banner-detik

beauty school

Nggak Perlu Ribet, Intip 4 Cara Mereview Produk dengan Baik di Female Daily App!

seo-img-article

Mau mereview produk skincare, makeup, atau body care yang kamu pakai? Jangan lupa catat cara ini supaya kamu bisa menulis review yang baik di Female Daily App!

Review produk jadi salah satu hal yang sangat membantu banyak orang sebelum membeli suatu produk. Apalagi bagi para beauty enthusiast, review produk kecantikan seperti skincare, makeup, dan lainnya bisa bantu mengambil keputusan untuk membeli produk tersebut maupun membandingkan dengan produk lainnya yang sejenis. Makanya, review produk itu penting banget dibaca sebelum kamu membeli produk.

Begitu pun sebaliknya, menulis review yang baik juga harus dilakukan supaya review produk tersebut bisa dipercaya oleh pembacanya. Jangan sampai, review yang kamu tulis nggak sesuai fakta dan dilebih-lebihkan. Nah, sebelum kamu mereview produk di Female Daily App, yuk intip beberapa cara ini agar kamu bisa menulis review dengan baik!

Baca juga: Jangan Disepelekan! Ternyata Gigi Berlubang Bisa Menyebabkan Jerawat, Lho!

Cari produk favorit yang sudah kamu pakai

Tentu kamu sudah pernah mencoba sederet beauty products, kan? Nah, ini dia saatnya kamu mereview produk dan membagikan experience ke para beauty enthusiast di Female Daily App! Pertama, kamu bisa mengunjungi Female Daily App dan klik menu ‘Brand’. Kemudian carilah beauty brand yang akan kamu review produknya. Setelah itu akan muncul sederet produk dari brand tersebut. Salah satu contoh, di sini saya ingin mereview produk cushion dari Guèle Cosmetics shade SANDÈ. Cukup klik huruf ‘G’ pada menu brand, lalu scroll sampai menemukan brand Guèle Cosmetics serta produk Bare Cushion shade SANDÈ.

Berikan rating sesuai penilaianmu

Setelah memilih produk yang akan direview, kamu bisa memberi rating sesuai penilaianmu. Kalau menurutmu produk tersebut sangat bagus dan nggak ada kekurangannya, kamu bisa berikan rating 5. Namun, kalau kamu merasa produk itu bagus tetapi ada sedikit kekurangannya, maka berikanlah rating yang sesuai, ya! Pastikan rating yang kamu berikan juga sesuai dengan pengalamanmu memakai produk, sehingga rating tersebut 100% jujur!

Baca juga: Punya Kulit Kering dan Sensitif? 3 Skincare Ini Wajib Jadi Andalanmu!

Infokan durasi pemakaian dan dimana kamu membelinya

Selain memberikan rating, kamu juga bisa menginformasikan kepada para Female Daily member mengenai durasi pemakaian produknya. Hal ini jadi salah satu yang penting juga, lho. Dari informasi durasi pemakaian bisa terlihat bahwa suatu produk skincare atau yang lainnya akan berpengaruh pada kulit dalam jangka waktu tertentu. Selain durasi pemakaian, cantumkan juga channel pembelian beauty products yang direview. Kamu bisa memilih channel online, offline, atau yang lainnya.

Tulis review sesuai dengan pengalamanmu

Ini dia yang paling penting dalam mereview produk, khususnya beauty products! Untuk menghasilkan sebuah review produk yang baik dan bisa membantu FD member yang lain, kamu bisa mulai dengan membuat kerangka review

Mulailah mereview dari bagian visual

Pertama, kamu bisa mulai mereview pada bagian visual produk terlebih dahulu. Yup, nggak lain dan nggak bukan adalah packaging produknya! Kamu bisa menjelaskan tentang desain packaging, ukuran packaging, dll. Selain itu, informasikan juga apakah packaging produk tersebut travel-friendly atau tidak. Sehingga FD member yang membaca bisa mempertimbangkan untuk membeli produk tersebut dan membawanya ketika hendak bepergian.

Bahas juga tentang aplikatornya

Kedua, kamu bisa membahas tentang aplikatornya. Untuk produk skincare. biasanya ada beberapa jenis aplikator seperti spray, pump, dropper, dan lain-lain. Informasikanlah apakah aplikator tersebut memudahkan penggunaan atau justru sering bermasalah saat mengaplikasikan produk. Sebagai contoh, saya mereview aplikator cushion Guèle yang berbentuk puff. Pada review tersebut, saya membahas kalau puff cushion-nya lembut dan nggak menyerap banyak produk, serta sangat gampang untuk meratakan cushion ke seluruh wajah.

Baca juga: Bikin Bau Mulut Hilang dan Napas Segar, 3 Mouth Spray Ini Bisa Diandalkan

Fungsi dan ingredients produk jangan sampai ketinggalan

Setelah itu, pembahasan tentang fungsi dan ingredients produk juga diperlukan! Kamu bisa mencantumkan beberapa hero ingredients produk tersebut pada review yang kamu tulis di Female Daily App. Jika kamu mereview produk calming serum yang mengandung centella asiatica, kamu bisa menginformasikan bahwa centella asiatica di dalamnya dapat menenangkan kulit, meredakan iritasi, dan mengobati jerawat. Selain itu, tuliskan juga fungsi produk dengan detail agar FD member yang membaca bisa memahami review dengan baik.

Ceritakan experience pemakaian dengan jujur

Ini dia part yang penting dari sebuah review produk. Yup, experience saat memakai produk tersebut! Saat menuliskan pengalamanmu memakai produk, tulislah dengan jujur dan tanpa tekanan. Kamu perlu menulis experience tersebut dengan jujur sesuai apa yang kamu rasakan. Nggak harus selalu bagus, kamu juga bisa mencantumkan nilai minus dari produk tersebut.

Dalam menulis review sesuai experience, mulailah dengan membahas tekstur atau feel-nya di kulit, misalnya ringan dan mudah diratakan, atau terlalu kental dan sulit menyerap. Lalu, jelaskan juga tentang hasilnya di kulitmu. Kemudian, kalau kamu mereview makeup juga bisa membahas tentang finishnya, pemakaian selama beberapa jam, apakah long-lasting atau gampang memudar. Intinya, kamu bisa menuliskan semua review baik dan buruk saat memakai produk tersebut sesuai pengalaman, ya!

Oh iya, saat mereview produk pun kamu nggak perlu menuliskan kembali tentang jenis kulit atau warna kulitmu karena semua sudah tercantum saat kamu mengisi beauty profile di Female Daily App. Simpel banget, kan?

Nah, itu dia beberapa cara yang wajib kamu lakukan supaya bisa menulis review dengan baik di Female Daily App. Ternyata nggak ribet kan untuk mereview produk dengan baik dan sesuai fakta? Kalau kamu sendiri, sudah pernah mereview produk di FD App, belum? Comment di bawah, ya!

 

Image: Dok. Female Daily/Salmanrh, Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment