banner-detik

fitnfab

Jangan Kebanyakan Konsumsi Makanan dan Minuman Ini Supaya Kulit Menua dengan Baik

seo-img-article

Kalau kamu masih sering asal-asalan konsumi makanan dan minuman, coba cek apakah makanan dan minuman tersebut bisa memicu proses penuaan dini?

Mengonsumsi makanan dan minuman yang kamu sukai pasti jadi hal yang menyenangkan, bahkan bisa bikin mood naik. Tapi, pernah kepikiran nggak sih kalau makanan dan minuman yang kamu sukai bisa jadi punya efek buruk untuk kesehatan tubuh, bahkan penuaan dini? Jangan hanya karena rasanya enak, kamu jadi mengabaikan efek buruknya. Nah, mulai sekarang kamu perlu lebih hati-hati dalam memilih makanan dan minuman, serta jangan sampai kebanyakan konsumsi makanan dan minuman berikut. Psstt, soalnya bisa memicu penuaan dini lho!

Makanan manis

Kamu salah satu pencinta makanan manis, alias sweet tooth? Sebaiknya, jangan terlalu berlebihan mengonsumsi makanan manis ya! Bukan cuma punya efek buruk bagi kesehatan tubuh seperti memicu diabetes, obesitas, dan lainnya, tetapi juga bisa memicu terjadinya penuaan dini. Makanan manis yang terlalu banyak kamu konsumsi bisa menyebabkan molekul gula yang berlebih dan bergabung dengan protein, lalu menghasilkan molekul yang biasa disebut Advanced Glycation End-products (AGEs). Yup, molekul AGEs tersebut bisa merusak kolagen di kulit, alhasil kulit kamu jadi rentan kendur, muncul wrinkles, dan bahkan tanda-tanda penuaan lainnya. 

Baca juga: Anti-Aging Set Wajib Punya Mulai dari Drugstore sampai High-End!

Minuman bersoda

penuaan dini

Meskipun terasa segar saat diminum, minuman bersoda juga bisa menyebabkan penuaan dini. Itu semua karena minuman bersoda jadi salah satu faktor penyebab memendeknya telomer yang ada di dalam tubuh. Telomer berfungsi untuk melindungi DNA dalam tubuh dan akan terus memendek saat sel membelah. Meskipun panjangnya telomer dipengaruhi oleh usia, tapi kalau seseorang punya lifestyle yang otomatis telomer akan jadi lebih pendek meski usianya belum bisa disebut tua. Berdasarkan penelitian UCSF, orang yang mengonsumsi minuman bersoda setiap hari ternyata memiliki telomer yang lebih pendek, dan berpengaruh pada kulit sehingga tampak lebih tua dibanding umur yang seharusnya.

Fast food

penuaan dini

Kalau makanan yang satu ini, favorit kamu bukan? Meskipun nggak semua fast food mengandung gizi yang rendah, tapi nggak sedikit fast food yang menyediakan makanan dengan gizi rendah, tinggi kalori, mengandung zat aditif, dan lainnya. Dengan begitu, fast food bisa memperlambat regenerasi kulit yang jadi salah satu penyebab penuaan dini. Bukan cuma itu saja, kandungan fast food yang didominasi lemak, gula, dan garam yang tinggi bisa meningkatkan radikal bebas dalam tubuh. Kulit kamu juga bisa jadi korbannya, mulai dari muncul flek hitam, kerutan, dan masih banyak lagi. Jadi, jangan keseringan konsumsi fast food ya!

Baca juga: Mau Awet Muda? Gunakan 4 Ingredients Anti-Aging Ini Sejak Awal Usia 20-an!

Minuman alkohol

penuaan dini

Sebelum kecanduan dengan minuman alkohol dan berakibat buruk pada tubuh, sebaiknya jangan kebanyakan mengonsumsi minuman ini! Yup, efek yang dirasakan setelah mengonsumsi alkohol memang tergantung juga dari kadar alkohol yang diminum. Namun, minuman alkohol bukan hanya buruk untuk tubuh, tetapi juga kulit.

Minuman alkohol ternyata dapat mengurangi kadar Vitamin A dalam tubuh. Padahal Vitamin A adalah antioksidan yang kuat dan punya peranan penting dalam memproduksi kolagen. Jadi, kalau keseringan mengonsumsi alkohol bisa menyebabkan penuaan dini, seperti elastisitas kulit yang berkurang, dll. Plus, alkohol juga bisa bikin gangguan irama jantung. Serem banget kan?

Itulah makanan dan minuman yang bisa memicu penuaan dini. Mulai sekarang, kamu perlu mengurangi konsumsi makanan dan minuman tersebut, demi kesehatan kulit dan tubuh di masa depan! 

Nah, ada makanan atau minuman favorit kamu nggak nih diantara keempatnya, yang harus mulai dikurangi? Comment di bawah ya!

 

Image: Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment