banner-detik

lifestyle

Perkaya Jiwa Seni, 4 Destinasi Pameran Ini Wajib Kamu Kunjungi!

seo-img-article

Bosan ke mall? Ini saatnya tumbuhkan jiwa seni kamu dengan jalan-jalan ‘artsy’!

Setelah pandemi mulai masuk ke tahap new normal, dan semua orang mulai banyak berkegiatan offline. Beberapa pameran pun juga mulai banyak yang diselenggarakan. Cocok buat kamu yang ingin menghabiskan waktu di saat hari libur, maupun ketika ingin refreshing sejenak setelah ujian sekolah. Kamu bisa mengunjungi beberapa tempat artsy ini bersama teman-teman atau orang tersayang kamu.

ROH Project

Salah satu yang lagi happening saat ini adalah pameran tunggal karya Syaiful Aulia Garibaldi yang berjudul ‘tumbuh’. Seperti judulnya, pameran ini memperlihatkan bagaimana serabut akar rumput yang biasanya nggak terlihat, kini dilepas dan dipapar ribuan kali lewat teknik cetak. Kalau kamu melihat langsung ke pamerannya, akan banyak sekali akar-akar dari tumbuhan yang dicetak tunggal, dengan teknik monoprint. Hasil cetakannya kemudian dipindai secara digital. Kemudian hasil digitalnya jadi kunci utama untuk membangun lukisan besar yang ada di tengah dinding.

Pameran ini gratis dan dibuka untuk umum, dari 21 Juni – 31 Juli 2022. Bisa kamu temukan di ROH Project, Jl Surabaya 66, Jakarta. Kalau kamu berkendara menggunakan transportasi umum, bisa berhenti di halte transjakarta Pasar Rumput dan melanjutkan dengan jalan kaki atau naik ojek online.

Baca juga: Seru Dikunjungi Saat Weekend, Intip 5 Destinasi Hits yang Ada di Jakarta!

Taman Ismail Marzuki

Kamu juga bisa mengunjungi pameran buatan Dewan Kesenian Jakarta, bertajuk ‘Cipta! Kapitas Selekta Cikini raya 73’. Pameran ini di gelar di Taman Ismail Marzuki dari 18 Juni – 16 Juli 2022. Dikuratori oleh Adi Nugraha dan Esha Tegar Putra, diharapkan pengunjung bisa melihat gairah seni sejak pertama kali hadir di komplek kesenian Cikini Raya 73.

Karya seni yang ada berupa lukisan dan grafis Dewan Kesenian Jakarta, serta arsip poster berbagai kegiatan yang diselenggarakan di TIM sejak 1960 -1980-an. Jika perjalananmu sudah sampai ujung, kamu bisa menembus pintu dan masuk ke pintu selanjutnya untuk masuk ke Galeri Annex yang berisi mural tulisan bertajuk ‘Transcendence’ karya Mahavisual. Pameran ini gratis, jadi kamu bisa menikmati karya seni tanpa takut kantong bolong.

Museum Nasional

Masih di sekitaran Jakarta Pusat, dari Taman Ismail Marzuki kamu bisa beralih ke Museum Nasional. Bagi kamu yang suka eksplorasi pengalaman imersif kamu, wajib banget mengunjungi ImersifA di Gedung A Museum Nasional. Ruang ImersifA merupakan instalasi permanen video mapping dengan ukuran 12m x 21m. Pada setiap sesi pertunjukan, sajian video mapping berdurasi 30 menit yang diproyeksi dengan sudut 360 derajat, termasuk lantai.

Menampilkan sejarah Indonesia dalam konsep alam, masyarakat, sejarah dan budaya dari masa ke masa. Jadi kamu datang ke sini nggak cuma memperkaya jiwa seni kamu saja, tapi juga menambah wawasan tentang sejarah Indonesia yang barangkali belum kamu pelajari di sekolah. Untuk masuk ke pamerannya, kamu harus melakukan reservasi di website Museum Nasional dulu ya!

Baca juga: Ingin Liburan ke Korea Selatan Tahun Ini? Simak Aturan Barunya!

2 Madison Gallery

Kalau kamu berada di Jakarta Selatan, kamu bisa mengunjungi pameran seni yang ada di 2 Madison Gallery, Promenade20 Building, unit AB. Jl Bangka Raya no. 20, Kemang. Capsule Art Exhibition ini hadir dengan kerjasama dari Art Moment Jakarta. Sekiranya ada 14 seniman yang turut mengisi pameran yang memiliki nuansa modern kontemporer. Untuk masuk ke pamerannya, kamu nggak perlu rogoh kocek berapapun alias gratis! Bahkan buat kamu yang ingin mengunjungi secara virtual juga bisa mengunjungi www.artmoments.com. Pameran ini diselenggarakan sampai 31 Agustus 2022.

 

Itulah beberapa destinasi artsy yang bisa kamu kunjungi. Yuk, perkaya jiwa seni dan tambah wawasan kamu dengan berkunjung ke pameran seni! List di atas juga bisa jadi alternatif tempat menarik untuk dikunjungi saat akhir pekan, selain mall, kafe, dan taman!

 

Image : dok. ROH Project, femaledaily/diaanacil, museum nasional, elmalucyana

Slow Down

Please wait a moment to post another comment