fitnfab

Tips Menjaga Berat Badan Pasca Lebaran Agar Tidak Bertambah Drastis

seo-img-article

Setelah menjalani puasa, rutinitas makan akan lebih banyak dari biasanya. Karena selama satu bulan penuh sudah menahan hawa nafsu supaya nggak makan dari Subuh sampai Maghrib. Apalagi saat Hari Lebaran semua hidangan mengandung santan. Nggak heran kalau kebanyakan orang mengalami pertambahan berat badan setelah Lebaran!

Penyebab bertambahnya berat badan setelah Lebaran ini bisa beragam. Ada yang “balas dendam” jadi makan lebih banyak sejak sarapan hingga makan malam. Ada juga yang masih mengonsumsi Kastengel dan Putri Salju sambil asyik nonton TV. Ada yang belum rajin olahraga lagi, karena selama puasa absen berolahraga. Lantas, hal apa yang harus dilakukan supaya badan nggak membengkak?

Kurangi garam dan gula

Sebuah penelitian mengungkapkan, kalau garam yang berlebihan nggak sehat untuk tubuh. Begitu juga untuk lansia, karena bisa memicu darah tinggi. Untuk itu, kamu bisa mengurangi garam pada menu makananmu setelah Lebaran. Biar nggak hambar, kamu bisa menggantinya dengan rempah-rempah seperti kemangi, rosemary, bubuk ketumbar, merica, cabai, dan lainnya. Untuk penggunaan garam yang lebih sehat, kamu juga bisa menggunakan garam Himalaya.

Selain garam, kamu juga sebaiknya batasi konsumsi gula ya! Seladietma puasa, kamu sudah terbiasa makan yang manis-manis selama berbuka, jadi setelah Lebaran, istirahat dulu deh dari boba, es teh manis, milk tea, martabak manis, cake, cola, sari buah kemasan, dan sebagainya. Nggak hanya cepat bikin gemuk, kandungan gula berlebihan bisa memicu banyak penyakit dalam tubuh, dan juga bikin kulit gampang inflamasi dan berjerawat.

Baca juga: 7 Rekomendasi Skincare Korea untuk Mengatasi Jerawat

Makan sewajarnya

Selepas puasa, pasti rasanya ingin balas dendam dengan semua makanan yang ada di meja. Namun hal itu nggak bikin resolusi diet kamu jadi terwujud di tahun ini. Kuncinya adalah makan sewajarnya. Kalau bisa, justru lebih sedikit dari porsi biasanya yang dimakan. Begitu juga ketika melahap makanan. Coba gunakan teknik lahapan yang lebih kecil, untuk melancarkan pencernaan. Sebab, jika kamu menelan makanan dalam jumlah besar, kamu bisa punya masalah pencernaan! Jadi, ambil makanan dalam piring kecil dulu, setiap suapannya pun sedikit-sedikit saja. Lebih baik mengonsumsi dalam bentuk kecil namun sering, dibandingkan makan langsung banyak, demi menjaga pencernaanmu tetap lancar.

Kurangi konsumsi daging

Ketika Lebaran, banyak menu yang menggunakan daging. Nah, setelah Lebaran, saatnya mengurangi daging dulu, nih. Meski rasanya enak dan memuaskan, pastikan, kamu nggak mengonsumsi daging dalam jumlah banyak karena umumnya daging sulit dicerna, dan memiliki banyak kalori yang bisa menyebabkan bertambahnya berat badan kamu. Triknya, pilih potongan daging yang lebih kecil dan makan bersama sayuran, sehingga kamu jadi nggak fokus menghabiskan daging terlalu banyak dan tetap punya asupan serat yang baik bagi tubuh.

Baca juga: 3 Resep Smoothie untuk Detoks Sehabis Lebaran

Perbanyak konsumsi buah dan sayur

As always, jangan pernah lupakan kehadiran buah dan sayur, karena penting banget untuk menjaga metabolisme tubuh, bisa membantu mengurangi makan makanan berat, sehingga berat badan nggak gampang naik. Kamu bisa perbanyak konsumsi salad buah atau salad sayur setelah Lebaran usai. Kalau lapar di malam hari, kamu bisa mengganti kebiasaan jajan seblak, masak mie instan, atau pesan fast food, dengan makan buah yang ada di rumah. Kamu bisa stok buah apel, pir, dan pisang untuk mengganjal perut di malam hari, supaya nggak makan berat.

Hindari minuman soda

Saat Lebaran rasanya banyak rumah yang menyediakan soda sebagai sajian untuk tamu atau keluarga. Rasanya memang segar, setelah makan opor dilanjut minum soda sambil ngemil Kastengel. Namun, kamu harus tahu kalau minuman soda cukup berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi terlalu sering. Nggak hanya kandungan gulanya yang sangat tinggi, kandungan soda juga bisa bikin kamu jadi bloated. Sebagai gantinya, kamu bisa minum minuman lain yang lebih menyegarkan, seperti infused water, atau air kelapa. Kamu juga bisa bikin es buah atau jus buah sendiri supaya lebih segar!

Baca juga: 5 Resep Sarapan Sehat yang Anti-Ribet untuk Membantu Mengurangi Berat Badan!

Selain beberapa tips di atas, pastinya kamu juga harus menjaga tubuh dengan olahraga supaya nggak kehilangan kontrol ketika makan banyak. Kurangi makan-makanan yang bisa memicu bertambahnya berat badan, dan rajin minum air mineral setiap harinya. Selamat mencoba!

 

Image : Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment