lifestyle

Wajib Tahu! Ini Dia Penyebab Penuaan Dini yang Perlu Kamu Kenali!

seo-img-article

Hal-hal yang sering ditemui sehari-hari ternyata bisa menyebabkan penuaan dini lho. Ada apa saja ya?

Penuaan pasti terjadi pada semua orang, saat waktunya tiba. Tapi, penuaan juga bisa terjadi lebih cepat kalau ada faktor yang mempengaruhi. Penuaan dini bisa terjadi karena lifestyle yang buruk, mengonsumsi makanan yang nggak sehat, dan masih banyak lagi. Eitss, kamu juga perlu tahu kalau ada beberapa penyebab penuaan dini yang sering ditemui sehari-hari. Jadi, kamu wajib tahu ya beberapa penyebab berikut!

Paparan sinar matahari

Meksipun punya manfaat yang baik buat kesehatan tubuh, sinar matahari juga memancarkan sinar UVA dan UVB yang nggak baik untuk kulit lho! Selain bikin kulit wajah jadi terbakar, sinar UVA dan UVB bisa memicu terjadinya penuaan dini. Yup, itu semua karena sinar UVA dan UVB bisa menembus banyak benda-benda, bahkan menembus sampai bagian kulit terdalam. Akibatnya, bisa merusak jaringan kulit yang menyebabkan kulit jadi kendur ataupun keriput. Bukan cuma itu saja, sinar UVA dan UVB juga bisa menimbulkan flek hitam di kulit kamu. Jadi, jangan lupa untuk pakai sunscreen ya!

Baca juga: Jangan Kebanyakan Konsumsi Makanan dan Minuman Ini Supaya Kulit Menua dengan Baik

Pancaran blue light

Sudah tahu belum, kalau gadget yang setiap hari kamu pakai memancarkan blue light yang bisa kasih efek buruk ke kulit? Yup, itu semua karena blue light dapat terserap ke kulit dan menghasilkan radikal bebas yang bisa merusak sel yang sehat serta mengganggu kolagen yang ada. Alhasil, sel kulit mengalami oxidative stress dan terjadilah tanda-tanda penuaan dini, mulai dari munculnya fine lines, wrinkles, dark spots, dan masih banyak lagi. Salah satu langkah yang bisa kamu lakukan, yaitu selalu pakai sunscreen meskipun cuma di rumah saja!

Stres

Pernah dengar kalimat “Jangan stres terus, nanti cepat tua!” nggak? Yes, stres memang bisa jadi salah satu faktor penyebab penuaan dini. Diawali dengan munculnya stres, pola tidur kamu bisa terganggu dan timbul radikal bebas di dalam tubuh yang bikin kulit jadi lebih kusam dan muncul wrinkles. Selain itu, stres juga bisa meningkatkan zat peradangan dalam tubuh yang berpotensi mengganggu produksi kolagen. Akibatnya, kelembapan kulit menurun, kulit jadi lebih kendur, dan terjadi berbagai tanda penuaan lainnya deh.

Baca juga: Jaga Kulit Tetap Lembap dan Segar, Ini Sederet Pilihan Serum untuk Usia 50-an!

Merokok

Nggak cuma berbahaya bagi kesehatan tubuh, rokok juga bisa menyebabkan penuaan dini lho! Berdasarkan penelitian dari University of Alabama di Birmingham Medicine, penuaan yang terjadi akibat merokok dimulai dari munculnya kerutan. Itu semua karena kandungan nikotin pada rokok merupakan vasokonstriktor yang bisa menurunkan aliran darah ke kulit. Hasilnya apa? Hasilnya, oksigen dan nutrisi untuk kulit bisa hilang dan mempengaruhi proses regenerasi kulit, yang menyebabkan penuaan datang lebih cepat. Keseringan merokok juga bikin kulit terlihat lebih kusam, kelopak mata jadi kendur, dan banyak garis-garis halus di sekitar bibir. Jadi, kalau kamu merokok, jangan heran kalau kulit wajah banyak kerutan padahal kamu masih berusia 20-an.

 

 

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan penuaan dini. Gimana, sudah menyiapkan langkah-langkah untuk memperlambat tanda-tanda penuaan, belum? Share di kolom ya!

 

Image: Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment