banner-detik

beauty

5 Manfaat Rumput Laut Bagi Kecantikan yang Wajib Kamu Tahu!

seo-img-article

Bukan hanya memberi manfaat untuk perut supaya kenyang, rumput laut juga beri manfaat untuk kecantikan kulit lho! 

Jika kamu sering makan di restoran Jepang, sudah pasti rumput laut adalah sahabat karibnya. Pada setiap makanan, setidaknya ada sehelai rumput laut yang sudah dikeringkan, maupun rumput laut yang masih basah. Tapi, tahu nggak sih? Ternyata rumput laut memiliki segudang manfaat yang bisa kamu gunakan untuk merawat kulit. 

Rumput laut sendiri memiliki proses bertahan hidup di laut yang membuatnya memiliki banyak vitamin, mineral, asam amino, protein, dan lipid yang padat. Dengan banyaknya kandungan baik, rumput laut jadi bermanfaat untuk kulit dan cocok bagi kamu yang memiliki jenis kulit kering, sensitif, dan rawan jerawat. Nah, berikut adalah beberapa manfaat rumput laut yang wajib kamu ketahui!

Baca juga: ELEMIS Pro-Collagen Overnight Matrix, Krim Malam Mewah yang Bikin Kulit Kenyal!

Mengatur produksi minyak di kulit 

manfaat rumput laut untuk mengontrol produksi minyak

Bagi sebagian orang, memiliki minyak berlebih adalah musuh terbesar. Nah, beberapa jenis rumput laut ini bisa membantu kamu untuk menurunkan produksi minyak di kulit. Selain itu, beberapa rumput laut yang lain bisa membantu mengurangi bakteri yang terlibat dalam pembentukan jerawat. Alhasil, jerawat yang akan timbul bisa diatasi dengan rumput laut. 

Mengurangi munculnya garis halus dan kerutan 

manfaat rumput laut untuk mengurangi garis halus

Memasuki usia 40 tahun ke atas, garis halus dan kerutan akan semakin terlihat jelas. Apalagi, kalau kamu nggak merawatnya sejak dini. Rumput laut jenis laminaria digitata bisa jadi solusi tepat karena memiliki sumber asam amino dan antioksidan alami. Kedua bahan tersebut dapat meningkatkan produksi kolagen untuk menyamarkan tampilan garis halus, serta memberikan penampilan kulit yang lebih kencang dan terlihat segar. 

Baca juga: Jaga Kulit Tetap Cerah dan Glowing, Ini 5 Essence yang Cocok untuk Usia 40-an ke Atas!

Menyembuhkan jerawat, rosacea dan kulit sensitif 

manfaat rumput laut untuk mengatasi jerawat

Pilihan yang tepat jika kamu membeli skincare yang mengandung rumput laut di saat wajah sedang jerawatan! Pasalnya, rumput laut juga bisa menenangkan kulit yang sedang meradang karena jerawat maupun rosacea. Rumput laut juga memiliki sifat anti-inflamasi dan mengandung mineral alami seperti magnesium dan seng. Keduanya dikenal membantu meningkatkan munculnya kemerahan pada kulit sensitif, sehingga bisa melindungi kulit dari kondisi lingkungan yang keras. 

Mencerahkan dan melembapkan kulit

Manfaat lainnya dari rumput laut yaitu bisa mencerahkan kulit. Rumput laut dapat membantu menghilangkan bintik hitam di wajah dengan memengaruhi produksi pigmen. Selain itu, rumput laut juga bisa menjaga pertahanan kulit. Rumput laut dengan bahan yang kaya akan polisakarida, seperti asam alginat ini mampu membantu mengunci kelembapan kulit. 

Baca juga: Mau Kulit Cerah, Jernih, dan Bercahaya Sehat? Coba 5 Serum Lokal Terbaru Ini!

Hempaskan sel kulit mati 

Seperti all in one, rumput laut jenis corallina officinalis memiliki manfaat untuk detoks kulit. Layaknya dieksfoliasi, rumput laut merah yang membentuk kalsium karbonat ini bisa membantu angkat sel kulit mati yang kendur dari permukaan kulit dengan lembut. 

Itulah beberapa manfaat rumput laut yang nggak banyak orang ketahui. Semoga bermanfaat! 

 

Image: freepik.com 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment