lifestyle

3 Tips Hidup Sehat dengan Merapikan dan Membersihkan Rumah!

seo-img-article

Menerapkan hidup sehat pastinya nggak jauh dari hal yang tertata rapi, salah satunya adalah merapikan rumah.

Membersihkan rumah jadi salah satu peran penting dalam meningkatkan gaya hidup sehat kamu. Selain membuat rumah tertata rapi dan nyaman dipandang, juga bisa menghindarkan kamu dari kuman dan bakteri jahat yang bisa membuat penyakit.

Memiliki rumah yang nyaman dan indah, jelas merupakan idaman semua orang. Sebagai tempat tinggal untuk hidup, rumah bukanlah sekadar tempat istirahat saja, tapi juga tempat untuk bekerja, belajar, berkumpul bersama keluarga, dan melakukan me-time. Untuk meningkatkan kualitas hidup yang sehat, berikut adalah beberapa kegiatan bersih-bersih rumah yang bisa kamu lakukan.

Selalu merapikan tempat tidur di pagi hari

Kamar adalah satu-satunya tempat bersandar paling nyaman, namun seringkali kita lupa untuk menjaga kebersihannya. Hal inilah yang menimbulkan kuman maupun bakteri jahat! Bahkan nggak sempat ganti sprei maupun sarung bantal itu bisa menyebabkan jerawat, lho! Tempat tidur yang kotor dan berantakan, nggak cuma menimbulkan jerawat atau alergi, tapi juga bisa menyebabkan mimpi buruk karena kualitas tidur yang nggak nyaman.

Untuk itu, penting banget merapikan tempat tidur di pagi hari. Ganti sprei dan sarung bantal setiap seminggu sekali atau dua minggu sekali. Untuk memaksimalkan kualitas tidurmu di tempat tidur, kamu bisa menggunakan spray khusus dengan aromaterapi atau home and linen spray, yang bisa kamu semprotkan sebelum tidur.

Baca juga: Tips Bikin Rumah Selalu Wangi Seperti Hotel Bintang 5

Bersihkan diri setelah sampai rumah

Siapa yang suka langsung tiduran setelah seharian bekerja di luar? Memang sih, di drama Korea banyak sekali adegan serupa. Namun hal tersebut nggak baik ditiru ya, karena bisa menimbulkan lebih banyak bakteri dan penyakit. Tentunya beraktivitas di luar rumah juga meningkatkan risiko kita terpapar berbagai bakteri, virus, dan debu. Makanya, sangat penting bagi kita untuk segera membersihkan diri dan mandi ketika sampai di rumah setelah berpergian, demi kesehatan diri sendiri dan keluarga.

Baca juga: 8 Kesalahan Memakai Facial Wash yang Sering Sekali Ditemui!

Luangkan satu hari khusus untuk membersihkan rumah

Salah satu hal yang paling menguras tenaga adalah membersihkan rumah. Setuju, nggak? Meski berat, itu tetap harus dilakukan! Apakah kamu salah satu orang yang suka memberi 1001 alasan ke orang tua, ketika diminta untuk bantu membersihkan rumah? Kalau iya, berarti kamu harus mempersiapkan diri sejak dini, karena ketika kamu hidup lepas dari orang tua dan tanpa asisten rumah tangga, kegiatan bersih-bersih sudah pasti ditanggung sendiri. Nggak mungkin lho hidup tanpa bersih-bersih rumah, karena kamu bisa mengundang penyakit!

Meskipun sudah teratur membersihkan rumah, tentunya tetap ada bagian atau area yang sulit kamu jangkau sehingga tidak memungkinkan untuk dibersihkan setiap hari seperti jendela, langit-langit, bagian atas lemari, dan masih banyak lagi. Meski harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk membersihkan tempat-tempat itu, jangan tunda atau lupa melakukannya, ya! Sebaiknya setiap dua minggu sekali kamu meluangkan waktu untuk membersihkan area yang sulit untuk dijangkau agar debu dan bakteri tidak menumpuk.

Baca juga: 5 Tips Bikin Area Dapur dan Ruang Makan Lebih Luas ala IKEA!

Itulah beberapa tips untuk meningkatkan kualitas hidup yang sehat dengan membersihkan rumah. Kira-kira langkahnya sudah sering kamu terapkan belum nih?

Image : freepik.com

    Slow Down

    Please wait a moment to post another comment