banner-detik

fitnfab

Ini 5 Tips Turun Berat Badan Selama Puasa yang Bisa Kamu Coba!

seo-img-article

Masih ada dua minggu lagi menuju lebaran, masih ada kesempatan untuk kamu yang ingin turun berat badan dengan sehat. Cek tipsnya!

Banyak orang yang menggunakan momen puasa Ramadan sebagai ‘booster’ untuk diet menurunkan berat badan. Meski kelihatannya porsi makanan yang masuk lebih sedikit dibandingkan hari-hari normal karena hanya makan dua kali sehari, sebenarnya bisa jadi jumlah kalorinya malah lebih tinggi dan bikin diet jadi gagal.

Nah, kalau kamu masih punya target untuk turun berat badan saat lebaran nanti, bisa coba lima tips berikut.

Baca juga: Hindari 4 Makanan ini Saat Sahur Agar Puasa Anti Lapar!

Kurangi konsumsi gula dan olahan tepung

Setuju kan kalau godaan terbesar saat puasa adalah berbuka dengan minuman manis dan olahan tepung, seperti gorengan, bakmi, bakso, dan lain sebagainya? Nah, sebenarnya dua jenis makanan ini lah yang bikin diet kamu saat puasa jadi nggak berhasil.

Konsumsi gula berlebih saat sahur maupun buka puasa bisa mengakibatkan blood sugar spike dan membuat pankreas bekerja ekstra untuk memproduksi insulin. Ketika insulin tinggi, proses pembakaran lemak justru jadi melambat, sehinggu berat badanmu nggak kunjung turun.

Bagaimana dengan olahan tepung? Umumnya olahan tepung digoreng dengan teknik deep fried atau memiliki indeks glikemik tinggi, seperti mie dan pasta. Makanan dengan indeks glikemik tinggi berpotensi mengikat lemak di tubuh. Selain berat badan jadi susah turun, sering kali kamu akan mengalami bloated di wajah dan area abdomen.

Pilih real food

Kunci dari turun berat badan adalah defisit kalori. Nah, dengan mengonsumsi real food dibandingkan processed food, nutrisi yang masuk ke tubuh kita lebih baik dan ‘jelas’. Mengapa? Di dalam processed food banyak kandungan kalori, lemak, bahkan gula dan garam tambahan yang kadang bersembunyi.

Jenis makanan yang dimaksud real food adalah buah, sayur, daging, telur, ikan, kacang-kacangan, dan whole grain. Ketika kamu mengonsumsi real food, nutrisi yang baik juga bisa mencegah kecenderungan overeating.

Baca juga: Ini Dia 4 Suplemen Untuk Jaga Daya Tahan Tubuh Selama Puasa!

Utamakan minum air

minum air cukup turun berat badan

Es buah dan teman-temannya memang menyegarkan banget ya untuk jadi pelengkap momen Ramadan. Sayangnya, sering kali minuman ini memiliki kandungan gula yang tinggi. Meski sah-sah saja dikonsumsi sesekali, jangan lupa untuk selalu utamakan minum air yang cukup.

Selain tentunya untuk mengembalikan hidrasi, minum air dengan jumlah yang sesuai kebutuhan harian bisa membantu boost metabolisme tubuh yang berperan penting dalam proses penurunan berat badan.

Olahraga ringan

turun berat badan saat puasa

Nah, kalau kamu merasa masih ada energi, bisa juga sempatkan olahraga ringan sesaat sebelum berbuka puasa. Strength training baik dengan alat maupun dengan bodyweight, seperti yoga dan pilates, bisa kamu pilih karena bisa membantu mengurangi lemak di tubuh. Selain itu, jika dibandingkan dengan olahraga kardio, strength training juga nggak terlalu cepat bikin haus.

But then again, selalu dengarkan tubuh dan jangan memaksakan untuk olahraga saat berpuasa jika nggak kuat, ya.

Tidur yang cukup

tidur cukup turun berat badan

Last, but definitely not least: tidur yang cukup. Memang sih mengatur jadwal tidur di bulan puasa itu susah-susah gampang, tapi penting lho untuk dilakukan kalau target kamu adalah menurunkan berat badan. Saking pentingnya, bahkan banyak sumber yang mengatakan kalau kurang tidur bisa merusak seluruh usahamu untuk diet.

Ini disebabkan saat kita kurang tidur tingkat oxidative stress di tubuh bisa meningkat dan menyebabkan disregulasi metabolisme. Selain itu, kalau kamu sadari, terjaga lebih lama juga bisa bikin cravings di tengah malam jadi meningkat, kan?

Baca juga: 5 Rekomendasi Food Hampers Lebaran yang Super Yummy!

Sebenarnya lima tips ini nggak terlalu susah untuk dilakukan, ya? Hanya saja memang banyak godaannya hehehe. Kalau kamu punya tips ampuh lainnya, share di kolom komen, ya!

Good luck!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment