banner-detik

korean corner

Rayakan 9 Tahun Berkarier, BTS Putuskan untuk Rehat Sejenak

seo-img-article

Kabar yang nggak disangka datang dari BTS. ARMY siap-siap buat ‘new chapter’!

Apa kabar ARMY hari ini? Mungkin ada yang masih overthinking, ada yang matanya sembap, atau ada yang sudah bisa melanjutkan aktivitas seperti biasa. Hope, everyone’s coping well setelah tadi malam diterpa kabar mengejutkan yang datang dari BTS. Konten ‘Bangtan Festa Dinner’ yang dinanti tiap tahunnya karena selalu menghadirkan cerita menghibur dari tujuh idola ini justru berakhir dengan deraian air mata.

‘Bangtan Festa Dinner’ merupakan konten yang jadi puncak dari serangkaian perayaan anniversary BTS setiap tahunnya, yang disebut ‘Festa’. Selama 8 tahun terakhir, konten ini berisi ketujuh member yang berkumpul untuk makan-makan dan ngobrol seru sambil menjawab beberapa pertanyaan yang sudah disiapkan staff. Biasanya sambil mengenang kembali perjalanan karier mereka dan juga banyak TMI kocak yang bikin ARMY terhibur. Di tahun ke-9 ini, ‘Bangtan Festa Dinner’ justru jadi konten mengharukan yang tentunya bakal terus diingat. BTS membahas beberapa topik yang berusaha mereka pendam dua tahun belakangan ini dan mengumumkan untuk memulai ‘new chapter‘ dalam perjalanan karier mereka.

Kontrak apartemen dorm yang habis

Bts

At least sejak tahun 2017, ketujuh member BTS diketahui tinggal di satu apartemen bersama yang bisa dilihat dari beberapa konten behind the scenes mereka. Namun di tahun 2019 mulai terdengar berita tentang beberapa member yang beli hunian pribadi di lokasi yang berbeda-beda. Sejak tahun 2020 juga para member terlihat hampir selalu datang ke tempat shooting dengan mobil berbeda, yang membuat para ARMY mengira-ngira kalau mereka sudah nggak tinggal bareng di satu dorm yang sama lagi.

Di ‘Bangtan Festa Dinner’ semalam, mereka semua akhirnya menjawab rasa penasaran ARMY. “Dinner kali ini diadakan di apartemen ini karena kontraknya sudah habis dan nggak akan diperpanjang. Kami juga sudah punya tempat tinggal sendiri. Nggak masuk akal rasanya untuk tetap tinggal bersama lagi di saat kami semua sudah hampir menginjak usia 30 tahun.”, jelas RM. Lalu para member saling bertukar cerita tentang kondisi hunian mereka yang baru. Jungkook ternyata punya 8 matras dan mesin cuci di ruang makannya, Jin menaruh tenda di ruang tamu, sedangkan desain interior apartemen SUGA menuruti selera ayahnya LOL!

Dua tahun yang berat akibat pandemi COVID-19

Setelah cerita-cerita kocak tentang aktivitas mereka akhir-akhir ini, akhirnya suasana mulai serius. RM bercerita tentang betapa beratnya dua tahun terkahir bagi mereka akibat pandemi COVID-19. “Setelah comeback ‘ON’ aku seperti kehilangan arah, nggak tahu harus berbuat apa.” Merilis Dynamite, Butter, dan Permission to Dance, membuatnya sadar kalau ada sesuatu berubah dengan BTS sebagai tim.

BTS memang dikenal hampir selalu terlibat dalam proses produksi karya-karya mereka, terutama soal lirik lagu. Tapi burn out yang mereka hadapi sejak tahun 2020 itu berdampak pada kreativitas mereka juga. Kehilangan ‘rasa’ untuk passion ini tergambar jelas dari lirik lagu ‘Black Swan’.

Rencana world tour besar-besaran yang bertajuk ‘Map of The Soul’ yang terpaksa dibatalkan, penampilan di music show tanpa dukungan langsung dari ARMY di area penonton, benar-benar membuat BTS merasa terpukul dan frustrasi. Though they managed to navigate through it, the heartbreak is still there.

BTS akan hiatus?

Bts

Ini dia berita yang paling mengguncang jagad ARMY. BTS memutuskan untuk rehat sejenak dari aktivitas grup. Maksudnya gimana? Mereka nggak benar-benar ‘hiatus’ tanpa aktivitas sama sekali. Yang dimaksud di sini adalah nggak ada comeback musik baru sebagai OT7. Beberapa project sebagai brand ambassador dan iklan akan tetap berjalan. BTS juga kasih hint kalau variety show kesayangan ARMY, Run BTS!, juga akan kembali lagi.

j-hope berharap bahwa perubahan ini nggak dilihat sebagai hal negatif, melainkan sebagai step baru agar mereka bisa berkembang secara sehat. Jimin dan Jung Kook juga meminta dukungan dari para ARMY agar perjalanan mereka yang selanjutnya berjalan lancar. V yakin kalau 90% dari ARMY akan terus memberi dukungan meskipun member BTS mencoba hal baru.

Baca juga: Ini Pesan Tentang Anti-Diskriminasi Ras Asia dari BTS di Gedung Putih

‘New Chapter’, fokus pada solo project

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by jhope (@uarmyhope)

 

Konsep ‘new chapter’ sering disebut semenjak comeback ‘Yet to Come’, termasuk di lirik lagu dan MV-nya juga. BTS telah menutup bab 1 dalam perjalanan karier mereka dan akan memulai bab baru yang lebih fokus pada solo project. Jika sebelumnya beberapa member telah merilis mixtape sebagai solois, kini mereka akan lebih serius menggarapnya sebagai album solo. Jimin mengaku sudah punya beberapa lagu yang sedang dalam proses penggarapan, begitu pun dengan RM, SUGA, j-hope, V, dan JungKook. Sementara Jin ingin mencoba akting dan albumnya akan menyusul setelah para member yang lain.

Bab baru ini akan dimulai oleh j-hope yang sudah diberitakan akan merilis album solonya bulan depan dan tampil sebagai artis Korea Selatan pertama di festival musik Lollapalooza di Chicago pada akhir Juli mendatang. V juga akan tampil di variety show ‘In The Soop’ bersama gengnya, Wooga Squad.

Kabar wamil

Bts

Ternyata kabar yang nggak disangka-sangka ini nggak berhenti di ‘hiatus’ saja. Pagi ini, media Korea Selatan mengabarkan bahwa member BTS akan mengumumkan rencana wamil minggu depan dalam bentuk video. Jadi untuk info lebih pastinya, kita tunggu dari BTS langsung saja, ya. In the mean time, peluk virtual buat para ARMY!

Baca juga: Ingin Liburan ke Korea Selatan Tahun Ini? Simak 5 Aturan Barunya!

Whew, that was a lot! Rasa kaget, sedih, dan overwhelmed pasti ada setelah mendengar banyak info sekaligus. Sebagai ARMY, yang kita bisa lakukan adalah memberikan dukungan agar bab 2 dalam karier BTS berjalan lancar. Cause the best is yet to come!

Apobangpo!

images: dok. Big Hit Entertainment

Slow Down

Please wait a moment to post another comment