travel

Ingin Liburan ke Korea Selatan Tahun Ini? Simak 5 Aturan Barunya!

seo-img-article

Siapa yang mau liburan ke Korea? Kalau ingin “satu udara” dengan seleb favorit kamu, jangan lupa simak aturan terbaru dari Korea Selatan ya!

 

Akhirnya gerbang untuk turis kembali dibuka oleh Korea Selatan. Setelah melalui masa pandemi yang begitu pelik, kini kita bisa liburan kembali ke negeri kimchi! Yay!

Tapi jangan lupa, ini masih dalam keadaan pandemi, sehingga ada beberapa hal yang wajib kamu perhatikan dan simak baik-baik, supaya perjalanan kamu semakin nyaman. Aturan dan pedoman ini sudah disampaikan secara resmi melalui halaman Korea Tourism Organization. Simak, yuk!

Visa

Sebelumnya, Korea Selatan sempat membuka diri untuk turis bebas visa, namun setelah terjadi pandemi, kesempatan tersebut ditutup untuk upaya pencegahan tersebarnya virus. Kini bagi kamu yang ingin bepergian ke Korea, tetap membutuhkan visa. Kamu bisa menggunakan visa kunjungan singkat (C-3) yang berlaku untuk 90 hari kunjungan. Sementara untuk Multiple Entry berlaku untuk 5 tahun bebas kunjungan dengan masa tinggal 30 hari, atau 10 tahun dengan masa tinggal 90 hari. Untuk saat ini, bebas visa hanya berlaku untuk ke Pulau Jeju mulai 1 Juni 2022, dan Yangyang mulai Oktober 2022.

Baca juga: Bye Insecurity, Nonton 5 Drakor Ini Biar Kamu Makin Pede!

Tes COVID-19

Walaupun bepergian antar kota sudah tak perlu menggunakan tes antigen maupun PCR lagi, tapi untuk mengunjungi negara ini, kamu tetap membutuhkan hasil tes. Salah satu syaratnya untuk ke Korea wajib melakukan tes PCR maupun antigen sebelum keberangkatan. Hasil tes tersebut harus dalam bahasa Korea atau inggris. Lembar hasil tes harus berisikan data lengkap seperti nama, tanggal lahir, metode tes, tanggal tes, hasil tes, tanggal hasil, dan nama dari pusat pengujian.

Setelah tiba di Korea Selatan, kamu diwajibkan tes PCR dalam tiga hari pertama, per 1 Juni 2022. Tes ini bisa dilakukan di Bandara Incheon maupun klinik medis terdekat, dengan biaya sendiri. Selain itu kamu juga direkomendasikan untuk tes di hari keenam atau ketujuh setelah sampai di Korea.

Baca juga: Ini 5 Resto dan Kafe yang Sering Muncul di Drama Korea!

Vaksin

Pastikan juga kamu sudah memenuhi vaksin lengkap, setidaknya dua dosis vaksin telah kamu lakukan. Lebih baik lagi jika kamu telah menerima booster, atau vaksinasi dosis ketiga. Karena, ketika memasuki negara ini melalui Bandara Internasional Incheon, kamu diharuskan mendaftarkan informasi pribadi dan sertifikat vaksin pada halaman Q-Code. Sertifikat harus dalam bahasa Korea atau Inggris.

Baca juga: Hobi Nonton K-Drama? Ini Kuliner Korea Populer yang Bisa Kamu Cicipi Juga di Jakarta!

Karantina

korea

Korea Selatan telah membebaskan karantina untuk turis yang telah divaksinasi penuh dan juga memiliki hasil tes negatif, tanpa harus mengajukan sertifikat pembebasan karantina. Jangan lupa juga untuk mengisi kuesioner kesehatan dan deklarasi catatan perjalanan (kartu embarkasi).

Baca juga: Menangkap Destinasi Terbaik Korea dengan Samsung Galaxy Note 10+

Pedoman pembatasan sosial

korea

Walaupun pandemi sudah sedikit longgar dari biasanya, namun tetap dianjurkan untuk mengenakan masker dimanapun kamu berada, karena di Korea sendiri tetap masih ada COVID-19 yang berkelana. Untuk mencegah penyebarannya, negara ini mewajibkan turis maupun warga untuk mengenakan masker ketika naik transportasi umum, di kafe ketika tidak sedang mengonsumsi makanan atau minuman, dan di tempat wisata dalam ruangan.

korea

korea

Itulah beberapa aturan dan pedoman terbaru per Juni 2022 yang wajib kamu ketahui, kalau kamu mau liburan ke Korsel. Jadi, buat kamu yang mau ketemu bias di acara fanmeeting atau fansign, berkunjung ke tempat-tempat cantik yang ada di K-drama, berburu produk K-beauty, atau wisata kuliner di Seoul, jangan lupa sama aturannya ya!

 

Image : freepik

diaan_acil

diaan_acil

-

Slow Down

Please wait a moment to post another comment