banner-detik

skin care

Penting Banget, Ini 6 Hal yang Harus Kamu Tahu Soal Serum Vitamin C!

seo-img-article

Vitamin C terkenal sebagai salah satu ingredients favorit dalam dunia skincare karena kemampuannya dalam mencerahkan kulit, memudarkan dark spots, dan bikin kulit glowing. Cari tahu lebih dalam tentang serum vitamin C, yuk!

Kamu pasti sudah tahu kan kalau vitamin C adalah salah satu idola dalam dunia perawatan kulit, karena banyak sekali manfaatnya? Vitamin C adalah bahan yang powerful dan tinggi antioksidan dan bekerja menstimulasi pembentukan kolagen di kulit. Yup, penggunaan vitamin C dalam skincare routine sangat baik untuk menjaga kulit bebas kusam, tampak segar, dan tetap kenyal. Bahan aktif ini juga mampu menahan produksi melanin dan membuat dark spots jadi memudar!

Menggunakan vitamin C dalam bentuk serum tentunya akan lebih efektif dibandingkan memakainya dalam bentuk toner atau moisturizer. Tapi, gimana sih supaya produknya beraksi maksimal? Tentu kamu nggak boleh asal pakai ya. Ada banyak hal yang harus kamu tahu tentang serum vitamin C. Simak yuk, di bawah ini!

Sangat baik dipakai bersama sunscreen

Tahukah kamu kalau vitamin C sangat baik untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan radikal bebas? Menggabungkan serum vitamin C dan sunscreen akan lebih efektif memproteksi kulit dari efek sinar UVA dan UVB, dibandingkan bila kamu hanya pakai sunscreen saja. Yup, mereka pasangan ideal! Makanya, skincare vitamin C oke banget buat dipakai pagi hari, dilanjutkan dengan moisturizer dan sunscreen. Memadukan vitamin C dan vitamin E juga bisa menenangkan sunburn akibat paparan matahari berlebihan, lho.

Baca juga: Bisa Bikin Kulit Cerah dan Glowing, Ini 3 Skincare Vitamin C Terbaru dari Brand Lokal

Jauhkan produk dari sinar matahari langsung

Agar formulanya tetap stabil, kemampuannya tidak berubah, dan warnanya tidak oksidasi, sebaiknya simpan serum vitamin C kamu di tempat yang sejuk dan jauh dari sinar matahari langsung. Alangkah baiknya kalau kamu membeli produk skincare vitamin C yang memang kemasannya opaque atau berwarna gelap (bukan bening). Tapi kalau kamu punya yang botol bening, sebaiknya boks kartonnya tidak dibuang, atau masukkan ke dalam drawer. Ini hal kecil tapi sangat penting, apalagi kalau meja rias kamu berada di dekat jendela. Jangan lupa, sebaiknya habiskan serum vitamin C kamu sebelum 6 bulan ya!

serum vitamin C Drunk Elephant

Tidak untuk jerawat, melainkan bekas jerawat

serum vitamin C untuk memudarkan bekas jerawat

Vitamin C tidak punya kemampuan khusus untuk melawan bakteri penyebab jerawat, tapi punya efek anti-inflamasi sehingga bisa membantu menenangkan kemerahan dan bengkak akibat jerawat. Vitamin C juga terkenal bisa mengurangi hiperpigmentasi, sehingga kalau kamu ada noda bekas jerawat yang kemerahan atau kehitaman, kamu bisa mengandalkan serum vitamin C untuk membantu memudarkannya. Jadi, bisa dikatakan kalau vitamin C lebih ideal dipakai saat jerawat kamu menuju proses penyembuhan atau sudah mereda. Ketika jerawatnya masih aktif, gunakan serum dengan kandungan lainnya yang memang efektif untuk jerawat ya, seperti Salicylic Acid, Succinic Acid, tea tree, mugwort, Niacinamide atau Centella Asiatica.

Baca juga: Bukan Hanya Vitamin C dan Niacinamide yang Mencerahkan, 10 Skincare dengan Tranexamic Acid Ini Juga Bisa Diandalkan!

Bisa mengurangi dark circles di bawah mata

serum vitamin C mengurangi dark circle

Kalau kamu punya permasalahan dark circles atau lingkaran gelap di bawah mata, vitamin C bisa membantu, nih! Vitamin C akan melindungi kulit area matamu dengan antioksidan, mengurangi kekusaman dan hiperpigmentasi, serta membantu meminimalkan wrinkles. Kamu bisa rutin mengaplikasikan serum vitamin C setiap pagi dan malam, dan memilih eye serum atau eye cream yang juga punya kandungan vitamin C di dalamnya.

Punya beragam tipe

Vitamin C yang digunakan di dalam skincare sangatlah beragam. Jenis L-Ascorbic Acid banyak digunakan, karena merupakan bentuk vitamin aktif yang efektif. Namun, bagi pemilik kulit sensitif, sebaiknya menghindari jenis L-Ascorbic Acid, karena bisa membuat kulit lebih kering dan kemerahan. Serum vitamin C dengan jenis Magnesium Ascorbyl Phosphate bisa dicoba, karena lebih minim iritasi. Sementara, Pure Ascorbic Acid bisa bekerja lebih cepat, dan bila digabungkan dengan vitamin E, hasilnya akan lebih bagus!

serum vitamin C milik Dear Klairs

Baca juga: Mau Kulit Cerah dan Sehat? Kenali Jenis-jenis Vitamin C yang Sering Digunakan dalam Skincare!

Bikin kulit awet muda

Dengan kemampuannya meningkatkan produksi kolagen dan elastin, serta melindungi kulit dari efek buruk sang surya, vitamin C jadi bahan aktif yang mampu membuat kulit tetap kenyal dan tampak muda lebih lama. Bagi kamu yang sudah di atas 30 tahun, kamu bisa menggunakan serum vitamin C saat pagi hari, dan saat malam harinya pakai serum dengan kandungan yang memperlambat tanda-tanda penuaan seperti retinol, Peptide, pomegranate, atau ginseng. Kulit akan jadi lebih kencang dan glowing!

serum vitamin C avoskin

Baca juga: 10 Rekomendasi Suplemen Vitamin C yang Bagus untuk Jaga Daya Tahan Tubuh!

Nah, itulah hal-hal penting tentang serum vitamin C! Ada nggak yang baru saja kamu tahu? Apa saja sih serum vitamin C favoritmu? Share di bawah ini ya!

 

Image: Freepik, dok. brand

Slow Down

Please wait a moment to post another comment