeup ke Konser? Siapkan 5 Produk Lokal Ini untuk Tampil Lebih Playful!

Tren eye makeup ini gak cuma memakai eyeshadow dan eyeliner seperti makeup mata pada umumnya. Tapi menyesuaikan warna eyeshadow dengan warna grup idola atau fandom. Kemudian ditambahkan detail atau ornamen yang bisa menarik perhatian idola dari atas panggung, seperti gliter, rhinestone, atau pearl.

Eye makeup semakin viral

Tren ini pun semakin menjadi sorotan karena banyak artis dan influencer Indonesia yang ikut memakai eye makeup saat nonton konser Blackpink di Jakarta beberapa waktu lalu. Misalnya seperti Rachel Vennya, Audi Marissa, dan Gracia JKT48.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Rachel Vennya Roland (@rachelvennya)

Sayangnya, tren ini bisa jadi terlalu challenging untuk sebagian orang. Gak semua orang percaya diri bisa merias matanya sendiri dengan bagus. Apalagi jika harus menggambar atau memasang ornamen dengan presisi. Kesempatan ini pun menjadi peluang bisnis baru, yaitu jasa pembuatan eye makeup untuk nonton konser.

Baca juga: Jadi Tren, Intip Makeup Plester Jennie BLACKPINK yang Viral!

Jasa pembuatan eye makeup laris manis

Banyak yang menawarkan jasa ini melalui Twitter, tempat berkumpulnya banyak fandom K-pop. Apalagi jika sebuah konser K-pop sudah dekat, pasti ada yang menawarkan jasa ini di hashtag konsernya. Mulai dari mahasiswa yang memang jago merias hingga makeup artist (MUA) profesional pun mempromosikan jasanya.

Contohnya adalah Safitri Makeup yang memang berprofesi sebagai MUA untuk pernikahan, lamaran, bridesmaid, hingga wisuda. Ia memulai setelah diajak oleh temannya yang seorang k-popers dan Carat (nama fandom Seventeen) untuk membuka jasa eye makeup di konser Seventeen Be The Sun Jakarta pada akhir 2022.

Team Safitri Makeup kembali membuka jasa pembuatan eye makeup di konser Blackpink. Pelanggannya bisa terbilang banyak karena yang booking untuk memakai jasanya mencapai 50-100 orang per konser. K-popers yang daftar on the spot untuk dirias matanya pun bisa mencapai 30 orang lebih.

Ada tantangan tersendiri

Menurutnya, menjadi MUA untuk eye makeup di konser sangat menjanjikan untuk menjangkau koneksi di kalangan anak muda. Namun, bukan berarti gak ada tantangannya, lho! Apalagi saat musim hujan seperti sekarang.

“Kita harus cari tempat yang nyaman karena sampai sore. Aku buka slot dari pagi dan yang pasti kita mikirin cuaca, takut hujan. Jadi, aku dan team harus datang lebih pagi untuk muterin lokasi yang ternyaman,” ujarnya.

Baca juga: Ini Dia 6 Highlight Konser Blackpink Born Pink di Jakarta!

Kewajiban memakai masker memang sudah dilonggarkan. Tapi, saya rasa memakai eye makeup menjadi salah satu cara yang lebih baik untuk menarik perhatian idola daripada memakai bando “tuing-tuing” atau angkat banner tinggi-tinggi karena gak akan ganggu pandangan orang di belakangmu.

So, kamu tertarik pakai eye makeup juga untuk nonton konser berikutnya gak nih?

 

Images: Dok. Pexels, Dok. Instagram/@rachelvennya, Dok. Twitter/@noersaaa_

Slow Down

Please wait a moment to post another comment