banner-detik

travel

Dari Alam hingga Sudut Kota, Inilah 5 Destinasi yang Wajib Kamu Singgahi di Yogyakarta!

seo-img-article

Bingung mau berlibur kemana saat musim liburan mendatang? Yogyakarta jadi destinasi yang nggak pernah salah!

Memasuki libur semester, kamu sudah tahu belum mau liburan ke mana? Kalau masih mencari pilihan kota yang menarik buat dikunjungi, kamu bisa memilih Yogyakarta sebagai destinasi liburanmu! Nggak cuma nyaman dan banyak wisata kuliner yang bisa dinikmati, Yogyakarta juga terkenal dengan destinasi wisata dengan pemandangan yang memanjakan mata. Mau tahu kan, destinasi apa saja yang bisa kamu datangi?

Baca juga: Simpel dan Travel Friendly, 4 Dry Shampoo Ini Cocok untuk Gen Z dengan Segudang Aktivitas!

Pantai Widodaren

Berlokasi di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai Widodaren patut dimasukkan ke dalam list destinasi yang akan kamu kunjungi! Meski lokasinya cukup jauh dari Kota Yogyakarta, pantai ini bisa dibilang sangat worth to visit, karena pemandangannya yang amat cantik dengan hamparan pasir putih yang indah. Nggak cuma itu saja, kamu juga bisa bisa menikmati keindahan Pantai Widodaren dari tebing. Sehingga, semua pemandangannya bisa dinikmati, mulai dari birunya langit, hijaunya tebing, hingga laut dan hamparan pasir. Tertarik untuk mengunjunginya?

Langlang Buana

Punya sederet spot yang Instagramable, Langlang Buana bakal cocok banget didatangi oleh kamu yang suka berfoto! Berbeda dengan wisata alam yang tersedia di Yogyakarta, Langlang Buana menyuguhkan banyak spot dengan nuansa Eropa. Ada bangunan ala Santorini, Yunani dengan warna putih yang mendominasi, Alpen House yang mirip banget dengan rumah-rumah di sekitar Pegunungan Alpen yang membentang di Eropa, serta banyak spot lainnya yang menarik untuk ditilik! Nah, destinasi yang satu ini bisa kamu temui di Jalan Kaliurang, Yogyakarta.

Baca juga: Libur Semester Tiba! Apa Skincare Remaja yang Wajib Dipakai Saat Liburan?

Tumpeng Menoreh

Pemburu sunrise nggak boleh kelewatan untuk datang ke tempat yang satu ini! Yup, Tumpeng Menoreh yang merupakan sebuah restoran ini terletak di perbukitan Menoreh. Menariknya, restoran ini dinamakan Tumpeng Menoreh karena bentuknya yang unik, yaitu heksagonal seperti tumpeng. Nah, karena lokasinya yang cukup tinggi di daerah perbukitan, kamu bisa banget menikmati sunrise di restoran ini. Selain itu, kamu pun bisa melihat keindahan 3 gunung megah sekaligus di Jawa yaitu Gunung Merapi, Merbabu, dan Sindoro-Sumbing. Seru banget, kan? Untuk lokasinya, Tumpeng Menoreh terletak di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Goa Jomblang

Masih berkaitan dengan alam, tempat wisata ini pas untuk kamu yang punya jiwa adventure! Goa Jomblang yang termasuk goa purba ternyata cukup populer untuk dikunjungi wisatawan, lho. Itu semua karena keindahan alam di dalam goa yang bikin pengunjungnya terpukau. Kamu akan menuruni mulut goa sedalam 15-80 meter dan menemukan banyak tanaman serta ornamen yang menghiasi goa. Nggak cuma itu saja, batu kristal, stalaktit dan stalagmit di dalamnya pun membuat Goa Jomblang tampak semakin indah. Pancaran cahaya yang masuk melalui mulut goa juga terlihat menakjubkan! 

Baca juga: Ingin Liburan ke Korea Selatan Tahun Ini? Simak 5 Aturan Barunya!

Taman Sari

Kalau ingin mengunjungi wisata bersejarah yang berada di pusat Kota Yogyakarta, kamu bisa menjatuhkan pilihan pada Taman Sari! Saat pertama kali masuk, kamu akan disuguhkan dengan sebuah kolam yang dikelilingi benteng dengan desain kuno. Menariknya, dahulu kala kolam tersebut digunakan sebagai tempat mandi para istri Sultan Hamengkubuwono X.

Selain itu, kamu juga bisa melihat gambar-gambar yang menceritakan sejarah para Sultan. Yes, bangunan Taman Sari ini memang merupakan kompleks taman kerjaan yang punya banyak spot bernuansa vintage, seperti lorong bawah tanah, menara, hingga sebuah terowongan. Kalau ke Yogyakarta, nggak lengkap rasanya kalau nggak berkunjung ke Taman Sari!

 

Yup, itulah 5 destinasi wisata yang bisa dikunjungi saat berlibur ke Yogyakarta! Kalau kamu tertarik berkunjung ke Yogyakarta, atau bahkan menjadikan Yogyakarta sebagai tempat tinggal, bisa baca artikel berikut ini.

Nah, destinasi mana saja nih yang sudah kamu jadikan wishlist untuk dikunjungi? Atau kamu punya rekomendasi tempat-tempat menarik lainnya di Yogyakarta? Comment di bawah, ya!

 

Image: Dok. Detik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment