banner-detik

celebrity

Jin BTS Putuskan Akan Jalani Wamil Tahun Ini, Ada Janji Spesial untuk ARMY

seo-img-article

Jin BTS mantap akan wamil tahun ini, bagaimana BTS dan ARMY ke depannya?

Di hari Senin siang yang tenang dan masih larut dalam euforia konser ‘Yet to Come in Busan’ 2 hari sebelumnya, tiba-tiba saja ARMY dikejutkan dengan notifikasi Weverse yang nggak terduga. Yup, akhirnya kabar keputusan wamil dari group BTS datang juga. Kurang lebih 3 tahun lamanya, rencana wamil para member BTS menjadi berita yang simpang siur.

Nggak jarang terjadi perbincangan kalau group beranggotakan 7 member ini bisa bebas wamil berkat pencapaian dan sumbangsih mereka terhadap Korea Selatan beberapa tahun terakhir, khususnya di sektor ekonomi dan pariwisata. Namun sampai awal bulan Oktober ini, masih belum ada keputusan yang jelas. Meski begitu, RM, Jin, SUGA, j-hope, Jimin, V, dan Jung Kook selalu mengatakan bahwa mereka siap memenuhi kewajiban negara ini kapan pun waktunya tiba.

Akhirnya hari ini pun tiba. 17 Oktober 2022 akan jadi hari yang selalu diingat ARMY. Inevitable, yet still caught us off-guard. Perasaan campur aduk pun langsung dituangkan lewat berbagai post di media sosial. Mulai dari sedih, lega karena lama digantung dengan ketidakpastian, sampai yang bakat melawaknya keluar sebagai coping mechanism pun bermunculan.

Baca juga: Siap-Siap Kangen, BTS Tetapkan untuk Melaksanakan Wajib Militer

Jin putuskan untuk membatalkan penundaan wamil

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Jin of BTS (@jin)

Sebagai member tertua yang akan menginjak usia 30 tahun di bulan Desember mendatang, sebenarnya Jin masih punya waktu untuk menunda jadwal wajib militer hingga akhir tahun ini. Namun disebutkan di siaran berita stasiun SBS, Jin sendiri yang memutuskan untuk membatalkan penundaan itu.

Rilis project solo sebelum pamit

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Jin of BTS (@jin)

Di ending ment konser ‘Yet to Come in Busan’ Sabtu lalu, Jin mengumumkan bahwa ia akan menyusul j-hope untuk merilis project solo. Melalui surat resmi dari Big Hit Music kemarin, disebutkan juga kalau inisiasi wamil Jin akan dimulai ketika schedule untuk project solonya ini rampung di akhir bulan Oktober mendatang.

ARMY sebenarnya sudah berspekulasi tentang project solo Jin ketika ia terbang ke Amerika Serikat untuk jadwal pribadi pertengahan September lalu. Well, sebentar lagi rasa penasaran kita akan terjawab. Let’s look forward to it!

Kode dari RM di speech The Fact Music Awards

 

‘Kaget’ sebenarnya bukan kata yang tepat buat menggambarkan yang dirasakan ARMY ketika pengumuman tentang wamil ini rilis. Pasalnya ARMY sudah diberi kode duluan oleh sang Leader, RM, tepat seminggu yang lalu. Jadi tentu saja hal ini sudah jadi bahan overthinking beberapa hari terakhir.

Saat menerima penghargaan Daesang di The Fact Music Awards 2022, RM mengatakan “Sebenarnya kami ingin bicara jujur dengan ARMY tentang sesuatu. Banyak hal yang sedang diurus dan kalian akan tahu nggak lama lagi. Tapi ini (di The Fact Music Awards) bukan saat yang tepat. Aku nggak bisa bilang banyak. Sampai ketemu di Busan tanggal 15 Oktober! Terima kasih.”. Di sini, banyak yang menyadari kalau suara RM sempat terdengar seperti menahan tangis.

Janji untuk kembali di tahun 2025

Pastinya butuh waktu untuk memproses kenyataan kalau ARMY akan ‘ditinggal’ selama 2 tahun sama 7 orang yang selama ini sudah jadi support system dalam hidup. Tapi Bangtan berjanji untuk kembali utuh di tahun 2025 ketika semua member sudah menyelesaikan kewajibannya. “Please believe in us and trust us.”, berkali-kali disampaikan RM di konser Busan.

Baca juga: Rayakan 9 Tahun Berkarier, BTS Putuskan untuk Rehat Sejenak

Sambil menunggu tahun 2025 tiba, ARMY akan tetap mendukung project BTS ke depannya, baik sebagai group ataupun solo, kan? Agensi BTS, HYBE, juga sudah menyiapkan stok konten sampai pertengahan tahun 2023 lho.

Before you know it, BTS and ARMY will be together again. Cause our best moment is yet to come.

Images: Instagram @jin, Big Hit Music

Slow Down

Please wait a moment to post another comment