banner-detik

beautiful people

Nggak Takut Menghadapi Penuaan, Ini yang Wanda Ponika Lakukan! | Skin Goals Over 40

seo-img-article

Aging memang nggak bisa dihindari, tetapi kita bisa menua dengan lebih baik!

Kalau membicarakan penuaan, pasti semua orang akan mengalaminya. Nggak dipungkiri, semakin bertambahnya usia, tanda-tanda penuaan juga perlahan muncul. Eitss, tapi kamu nggak perlu takut dan menghindarinya, justru kamu perlu mempersiapkan dengan baik. Seperti Wanda Ponika, sosok perempuan berusia 45 tahun yang masih sangat aktif ini membagikan sederet pengalaman dan tips supaya bisa mencapai aging gracefully dan menjadi versi terbaik di usia saat ini. Penasaran kan, bagaimana obrolan saya dengan Wanda Ponika? Yuk, simak artikelnya!

Bagaimana definisi aging menurut seorang Wanda Ponika?

Penuaan itu adalah hal yang pasti terjadi pada semua orang, dan sesuatu yang nggak bisa dilawan atau dihindari. Jadi, nggak perlu dibenci atau ditakuti. Tapi, kita harus tahu bagaimana caranya supaya kita bisa tampil yang terbaik sesuai dengan usia kita.

Perubahan apa yang paling dirasakan saat ini pada berbagai aspek, dibandingkan dulu?

Perubahan yang terjadi pastinya ada, terutama sagging dan kerutan adalah hal yang pertama aku rasakan. Sebenarnya aku tuh pakai skincare termasuk very early, tapi memang saat masuk umur 42 tahun, aku baru benar-benar menggunakan skincare dengan high dose. Selain itu, saat memasuki umur 40 awal itu belum terlalu terasa berubah, tetapi di umur 42 baru terasa tanda-tanda aging-nya, misalnya kulit jadi lebih kering. 

Selain tentang kulit, kehidupan aku juga berubah karena aku ingin spending time yang berkualitas bareng orang-orang yang aku suka, membahas hal yang aku suka, menikmati makanan yang enak. Jadi, aku fokus untuk menjalani hidup dengan prinsip quality over quantity.

Adakah hal-hal yang selalu dilakukan dari dulu hingga saat ini, untuk bikin tampilan menua lebih baik?

Kalau pola hidup, dari dulu yang selalu aku lakukan adalah makan sayur dan buah lebih sering dibandingkan makanan manis, karena aku memang bukan penggemar makanan manis. Jadi, memang lebih sering makan buah dan sayur, bahkan sehari bisa sampai 3x. Meskipun aku bukan tipe orang yang berdiet, aku juga nggak terlalu bebas makan ini dan itu. Olahraga juga selalu aku lakukan meskipun tidak setiap hari.

Baca juga: Bingung Memilih Olahraga yang Aman untuk Usia 40-an? Ini Sederet Pilihannya!

Apakah skincare yang saat ini digunakan berpengaruh untuk menjadikan kulit tampil lebih youthful? Apa saja produk andalannya?

Skincare yang dipakai bisa berpengaruh kalau dipakai secara teratur dan konsisten, kalau hanya dipakai sesekali saja pasti nggak memberikan efek. Untuk skincare, kalau ada budget untuk beli yang premium silakan. Tapi, kalau nggak ada budget, maka belilah yang sesuai kemampuan kita. Hal yang terpenting itu bukan harga skincare-nya, tetapi apakah dipakai secara rutin atau nggak. Skincare yang jadi andalanku itu ada sabun cuci muka, toner, serum, moisturizer, dan kalau pagi hari wajib pakai sunscreen. Itu skincare basic yang nggak bisa ditawar.

Persepsi salah apa yang seringkali kamu dengar saat orang membicarakan soal pertambahan usia?

Paling sering mendengar anggapan, “kalau usia bertambah, banyak hal yang terbatas dan nggak bisa dilakukan.”. Itu salah menurut aku, karena walau bertambah usia, hal-hal yang bisa dilakukan itu masih banyak, jadi jangan membatasi diri. Misalnya dalam fashion, aku masih sering menggunakan style seperti anak muda yang pakai hoodie, short, dll. Aku pun sebenarnya nggak suka dengan statement menolak tua, aku lebih setuju dengan konsep aging gracefully, kita tetap bisa tampil terbaik sesuai dengan usia kita dan gaya personal kita.

Baca juga: Sudah Masuk Usia 40-an? Inilah Treatment yang Bisa Kamu Coba!

Bagaimana caramu untuk tetap mencintai diri sendiri saat ini?

Aku termasuk orang yang suka makeup dan terbiasa dengan wajah yang bermakeup, dan nggak berani untuk menunjukkan bare face. Tapi saat pandemi, akhirnya aku berani memperlihatkan bare face di Instagram, bahkan aku juga melakukan IG Live. Aku sadar ternyata bare face juga nggak seburuk itu, dan aku mau menyampaikan pesan kalau kita semua tuh sama. Ada yang punya wrinkles, melasma, dan lainnya. Jadi, mencintai diri sendiri tuh berarti menerima apa yang kita punya dengan ketidaksempurnaan. 

Adakah pesan yang mau kamu sampaikan untuk banyak orang yang nantinya akan menghadapi penuaan?

Pasti semua orang akan menghadapi penuaan, jadi harus berdamai dengan keadaan, karena hal itu nggak bisa ditolak. Kedua, karena sudah tahu akan menghadapi penuaan, maka harus mempersiapkan diri. Bisa mulai menggunakan skincare lebih rajin, treatment secara rutin, dan pastikan konsisten melakukan hal itu. Jadi jangan menolak tua, tetapi berusaha merawat diri supaya bisa tampil terbaik di usia saat ini.

 

 

Nah, itulah bincang-bincang dengan sosok sosialita, pengusaha, dan desainer perhiasan, Wanda Ponika. Menarik ya, pandangannya mengenai penuaan? Jadi, jangan fokus untuk menolak tua terus-menerus, tetapi lebih baik mempersiapkannya., agar bisa aging gracefully.

Gimana nih, kamu sudah mulai menerapkan hal-hal kecil supaya nantinya bisa menua lebih baik, belum? Ceritain pengalamanmu di kolom comment ya!

 

Image: Instagram @wandaponika

Slow Down

Please wait a moment to post another comment