banner-detik

beauty school

5 Alasan Kenapa Wajah Bengkak Setelah Bangun Tidur dan Cara Mengatasinya!

seo-img-article

 

Pernah bingung kenapa wajah terlihat bengkak ketika bangun tidur? Ternyata beberapa hal ini bisa jadi penyebabnya!

 

Sebagian orang yang memiliki kebiasaan makan sebelum tidur, sedikitnya akan menyadari wajahnya terlihat membengkak ketika baru bangun. Hal ini juga dirasakan oleh sebagian K-Pop Idol yang sering melakukan tur.

Banyak dari mereka memiliki pantangan untuk makan ramyeon di malam hari, karena akan menyebabkan wajah membengkak ketika esok harinya. Salah satunya karena makanan ini mengandung kadar garam tinggi yang memang jadi salah satu penyebab wajah terlihat bengkak saat bangun tidur.

Baca juga: Memberikan Kelembapan dan Melindungi Bibir, Ini 4 Lip Balm yang Ada SPF-nya!

Tapi, ternyata nggak hanya karena makan mie instan di malam hari saja, ada beberapa hal yang bisa jadi penyebab wajah bengkak di pagi hari.

 

Posisi tidur

Pada dasarnya, gravitasi memegang peranan besar saat wajah terlihat bengkak di pagi hari. Ketika kita berdiri, cairan di dalam tubuh kita akan ditarik oleh gravitasi ke bagian bawah tubuh. Sementara saat kita tidur, retensi air di dalam tubuh akan berbaring rata sesuai posisi tidur kita.

Saat kamu terlalu tidur terlalu lama atau bahkan kurang tidur, wajah bisa jadi terlihat puffy karena retensi air di dalam tubuh. Kelebihan berat air di dalam tubuh ini akan menumpuk pada area wajah sehingga bisa menyebabkannya terlihat bengkak saat kamu bangun tidur.

Baca juga: Mengenal Ear Seeds, Salah Satu Pengobatan Alternatif yang Jadi Andalan dari K-Pop Idol!

Selain itu, buat kamu yang sering tidur dengan posisi tengkurap juga bisa memperbesar kemungkinan wajah jadi terlihat lebih bengkak saat bangun tidur. Karena saat kita tidur tengkurap, kelebihan cairan pada tubuh, khususnya cairan lymphatic akan lebih tertarik oleh gravitasi ke arah wajah. Trik menghindarinya, tidur 7-8 jam sehari dan gunakan bantal yang agak tinggi untuk bantu meminimalisir tumpukan retensi air yang bisa menyebabkan wajah puffy di pagi hari, atau langsung cuci wajah dengan air dingin dan aplikasikan skincare menggunakan face roller.

 

Asupan garam yang berlebihan

Alasan paling umum untuk bengkak di pagi hari adalah ketika kamu makan terlalu banyak garam, atau makanan yang tinggi sodium sehingga menyebabkan tubuh menyimpan lebih banyak air. Tingginya kadar sodium dalam tubuh biasanya mudah membuat kamu merasa haus, akhirnya kamu akan mengonsumsi lebih banyak air, tetapi sayangnya tubuh tidak akan mengeluarkannya lewat cairan urine. Kelebihan cairan tersebut justru akan disimpan oleh tubuh di berbagai area, termasuk wajah kamu. Jadi, baiknya hindari konsumsi makanan tinggi kadar sodium, khususnya pada saat sore dan malam hari.

 

Kekurangan air

Eh tunggu, katanya wajah puffy justru disebabkan oleh kelebihan cairan di dalam tubuh, tapi katanya juga bisa disebabkan oleh kurang minum? Walau memang terdengar bertolak belakang, namun saat tubuh kita kurang minum, justru tubuh akan menyimpan sisa cairan yang ada di dalam tubuh, sehingga bisa menyebabkan wajah jadi terlihat bengkak.

Untuk meminimalisir hal ini, minumlah air mineral yang cukup di pagi hari dan hindari makan makanan yang tinggi kadar sodium untuk menghindari penumpukan cairan yang sebetulnya tidak dibutuhkan tubuh.

 

Stres

Jika kamu jarang makan makanan asin, tidak tidur dalam posisi tengkurap maupun sudah cukup air, tapi wajah masih bengkak. Mungkin kamu sedang stres. Pasalnya, stres yang berlebihan melepaskan hormon yang disebut kortisol dan hormon antidiuretik. Di mana kortisol bisa mengganggu metabolisme garam dalam tubuh, dan hormon antidiuretik mencegah air keluar dari tubuh, sehingga bisa membuat wajah kamu jadi mudah bengkak.

 

Alkohol

Alkohol bisa meningkatkan inflamasi di dalam tubuh kita. Artinya, hal ini bisa memperburuk inflamasi lain yang sebenarnya sudah ada di dalam tubuh, sekaligus akan mengakibatkan dehidrasi. Saat terjadi dehidrasi, otomatis tubuh akan berusaha mencari cairan lain dalam tubuh, sehingga pada pagi hari wajah bisa terlihat bengkak. Jika memang kamu suka meminum alkohol, ada baiknya untuk memerhatikan jumlah yang dikonsumsi, dan hindari meminumnya terlalu malam. Tapi memang alangkah lebih baik lagi apabila dapat menghindarinya.

Kalau puffy face sudah terlanjur terjadi karena minum alkohol berlebih, kamu bisa mengatasinya dengan mengaplikasikan masker yang menenangkan untuk bantu meredam inflamasi yang terjadi pada wajah.

Baca juga: Sudah Usia 80-an, tapi Kulit Masih Kencang? Ini Skincare yang Dipakai Grandma Skinfluencer!

Itulah beberapa hal yang membuat wajah kamu jadi bengkak di pagi hari, dan juga beberapa tips untuk menghilangkan bengkaknya. Semoga bermanfaat!

Image : freepik.com

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment