ic-fd

Bekerja Sambil Liburan di Eropa? Bisa! Brand Lokal ini Punya Program Workation

industry news
author

annedean・30 Jun 2022

detail-thumb

Setelah dua tahun lebih hidup berdampingan dengan pandemi, pasti nggak jarang kita merasa suntuk karena lama menghabiskan waktu di rumah saja. Rutinitas yang monoton dan kurangnya interaksi dengan orang lain bisa bikin cepat burn out dan kehilangan produktivitas lho. Makanya sesekali pergi berlibur atau sekadar bekerja di luar untuk mencari suasana baru kita butuhkan. A little change of scenery does help!

Sudah sering kan dengar istilah ‘staycation’? Gimana dengan ‘workation’? Diambil dari gabungan kata ‘work’ dan ‘vacation’, workation merupakan konsep bekerja sambil liburan. Tujuannya agar kita bisa merasakan suasana baru ketika bekerja, sekaligus melepas penat sejenak. Jadi sudah naik level nih dari work from home, jadi bisa work from the beach, work from the mountains, dan berbagai destinasi wisata lainnya.

Baca juga: Serius Mendukung Sustainability, AVO Group Punya Kebiasaan Baik di Kantor!

Kalau pergi workation dengan biaya sendiri mungkin sudah biasa, tapi gimana kalau perjalanan liburan sambil bekerja kamu 100% difasilitasi kantor? Hmm, menarik banget kan. Memangnya bisa? Sudah ada lho brand lokal yang membuat program workation ini. 

Selain dikenal dengan program-program sustainability dan aksi merawat alam sekitar, AVO Group yang terdiri dari Avoskin, Lacoco, Looke, Oasea dan Glow Better, juga menganut konsep flexibility working from anywhere

Work From Anywhere berkembang saat krisis harga bensin terjadi di tahun 1970-an sehingga ada penerapan kebijakan bekerja di rumah (WFH). Kebijakan di sini memungkinkan pekerja atau karyawan nggak datang ke kantor hingga waktu yang ditentukan dan datang ke kantor secara berkala. Semakin meningkatnya teknolog,i penerapan kebijakan WFH pun ikut meningkat. Suatu perusahaan kemudian menciptakan kebijakan yaitu WFA atau Work From Anywhere pada tahun 2012. Saat ini kebijakan WFA juga sudah diterapkan di beberapa perusahaan.

Dengan WFA para pekerja mendapatkan fasilitas yang lebih fleksibel, yaitu melalui tempat yang para karyawan sukai dan meningkatkan arti dari work-life balance. Namun WFA sendiri memang dapat mempengaruhi komunikasi, seperti brainstorming dan penyelesaian masalah, dan berbagai bentuk sosialisasi lainnya.

Oxford melakukan penelitian dengan beberapa perusahaan yang telah memberlakukan bekerja jarak jauh, yaitu Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat, atau USPTO (yang memiliki beberapa ribu pekerja WFA); Tata Consultancy Services, atau TCS (perusahaan layanan TI global yang telah mengumumkan rencana untuk 75% remote pada tahun 2025); GitLab (perusahaan jarak jauh terbesar di dunia, dengan 1.300 karyawan); dan MobSquad (perusahaan rintisan Kanada yang mempekerjakan pekerja WFA).

Baca juga: Mencari Kantor yang Punya Kebijakan Pro-perempuan? Ada!

Manfaat dalam menerapkan WFA adalah memungkinkan karyawan untuk memiliki waktu lebih bersama keluarga dan memanjakan diri dengan bepergian. Dari segi finansial bahkan seseorang bisa lebih bisa menikmati hidupnya jauh lebih terjangkau ketika dia melakukan WFA. Bagi industri/organisasi/perusahaan penerapan sistem ini meningkatkan keterlibatan karyawan dalam kepentingan kesuksesan perusahaan karena WFA dapat meningkatkan produktivitas individu.Selain itu, memberlakukan WFA juga dapat membantu mengurangi emisi kendaran yang dapat merusak lingkungan.

Para All Stars, sebutan karyawan AVO, bisa bekerja secara remote dari mana saja dengan mengatur jam sendiri selama tetap 8 jam/hari. Tapi spesialnya, untuk All Stars yang memberikan kontribusi cemerlang, workation ini difasilitasi 100% oleh perusahaan. Yes, workation gratis! 

Program workation ini dimulai AVO Group pada tahun 2019 ke Jepang. Lalu di tahun 2020, 11 All Stars terpilih berangkat ke Turki dan di akhir Februari 2022 silam, beberapa All Stars mengikuti program workation ke Paris, Praha, Cesky Krumlov, Vienna, dan Budapest selama dua minggu. Seru banget kan?

Baca juga: Beauty Sustainability, Gimmick atau Ada Impact Nyata?

Harapannya, program workation ini bisa menghadirkan suasana kerja baru bagi para karyawan sekaligus juga sebagai salah satu bentuk apresiasi atas kerja keras mereka. Berlibur sejenak seperti ini pun bisa meningkatkan produktivitas karyawan lho. Workation ini juga memiliki misi research, baik produk maupun market dan group development. 

Gimana, FOMO banget nggak sih? Semoga ke depannya program workation ini bisa kamu rasakan juga ya.

images: dok. AVO Group