industry news

Serius Mendukung Sustainability, AVO Group Punya Kebiasaan Baik di Kantor!

seo-img-article

Beauty sustainability sudah menjadi topik penting yang perlu disadari oleh setiap individu yang terlibat dalam industri kecantikan. Gimana sih cara simpel untuk memulainya?

 

Kalau membahas sustainability di industri kecantikan, ada banyak sekali hal yang bisa dikedepankan. Kamu nggak harus takut mendengar kata sustainability, karena meski terkesan berat, sebenarnya setiap orang bisa memulainya melalui hal-hal sederhana. Yang terpenting, dilakukan secara terus-menerus dan konsisten, sehingga hasilnya bisa tetap dirasakan dan bermanfaat bagi bumi.

Sebagai konsumen, kita bisa memulai beauty sustainability dengan cara melakukan kebiasaan-kebiasaan baik, seperi mengurangi sampah tisu dan kapas, tidak menggunakan scrub dengan plastic microbeads, membawa kantong kain setiap kali berbelanja, rutin mengumpulkan beauty empties dan mengirimkannya ke penampung sampah untuk didaur ulang, menggunakan kembali jar dan botol yang masih bisa dipakai, membeli kemasan refill, hingga memilih brand yang juga ecofriendly.

Nah, kalau dari brand kecantikannya, apa saja ya yang bisa dilakukan untuk mendukung sustainable living? Ada banyak juga, tentunya! Kabar baiknya, kini sudah cukup banyak brand kecantikan yang punya awarenesstinggi tentang beauty sustainability. AVO Group, salah satu grup perusahaan ternama di industri kecantikan lokal, juga sudah rutin menjalankan gaya hidup sustainable yang bisa dicontoh dan diacungi jempol!

Lihat juga: Anugrah Pakerti: Dirikan Bisnis dari Kosan, AVO Group Besar dari Kekuatan Mimpi

Wajib bawa tumbler

Para All Stars (sebutan untuk karyawan AVO Group) diwajibkan untuk membawa tumbler setiap hari. Jadi, setiap kali mau minum, tinggal mengisi ulang di air minum galon kantor saja, atau beli kopi dengan tumbler masing-masing, sehingga bisa mengurangi sampah plastik. Ada yang sudah melakukan hal serupa? Ini cara paling mudah untuk mendukung gaya hidup ramah lingkungan, lho! Meski terkesan sederhana, tapi kalau semua individu dan kantor melakukannya, maka efeknya bisa sangat baik bagi bumi kita.

Baca juga: 5 Produk Eco-Friendly yang Bisa Bantu Aktvitasmu Sehari-hari!

Punya mesin scanner untuk botol skincare bekas

Mengumpulkan kemasan bekas skincare sudah menjadi budaya di lingkungan para karyawan AVO Group. Serunya, kantor AVO Group juga menyediakan Rebox, yaitu Smart Waste Dropbox yang terintegrasi dengan Rekosistem App untuk pengumpulan sampah kosmetik. Setiap kemasan bekas skincare dan makeup tersebut bisa ditukar dengan poin, yang nantinya jumlah poinnya bisa diubah menjadi e-money seperti Gopay. Seru, kan? Dengan cara ini, setiap orang tentunya jadi lebih semangat dalam mengumpulkan sampah kosmetik!

Gerakan menanam pohon

Kamu tahu kan, kalau hutan dan penghijauan adalah paru-paru bumi? Tanaman-tanaman punya peran esensial bagi kelestarian planet kita, mulai dari mencegah longsor, banjir, dan erosi, hingga menjadi sumber oksigen yang bermanfaat bagi makhluk hidup. Makanya, jika berbincang soal sustainability, tentu menanam pohon tidak bisa dilewatkan. Pada Hari Gerakan Satu Juta Pohon Sedunia, para karyawan AVO Group turut melakukan aksi penghijauan, dengan melakukan penanaman pohon Mangrove di Pantai Samas, Bantul, Yogyakarta.

Baca juga: Merawat Kulit dan Merawat Ekosistem Laut, Brand Lokal OASEA Wajib Kamu Coba!

Sediakan dua jenis tempat sampah

Kamu sering menonton drama Korea dan menemukan pemisahan sampah di lingkungan rumah mereka? Cara ini juga tergolong simpel, namun masih banyak yang enggan melakukannya. Yuk, tiru juga kebiasaan baik ini! Bukan hanya di rumah-rumah, memilah sampah juga sebaiknya mulai dilakukan di kantor-kantor, karena sangat bermanfaat untuk memudahkan proses daur ulang. AVO Group sudah melakukannya, lho! Kantor mereka menyediakan tempat sampah organik dan anorganik, sehingga setiap karyawan jadi lebih terlatih kesadarannya tentang sampah, dan kemudian sampah tersebut bisa diolah sesuai dengan jenisnya.

Nah, itulah dia langkah-langkah yang telah dilakukan oleh AVO Group dalam mendukung sustainable beauty.Selain hal-hal di atas, AVO Group juga sudah membuktikan cinta mereka pada bumi, dengan berbagai cara lainnya, misalnya Lacoco yang fokus pada habitat Bekantan, Looke Cosmetics menggunakan bahan-bahan vegan dan cruelty-free, OASEA mendonasikan sebagian penjualan produk mereka untuk pelestarian hiu tikus di Alor yang bekerjasama dengan NGO Thresher Shark Indonesia, mengganti kemasan Avoskin Miraculous Refining Toner dari botol plastik menjadi kaca, hingga mengganti bubble wrap untuk mengemas produk dengan paper wrap yang lebih ramah lingkungan.

Gimana menurut kamu? Banyak banget kan aksi sayang bumi yang bisa ditiru? Yuk, perlahan-lahan kita sama-sama wujudkan beauty sustainability yang nyata!

 

 

Image: Dok. AVO Group, Freepik

Poppy_Septia

Poppy_Septia

-

Slow Down

Please wait a moment to post another comment