banner-detik

uncategorized

Suka Susah Tidur? Ini 5 Tips untuk Memperbaiki Pola Tidur yang Tidak Teratur!

seo-img-article

Menjaga pola tidur yang teratur dapat bikin kesehatan tubuh menjadi optimal. Suka susah tidur? Ikuti tips ini agar pola tidur semakin sehat!

Tidak hanya dari makanan atau olahraga saja, namun kebiasaan dalam tidur bisa mempengaruhi kesehatan fisik dan mental lho. Menjaga pola tidur yang berkualitas adahal hal yang tidak bisa diremehkan. Apalagi kalau diterapkan dalam jangka panjang, efeknya bisa merugikan kesehatan, dari sulit konsentrasi, melemahkan sistem imun, sampai menaikkan risiko penyakit kronis. Apakah kamu termasuk yang sering begadang? Coba deh, evaluasi ulang pola jam tidurmu. Ini beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar pola tidur lebih sehat dan teratur!

Baca juga: 5 Suplemen untuk Jaga Kesehatan Perempuan, dari Kulit Sampai Tulang!

Perhatikan jam makan

Tanpa disadari, jam makan dapat mempengaruhi pola dan kualitas tidur kamu. Sebisa mungkin jangan tidur dalam kondisi lapar atau terlalu kenyang, dan hindari terlambat makan malam karena dapat menunda jam tidur. Oleh karena itu, direkomendasikan untuk makan makanan terakhirmu dua sampai tiga jam sebelum waktu tidur. Hindari juga konsumsi kafein, nikotin, ataupun alkohol ya, karena efek stimulasinya dapat menggangu tidur!

Suasana ruangan yang nyaman

Memperbaiki pola tidur tentu bisa dibantu dengan suasana ruangan yang nyaman dan mendukung. Buatlah ruangan tidurmu senyaman mungkin, dengan suhu yang pas, suasana tenang, dan yang paling penting, membatasi cahaya. Saat terkena cahaya, otak kita berhenti memproduksi melatonin — hormon tidur, alhasil kamu menjadi semakin ‘melek’ dan sadar. Sebaliknya, nuansa gelap akan memproduksi melatonin yang membuat kamu lebih mengantuk. Jadi sebaiknya juga batasi pemakain gadget sebelum jam tidur, ya.

Latihan relaksasi

Tidak dapat dipungkiri bahwa stres juga mengakibatkan banyak orang menjadi susah tidur.Saat kamu stres, tubuh memproduksi banyak kortisol — hormon stres, yang mengakibatkan susah tidur.  Oleh karena itu, ada baiknya kamu berlatih relaksasi untuk melepaskan rasa stres atau gelisah. Sebelum tidur kamu bisa coba membuat rutinitas yang menenangkan, seperti meditasi, stretching, yoga, journaling, atau latihan pernapasan.

Baca juga: Lelah Kerja Seharian? Manjakan Diri di Rumah dengan 4 Produk Self-treatment Ini!

Batasi tidur siang

Kalau pola tidurmu sedang berantakan, ada baiknya kamu hindari atau membatasi tidur siang. Walaupun memang terdengar nyaman, tidur siang dapat membuat susah tidur pada malam hari. Kalau memang memutuskan untuk tidur siang, sebaiknya kamu hanya tidur selama maksimal 30 menit, dan hindari tidur siang terlalu sore agar tidak menganggu pola tidur malam.

Buat pola tidur yang konsisten

Tips-tips sebelumnya akan sia-sia kalau tidak dilakukan secara konsisten. Meski terdengar simpel, namun eksekusinya mungkin tidak semudah itu. Durasi tidur yang sehat untuk orang dewasa yang direkomendasikan adalah minimal 7 jam. Coba tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya, dan coba untuk membatasi perbedaan jam tidur saat weekday dan weekend tidak lebih dari satu jam. Pola yang konsisten dapat membiasakan tubuh terhadap siklus jam tidurmu, sehingga pada akhirnya akan membuat tubuh lebih sehat karena pola tidur yang teratur.

Baca juga: Banyak Tantangan dan Kesulitan Mengatur Waktu sebagai Working Mom? Ini Tipsnya!

Itu dia 5 tips yang bisa kamu coba untuk memperbaiki pola tidur yang tidak teratur. Semoga bermanfaat, ya!

Image : Freepik.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment