banner-detik

beauty school

Ini 4 Alasan Kenapa Terlalu Banyak Garam Berbahaya untuk Kulit!

seo-img-article

Selain baik untuk diet, mengurangi asupan garam juga sangat bagus lho untuk kesehatan kulit. Kenapa? Simak penjelasannya di bawah ini!

 

Sempat viral beberapa waktu lalu, musisi Tyo Nugros mengungkapkan bahwa rahasia awet mudanya adalah mengurangi makan garam dan MSG. Hal tersebut mungkin terdengar sulit diterapkan bagi sebagian orang (baca: kamu yang hobi makan snack gurih!), namun kalau pingin sehat dan awet muda, memang ada baiknya dicoba! Terlalu banyak konsumsi garam ternyata nggak hanya buruk bagi kesehatan tubuh, tapi juga berpengaruh pada kondisi kulit, lho. Kalau terlalu banyak gula bisa bikin kulit mudah inflamasi, apa sih efek terlalu banyak garam bagi kulit? Simak, yuk!

Bikin kulit dehidrasi

Konsumsi terlalu banyak sodium bisa mengakibatkan tubuh jadi dehidrasi. Secara otomatis, kulit juga akan jadi ikut dehidrasi. Kulit yang dehidrasi dapat menimbulkan banyak masalah kulit lainnya, mulai dari iritasi, patchy, gatal-gatal, dan sebagainya. Jadi, kalau kulitmu dehidrasi meski sudah rajin pakai skincare, cek lagi asupanmu sehari-hari. Mungkin kamu terlalu sering makan yang asin seperti mie instan, gorengan, chips, dan popcorn, dan kekurangan asupan buah, sayur, serta air putih.

Baca juga:  Intip Rekomendasi Makanan untuk Bikin Kulit Glowing, Langsung dari Ahlinya!

Area mata jadi gampang bengkak

Tahu kan, kalau makanan tinggi garam adalah salah satu penyebab perut jadi buncit atau bloated? Nah, sama halnya dengan area mata. Area mata juga bisa jadi bengkak dan puffy kalau kamu sering makan makanan asin terlalu banyak setiap hari. Itu karena kadar sodium yang berlebihan bisa menyebabkan water retention pada kulit kita. Jadi, walaupun kamu nggak habis nangis atau lagi kurang tidur karena deadline pekerjaan, matamu bisa tetap terlihat sembap karena cemilan asin kesukaanmu!

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Wajah Bengkak Setelah Bangun Tidur dan Cara Mengatasinya!

Kulit lebih oily

Bukan hanya dehidrasi, garam berlebihan bisa berbahaya bagi kulit karena dapat menciptakan kulit jadi lebih berminyak. Jadi, bagi pemilik kulit kering, kulit akan bertambah kering, Bagi pemilik kulit berminyak, kulit akan semakin berminyak. Nah, ini adalah peringatan juga bagi kamu yang mudah berjerawat. Kulit yang terlalu berminyak bakal memicu acne dan komedo muncul lebih banyak. Jadi, kalau mau kulit lebih segar dan bebas jerawat, selain membersihkan kulit dengan maksimal, kurangi deh kebiasaan makan jajanan yang sangat gurih dan asin.

Baca juga: 10 Alasan Kamu Harus Mengurangi Makanan dan Minuman Manis!

Penuaan dini mudah datang!

Kalau kamu hobi menumpuk sodium di dalam tubuh, kadar kolagen di tubuh akan jadi berkurang, lho. Kalau kolagen cuma sedikit, tentu penuaan dini mudah mampir. Kulit jadi nggak kenyal lagi, fine lines dan kerutan jadi terlihat jelas. Pernah bingung kenapa kamu masih usia 20-an tapi sudah mulai ada wrinkles? Sekarang terjawab, kan? Mungkin, kebiasaan makanmu dan pola hidupmu yang memang nggak sehat! Jadi, stop makan garam berlebihan ya!

Baca juga:  Mudah Dibuat, Ini Dia 4 Ide Banchan Korea yang Bisa Kamu Bikin Sendiri!

 

Nah, jadi itulah alasan kenapa terlalu banyak garam bisa berbahaya untuk kulit. Kalau kamu pingin punya kulit yang lebih sehat, glowing, dan awet muda, maka mulai sekarang kamu harus “berkorban” dengan mengurangi keripik pedas, kentang goreng bumbu keju, bakso aci favorit, topokki mozarella, popcorn ekstra butter, nachos, salted egg chips, atau potato chips kesukaan. Sayang kan, kalau kamu sudah rajin skincare-an, tapi asupan dalam tubuh masih sembarangan?

 

Image: Freepik

1
1

Slow Down

Please wait a moment to post another comment