banner-detik

korean corner

Klise Tapi Nyesek, Inilah Alasan Kenapa Film ‘20th Century Girl’ Jadi Trending!

seo-img-article

[Spoiler Alert!] Sakit tapi nggak berdarah, kira-kira itulah situasi yang tepat setelah nonton film ‘20th Century Girl’. 

Film Korea kembali mendobrak industri perfilman setelah beberapa kali tayang di Netflix, namun nggak semuanya langsung menjadi perbincangan hangat di media sosial. Kali ini, ada film yang dikemas secara apik dengan konsep 90-an. ‘20th Century Girl’ jadi topik hangat beberapa minggu ini setelah rilis, bahkan baru beberapa hari langsung menjadi trending secara global. 

Film ini mengisahkan Na Bo Ra (Kim Yoo Jung), seorang siswi 17 tahun yang berusaha memberikan yang terbaik untuk sahabatnya, Yeon Doo (Roh Yoon Seo), ia memberi informasi terkait Baek Hyun Jin (Park Jung Woo) yang ditaksir sahabatnya karena Yeon Doo harus operasi jantung di Amerika. Namun, alih-alih memberikan yang terbaik, dunia Bo Ra justru berakhir terbalik.

Baca juga: Siapin Mental, NCT Dream The Movie Bakal Tayang di CGV Bulan November!

Kisah nyata yang menarik 

Setelah tayang beberapa hari, sang sutradara mengaku terkejut karena kisah klisenya ternyata bisa menarik perhatian banyak orang. Dalam wawancaranya bersama Cine21, ia mengatakan jika alur cerita film yang dibuatnya ini diangkat dari kisah nyata, walaupun nggak semuanya. Pasalnya, semasa SMA Bang Woo Ri PD pernah bertukar pesan dengan sahabatnya untuk membantunya mengenal cinta pertamanya, seperti yang dilakukan Na Bo Ra untuk Yeon Doo. Ia berpikir, kisah itu menarik diangkat jadi film, dan ‘20th Century Girl’ bisa menjadi kado untuk sahabatnya. 

Klise tahun 90-an yang bikin nostalgia

Percayalah jika nonton film ini dengan beragam ekspektasi di kepala, tentu akan menghadirkan kesan ‘klise’ yang sederhana. Kamu bisa melihat bagaimana seorang anak SMA yang mengalami jatuh cinta pada pandangan pertama, kemudian saling bertukar informasi dengan sahabatnya. Kamu berusaha mencari tahu apa kesukaan cowok yang ditaksir sahabatmu. Banyak hal yang rasanya klise, tapi karena dikemas dalam tahun 1999, sehingga banyak hal yang bikin nostalgia dan seperti terulang kembali. 

Baca juga: Super Gemas, Inilah Hasil Kolaborasi CHARLES & KEITH dan ITZY!

Kamu bisa merasakan vibe tahun 90-an yang kental, ketika pager dan telepon umum jadi satu-satunya sarana komunikasi paling mutakhir kala itu di masa sekolah. Untuk membuka e-mail pun harus melalui komputer yang memerlukan waktu dan komitmen untuk membukanya. Begitupun dengan telepon genggam yang nggak semua orang memilikinya. Bahkan ketika toko rental video jadi pekerjaan utama Ayahnya Na Bo Ra, hal itu sudah tercermin bagaimana pekerjaan di masa lalu. Selain itu, gaya outfit-nya yang serba gombrong dan tomboy juga turut mencerminkan latar 90-an, layaknya drama ‘2521’ namun dengan durasi yang dipersingkat. 

Plot twist yang menyesakkan dada

Lagi-lagi film atau drama berbau 90-an bikin galau berhari-hari. Setelah ending ‘2521’ yang masih melekat di kepala, ditambah ending dari film ini yang membuat hati semakin pilu mengenangnya. Jadi perbincangan hangat di sosial media, Bang Woo Ri sempat kebingungan untuk menentukan akhir cerita. Itu semua karena cerita diadaptasi dari kisah nyata, sehingga tidak benar-benar sama dengan kisah Na Bo Ra. 

“Mengesampingkan cinta pertama setelah waktu berlalu dan meninggalkan sebagai kenangan. Aku mengalami banyak kesulitan dalam memutuskan arah mana yang harus aku tuju di antara keduanya. Aku bertanya pada teman-temanku, apakah mereka ingin bertemu kembali dengan cinta pertamanya dengan versi sekarang. Dengan mempertimbangkan pendapat itu, aku menyimpulkan endingnya seperti sekarang,” papar Bang Woo Ri PD. 

Baca juga: Tampil Memukau saat Tunangan, Ini Bocoran Makeup Chelsea Islan dari MUA Ryan Ogilvy!

Puncak tangisan di akhir film

Bisa jadi inilah yang menjadi daya pikat dari film ‘20th Century Girl’. Ketika film hanya bercerita seputar nostalgia tanpa ada punchline yang menarik, pada akhirnya nggak ada kenangan atau memori yang tersimpan setelah menonton. Namun hampir semua orang yang nonton film ini, hendak ingin melaksanakan tahlilan karena salah satu pemerannya diceritakan meninggal. 

Poong Won Ho (Byun Woo Seok), adalah sosok pria kecintaan Na Bo Ra, atau bisa dibilang Baek Hyun Jin bagi Yeon Doo. Kisah dramatis ini sudah dimulai ketika Yeon Doo pulang dari Amerika. Namun, semakin dramatis ketika Won Ho pindah ke New Zealand dan nggak kembali lagi. Meskipun nggak diceritakan secara eksplisit bagaimana Poong Won Ho pergi, namun sang adik yang diperankan oleh Ong Seong Wu, mengatakan pada Bo Ra dewasa, jika kakaknya meninggal ketika pergi ke Korea untuk menemui Bo Ra. Namun, karena nggak ada riwayat medis Won Ho, maka bisa dikatakan ia mengalami kecelakaan saat ke Korea. 

Jelas, ending yang membuat syok penonton ini sulit diterima karena chemistry mereka begitu kuat, bahkan hingga akhir kejar-kejaran di stasiun layaknya adegan ‘Ada Apa Dengan Cinta’ ketika di bandara. 

Pada akhirnya, film ini bukan hanya bercerita tentang bagaimana jatuh cinta di tahun 90-an, tetapi juga bagaimana mengikhlaskan cinta pertamamu pergi, bukan untuk orang lain, tapi untuk selamanya. 

Gimana, kamu sudah menonton film ’20th Century Girl’, belum? Menurutmu, gimana nih ending dari film-nya? Share di kolom comment, ya!

 

Image : netflix 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment