banner-detik

sponsored post

Ini Dia Rahasianya Agar Makeup Stay Seharian! Fix, Anti Luntur!

seo-img-article

Pernah mengalami makeup luntur saat dipakai? Cobain beberapa trik ini supaya riasan kamu stay seharian dan nggak bolong-bolong!

Pasti nggak sedikit dari kamu yang pernah mengalami makeup luntur atau bahkan bolong-bolong? Hal tersebut pastinya bikin bete dan nggak percaya diri. Selain itu, tampilanmu juga jadi kurang bagus dilihat. Sebenarnya, ada banyak hal yang bisa memengaruhi lunturnya riasan, mulai dari skin prep yang nggak benar, pemilihan sunscreen yang salah, dan masih banyak lagi. Nah, kalau kamu nggak mau makeup-mu luntur seharian, coba ikuti tips berikut!

Baca juga: Bikin Beauty Enthusiast Sedih, Seluruh Produk Rose All Day Habis Terbakar di Gudang Penyimpanan

Lakukan skin prep yang benar

tips makeup awet seharian - melakukan skin prep

Sebelum pakai makeup, pastikan kulitmu siap untuk ditimpa produk berlayer-layer. Dalam tahapan skin prep, kamu perlu memastikan kalau kulit wajah sudah bersih. Setelah itu, jangan lupa pakai skincare yang fungsinya hydrating seperti serum dan moisturizer supaya bikin makeup lebih menempel. Satu hal yang perlu kamu catat, jangan pakai produk-produk skincare yang berpotensi mengelupas ya, kalau nggak mau riasan jadi luntur!

Pilih sunscreen yang tepat sebelum mulai makeup

tips makeup awet seharian - pakai sunscreen

Bagian ini penting banget untuk dilakukan! Memilih sunscreen yang tepat sebelum memulai makeup jadi salah satu kunci untuk bikin riasan nempel seharian dan nggak luntur. Kamu perlu menggunakan sunscreen dengan formula yang ringan, cepat menyerap, dan nggak mudah peeling. Nah, kamu bisa memilih Garnier Bright Complete Vitamin C Super UV Matte SPF 50+ PA+++ untuk digunakan di bawah makeup. Formulanya ringan, nggak lengket, dan nggak terasa greasy di kulit. Jadi, saat ditimpa complexion juga tetap aman.

Nggak cuma itu saja, Garnier Bright Complete Vitamin C Super UV Matte SPF 50+ PA+++ juga nggak bikin kulit kelihatan kusam karena formulanya langsung meresap, tanpa bikin kulit jadi kesat. Satu hal yang paling penting yaitu sunscreen Garnier ini nggak mengelupas saat ditimpa makeup. Seringkali beberapa sunscreen dengan tekstur dan formula tertentu bakal meninggalkan residu dan mengelupas. Alhasil bikin makeup jadi lebih gampang luntur, bahkan bolong.

Selain tekstur dan formulanya yang oke kalau dipakai saat makeup, ingredients-nya juga bagus banget untuk melindungi kulit kamu dari paparan sinar matahari yang bikin kulit kusam dan belang. Ada kandungan vitamin C yang mencerahkan kulit dan memudarkan noda hitam, vitamin E untuk melindungi dari polusi, serta hydra-active agent agar kulit kamu tetap terhidrasi. Plus, SPF nya juga tinggi yaitu SPF 50+ PA+++.

SPF 50 yang terkandung dalam sunscreen ini tentunya jadi keunggulan, dibanding hanya pakai sunscreen dengan SPF 30. Itu semua karena angka SPF yang tinggi seperti SPF 50 dapat memblokir hingga 98% sinar UVB yang ada. Durasi perlindungan yang bisa kamu dapatkan dari SPF 50 pun juga jadi lebih lama, daripada hanya pakai sunscreen dengan tingkat SPF 30. Sehingga, kulit jadi terproteksi secara maksimal sebelum kamu menimpanya dengan makeup.

Baca juga: Sangat Elegan, Tiru Gaya Riasan Taylor Swift di MTV Video Music Awards 2022!

Gunakan complexion yang sesuai jenis kulit

tips makeup awet seharian - pilih complexion

Kalau sudah menyiapkan kulit dengan skin prep dan menggunakan sunscreen yang tepat, saatnya kamu menggunakan complexion! Supaya makeup tetap nempel seharian, pilihlah produk complexion yang sesuai dengan jenis kulitmu. Kalau kamu punya kulit kering, sebaiknya hindari menggunakan complexion yang terlalu matte supaya hasilnya nggak crack. Sebaliknya, kalau kamu punya oily skin, jangan gunakan complexion yang finishnya dewy agar hasil riasan nggak mudah luntur. Sedikit hacks agar makeup tahan lama seharian, kamu bisa set seluruh wajah dengan powder atau menggunakan teknik baking. Hal ini dilakukan supaya makeup kamu terkunci dan nggak buyar.

Baca juga: Legendaris, Ini Dia 6 Brand Kecantikan Lokal yang Sudah Ada Sejak Dulu!

Setting spray nggak boleh ketinggalan

tips makeup awet seharian - gunakan setting spray

Setelah dikunci dengan teknik baking, jangan lupa semprotkan setting spray di akhir step! Fungsi setting spray ini selain bikin makeup terlihat lebih flawless, nggak dempul, dan nggak powdery, sekaligus bikin riasan makin stay in place. Jadi, kalau dipakai seharian juga nggak bergeser. Cara pakainya tentu mudah, semprotkan setting spray favoritmu ke seluruh wajah. Kemudian tunggu sampai menyerap. Nah, sebelum setting spray menyerap dan kering, jangan sentuh wajahmu karena justru bikin makeup jadi bergeser. 

Yup, itulah 4 rahasia supaya makeup awet seharian dan nggak luntur! Ternyata, menggunakan sunscreen yang tepat juga jadi salah satu penentu ketahanan makeup, lho. Kalau menurutmu, step apa nih yang paling penting supaya bikin riasan nggak luntur? Comment di bawah, ya!

Image: Dok. Female Daily, Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment