banner-detik

skin care

Mau Kulit Cerah dan Sehat? Kenali Jenis-jenis Vitamin C yang Sering Digunakan dalam Skincare

seo-img-article

Vitamin C punya banyak banget manfaat bagi tubuh dan kulit. Dalam dunia kecantikan, vitamin C sering jadi andalan untuk mencerahkan dan melawan tanda-tanda penuaan.

Penggunaan vitamin C dalam dunia skincare bukan hal yang baru. Kandungan satu ini sering ditemukan pada beragam produk, mulai dari facial wash, serum, masker, sampai pelembap. Tapi tahukah kamu, kalau vitamin C punya berbagai jenis dan turunan yang memiliki manfaat berbeda-beda? Memahami jenis-jenis vitamin C bisa membantu kamu untuk menentukan produk yang paling tepat dan paling bermanfaat untuk kulitmu, lho.

Baca juga: Bisa Bikin Kulit Cerah dan Glowing, Ini 3 Serum Vitamin C Terbaru dari Brand Lokal!

kenali jenis-jenis vitamin c dalam skincare

Sebelum kita membahas jenis dan turunan vitamin C yang sering digunakan pada skincare, kita perlu kenal dulu nih, vitamin C itu apa. Vitamin C sendiri adalah asam karbonat yang biasa ditemukan pada buah-buahan sitrus seperti jeruk atau sayur-sayuran berdaun hijau gelap seperti brokoli. Bagi kulit, vitamin C bermanfaat sebagai antioksidan, meminimalisir tanda-tanda penuaan, mendukung produksi kolagen yang menjaga elastisitas kulit, dan yang jarang dibahas, vitamin C juga bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Nah, berikut adalah jenis-jenis vitamin C yang paling banyak digunakan dalam skincare. Simak sampai habis ya!

Ascorbic Acid (8%—20%)

Ascorbic Acid atau dikenal juga sebagai L-Ascorbic Acid (LAA), adalah Vitamin C murni yang punya tingkat potent tinggi. Karena kekuatannya, jenis kandungan ini punya kemungkinan iritasi yang lebih tinggi dan kurang stabil. Meski begitu, jangan khawatir karena ia juga sangat efektif dalam menembus skin barrier dengan paling banyak digunakan dalam produk-produk skincare. Manfaatnya antara lain; antioksidan tinggi, meningkatkan produksi kolagen, proteksi terhadap sinar UV, membantu mencerahkan kulit, dan mencegah penuaan. Bila diformulasikan dengan tepat, Ascorbic Acid bisa menjadi lebih stabil dan jadi sumber Vitamin C terbaik untuk kulit!

Baca juga: Maksimal Cerahkan Wajah, Berikut 4 Skincare Vitamin C dengan Teknologi Cold-Pressed Juice!

Sodium Ascorbyl Phosphate (0.0%—3%)

Jenis vitamin C yang satu ini punya stabilitas yang baik dan punya potensi iritasi lebih rendah dibandingkan beberapa varian vitamin C lain. Makanya, Sodium Ascorbyl Phosphate bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Kandungan ini punya fungsi utama untuk menangkal dan menetralisir radikal bebas akibat sinar UV dan polusi (antioksidan), merangsang produksi kolagen, meratakan warna kulit, dan juga bekerja sebagai antimikroba yang baik. Selain itu, ia juga cocok digunakan dengan antioksidan lain seperti vitamin E atau produk anti-jerawat yang mengandung benzoyl peroxide.  

Magnesium Ascorbyl Phosphate (0.01%—3 %)  

Selain Sodium Ascorbyl Phosphate, kandungan vitamin C Magnesium Ascorbyl Phosphate juga punya stabilitas dan efektifitas yang sangat baik serta mudah meresap. Merupakan water-based vitamin c, kandungan ini bermanfaat sebagai antioksidan, merangsang produksi kolagen, membantu mencerahkan dan menghilangkan noda pada kulit. Ia juga termasuk vitamin C yang punya anti-inflammatory agents dan paling menghidrasi di antara yang lain, jadi bisa membantu menenangkan kulit yang iritasi atau kemerahan.

Baca juga: Punya Kandungan Vitamin C Tinggi, Ini 5 Skincare dengan Kandungan Kiwi!

Ascorbyl Palmitate (0.01%—1%)

Kandungan ini merupakan turunan vitamin C yang larut dalam lemak (fat-soluble) dan biasa digunakan pada produk-produk skincare dengan tekstur krim. Ia bermanfaat untuk menangkal radikal bebas, mencerahkan, dan memperbaiki kerusakan kulit. Selain itu, Ascorbyl Palmitate juga biasa digunakan untuk membantu menyeimbangkan kandungan skincare yang air-sensitive dan bekerja dengan baik bersama vitamin E. Meski begitu, kandungan yang satu ini dikatakan tidak begitu mudah meresap dan seefektif turunan vitamin C yang lain.

Baca juga: Jenis-jenis Bunga yang Sering Digunakan sebagai Kandungan Skincare

Sebenarnya, masih banyak jenis-jenis turunan vitamin C lain yang digunakan pada skincare. Tapi 4 jenis Vitamin C ini jadi yang paling umum digunakan. Sekarang, sudah tahu jenis Vitamin C apa yang kamu butuhkan untuk kulitmu? Pro tips, gunakan vitamin C di pagi hari bersama penggunaan SPF, because vit C and SPF are always bestfriend! 

 

Images: freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment