bath n body

Kenali Perbedaan Teknik Pijat Indonesia, Mulai Javanese, Balinese, hingga Batak!

seo-img-article

Siapa yang hobi pijat? Beristirahat sejenak sambil pijat memang salah satu cara me-time paling menyenangkan. Teknik pijatan ala Indonesia juga wajib kamu banggakan!

 

Sebagai penyuka pijat, saya rutin menikmatinya 1-3 kali dalam sebulan. Ketika ambil cuti walau hanya sehari, saya bisa memakainya hanya untuk tidur dan pijat. Saat berlibur ke Bali, saya juga tipe yang lebih suka menikmati pijat di spa atau reflexology setempat dibanding harus melakukan water sportsApakah kamu juga seperti ini?

Kalau iya, kamu harus lebih mengenali lagi (dan bangga!) dengan teknik pijat ala Indonesia yang tiada duanya. Pernah mencoba Swedish massage, rasanya saya cuma disentuh-sentuh dan ditepuk-tepuk perlahan  saja, karena tekniknya yang sangat gentle. Yang masih lebih mirip dengan teknik pijat Indonesia adalah Thai massage, karena tekanan dan gerakannya yang intens bisa mengurangi segala penat dan keletihan.

Indonesia punya beragam teknik pijat, lho. Ini 3 yang terkenal dan harus kamu tahu!

Baca juga: 3 Body Oil Lokal Ini Bisa Bikin Kulit Tubuh Lebih Lembap dan Glowing!

Javanese Massage

Teknik pijat satu ini adalah berdasarkan prinsip aliran energi, dengan cara teknik menekan dan membelai bagian-bagian tubuh tubuh yang diperlukan. Tekanan berat pada jari-jari tangan terutama ibu jari sangat sering digunakan, dan biasanya pemijatan lebih sering difokuskan di bagian kaki, karena kaki merupakan tumpuan segala aktivitas sehari-hari. Javanese massage sangat baik untuk merelaksasi tubuh yang letih dan mengurangi pegal-pegal pada bagian otot.

Ini adalah salah satu teknik pijat yang paling strong, mirip dengan Thai massage. Cocok nih buat kamu yang sedang banyak aktivitas atau mobilitas tinggi, misalnya event kantor berhari-hari, pameran di kampus, kegiatan outdoor, olahraga berat, mudik lewat jalur darat, dan sebagainya. Untuk kamu yang tidak terbiasa, mungkin akan merasa cukup kesakitan dengan Javanese massage. Jangan ragu bilang pada terapisnya untuk mengurangi tekanannya ya.

Baca juga:  Jago Bikin Kulit Glowing, 3 Serum Bi-Phase Ini Wajib Kamu Coba!

Balinese Massage

Berasal dari Bali, teknik pijat satu ini juga terkenal di mancanegara, sama seperti Javanese massage. Balinese massage memiliki sedikit influence dari beberapa pengobatan tradisional asal Cina, India, dan Asia Tenggara. Tekniknya meliputi acupressure, skin rolling, membelai dengan keras atau lembut, mencubit, dan kadang mengaplikasikan hot stone massage di area punggung.

Salah satu yang paling khas dari Balinese massage adalah penggunaan essential oils untuk efek aromaterapi dan pengalaman me-time yang lebih menyenangkan. Balinese massage merupakan metode yang sangat relaxing, tepat untuk mengistirahatkan pikiran, melemaskan otot-otot yang tegang, menstimulasi lymphatic system, dan melancarkan aliran darah.

Baca juga: Jello Skin, Tren K-Beauty Terbaru di TikTok tentang Kulit Kenyal Terhidrasi!

Batak Massage

Mungkin kamu belum familiar dengan pijat khas Batak, namun Batak massage sangat menarik untuk dicoba dan telah hadir di beragam spa hotel bintang 5 ternama di Indonesia. Biasanya, pijat Batak termasuk dalam rangkaian spa yang disebut ‘Kusuk Batak’, yang berguna untuk merelaksasi tubuh, jiwa, dan pikiran, dengan melancarkan peredaran darah, memperbaiki sel-sel tubuh, mengangat sel kulit mati, dan memperbaiki metabolisme.

Kusuk Batak diawali dengan merendam kaki dengan air jeruk limo, dilanjutkan dengan oukup (proses penguapan tubuh dengan air yang dicampur rempah-rempah seperti jeruk purut, jeruk limo, kunyit, jahe, pala, daun pandan, dan daun sirih). Setelah steam, barulah pemijatan dilakukan. Uniknya, Batak massage tidak diawali dari bagian kaki, melainkan dari kepala, karena menurut adat, kepala adalah bagian tubuh yang paling dihormati. Biasanya, setelah pijat selesai, Kusuk Batak ditutup dengan body scrub dan herbal bath.

 

Nah, itulah ketiga teknik pijat Indonesia dengan ciri khasnya masing-masing. Semuanya menarik dan punya keunggulan tersendiri. Selama ini, kamu pernah mencoba pijat yang mana saja? Share di kolom komentar ya!

 

Image: Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment