banner-detik

fitnfab

Mudah Dibuat Saat Weekend, Ini 4 Ide Banchan Korea yang Bisa Kamu Bikin Sendiri!

seo-img-article

Bosan dengan lauk yang itu-itu saja? Cek 4 jenis banchan Korea yang bisa dengan mudah kamu bikin sendiri di rumah saat weekend!

Jika kamu pernah melihat berbagai masakan pendamping di dalam drama Korea, pasti banyak sekali yang dihidangkan dalam satu meja. Seperti drama yang lagi hits belakangan ini, ‘Crash Course in Romance‘ yang banyak memperlihatkan banchan. Hal ini juga berlaku ketika kamu makan di restoran Korea otentik di Jakarta yang akan menyajikan banchan dengan gratis, bahkan bisa refill. Mulai dari kimchi, salad kentang, hingga japchae. 

Kamu bisa menemukan beragam side dish yang nikmat dan mengenyangkan. Nah, bagi kamu yang ingin menjadikan banchan sebagai salah satu food preparation kamu untuk sehari-hari supaya nggak ribet masak, tinggal makan. Berikut adalah beberapa jenis banchan yang bisa kamu buat dari rumah, dengan bahan yang mudah dan murah. 

Kongnamul Muchim

banchan korea

Siapa yang suka tauge? Pas banget untuk melengkapi nutrisi kamu, tauge bisa dijadikan salah satu banchan yang praktis kamu buat di rumah. Kongnamul muchim adalah tauge yang diberi bumbu dan disajikan bersama nasi hangat dan makanan pendamping lainnya. Untuk pembuatannya pun mudah banget. Kamu hanya perlu 250 gr tauge, 1 sdt garam, 2 siung bawang putih cincang, irisan daun bawang, ½ sdt bubuk cabai, 1 sdt kecap ikan, 1 sdt biji wijen, dan 2 sdt minyak wijen. 

Cara membuat : 

  1. Masukan tauge ke dalam panci, bumbui dengan garam dan tambahkan ½ cup air. Masak hingga tauge mendidih dan tiriskan. 
  2. Taruh tauge ke dalam mangkuk, kemudian masukan bumbu yang sudah disiapkan, dan aduk dengan tangan hingga tercampur rata. 
  3. Setelah tercampur semuanya, pindahkan tauge ke dalam piring saji, atau tempat makan jika ingin memudahkan penyimpanan. 

Sigeumchi Namul 

banchan korea

Kalau ini khusus pecinta bayam, jika ingin merasakan sensasi bayam yang berbeda dari bayam biasanya. Kamu bisa cobain menu yang satu ini. Termasuk salah satu banchan yang populer, dan selalu ada di setiap restoran korea, maupun all you can eat jepang. Bayam ini biasanya berdampingan juga dengan kimchi. Untuk membuatnya, kamu hanya memerlukan 2 ikat bayam, 1 siung bawang putih cincang, daun bawang cincang, 1 ½ sdt kecap asin, 1 ½ sdt minyak wijen, 2 sdt biji wijen dan 1 cabai merah (opsional). 

Cara membuat: 

  1. Rebus 8-10 gelas air, masak hingga mendidih
  2. Blanch bayam selama 30-60 detik
  3. Saring bayam, bilas dengan air dingin dan tiriskan. 
  4. Campurkan bayam dengan bumbu yang sudah disiapkan. Aduk hingga merata, kemudian pindahkan ke piring untuk disantap. 

Mechurial Jangjorim

banchan korea

Pernah melihat Seo Yea Ji di dalam drama ‘Its Okay to Not Be Okay’? Dalam drama tersebut, ia sering kali makan jangjorim, yang selama ini dikira semur telur yang manis ternyata merupakan telur kecap asin. Bagi kamu yang nggak punya kolesterol ataupun asam urat, jangjorim bisa jadi salah satu alternatif untuk variasi makan siang kamu. Bahan yang digunakan, kamu bisa membuat dari 20 telur puyuh, 7 bawang putih cincang, 2 sdm kecap asin, 2 bauh cabai merah, 2 buah cabai hijau, ½ sdt garam, ½ sdm gula pasir, ½ sdm air jeruk nipis dan air secukupnya. 

Cara membuat: 

  1. Rebus telur puyuh hingga matang, dengan menuangkan 1 sdm cuka. 
  2. Rebus 500 ml air, masukan kecap asin, gula, garam, bawang putih dan cabai. 
  3. Masukkan telur puyuh yang sudah dikupas, ke dalam rebusan air dan tunggu hingga mendidih sampai telur berubah warna hingga kecokelatan. 
  4. Pindahkan jangjorim ke dalam wadah tertutup atau mangkuk untuk dihidangkan. 

Pajeon daun bawang

banchan korea

Kalau banchan yang satu ini, biasanya suka ada di street food. Pilihannya pun juga beragam, ada yang keju, kimchi, kucai dan berbagai pilihan lainnya. Untuk melengkapi makan siangmu dengan nasi, pajeon daun bawang bisa jadi pilihan. Tips supaya pajeon renyah, kamu bisa mendinginkan adonan dan panaskan wajan sebelum digunakan. Untuk membuatnya, kamu memerlukan 230 gr tepung serbaguna, 68 gr tepung maizena, 2 sdt baking powder, 2 sdt gula, 1 sdt pasta kedelai / miso, ½ sdt lada hitam, 500 ml air, 1 kuning telur, 2 sdt bawang putih cincang, 3 ikat daun bawang yang dipotong panjang 5 cm dan 5 sdm minyak. 

Cara membuat: 

  1. Campurkan tepung serbaguna, maizena, baking powder, gula, pasta kedelai dan merica dalam satu mangkuk. 
  2. Tambahkan air, kuning telur, dan bawang putih. Aduk perlahan menggunakan pengocok hingga adonan tercampur. Cicipi untuk merasakan tingkat kegurihannya, jika kurang asin bisa tambahkan garam sesuai selera. 
  3. Diamkan adonan selama 10 menit dalam kulkas, dan masukkan daun bawang ke dalam adonan. 
  4. Panaskan wajan anti lengket, olesi dengan minyak. Tuang adonan ke dalam wajan, dan masak seperti telur hingga 4-5 menit. 

Itulah beberapa ide untuk mempersiapkan banchan Korea di rumah. Banchan favorit kamu yang mana nih? 

 

Image : geonbae, koreanbapsang, maangchi, brent hofacker, NYT

Slow Down

Please wait a moment to post another comment