entertainment 2

Yuk, Belajar Budaya Korea Lewat 5 Tontonan Seru Ini!

seo-img-article

Saat nonton drakor maupun film Korea, kita nggak hanya bisa menikmati wajah tampan sang aktornya saja lho, tapi juga bisa sambil belajar budaya Korea!

Penggemar tontonan Korea semakin bertambah saja sekitar dua tahun belakangan ini, sesuai dengan usia pandemi di Indonesia. Selain makin banyak yang menggali hobi di dunia musik K-pop, banyak juga yang menghabiskan waktunya di rumah bersama drama Korea. Walaupun drakor sendiri sudah banyak dibahas sejak lama, namun semakin mendunia karena banyak pula influencer dan public figure yang turut membicarakannya.

Kini nonton drakor pun bisa di mana saja, bahkan banyak pilihan genre-nya yang bisa dinikmati. Walaupun beberapa kisahnya terkesan klise dan umum, namun ada banyak juga drama yang bisa kamu tonton sambil pelajari budaya Korea lho! Berikut adalah beberapa rekomendasi drakor dari tutor lokal Zenius Live: Learn! KOREAN with BTS, Mutia Prita.

The King’s Letter

Film tahun 2019 ini menceritakan tentang Raja Sejeong diperankan oleh Song Kang Ho, yang berjuang untuk menciptakan sebuah alfabet asli Korea. Dalam sejarah Korea, Raja Sejeong begitu populer karena jasanya yang luar biasa dalam menciptakan Hangul, di mana alfabet asli Korea tersebut menggantikan Hanja.

Dalam film ini, diceritakan pula betapa beratnya usaha Raja Sejeong untuk menciptakan Hangul. Usaha tersebut kerap kali menemui berbagai halangan seperti pertentangan dengan beberapa pejabat istana, dan lainnya. Namun, pada akhirnya Raja Sejeong berhasil memperkenalkan 28 abjad baru agar seluruh rakyat Korea dapat membaca dan menulis dengan mudah.

Baca juga: Contek Gaya Makeup Song Ji A, Influencer Korea Sekaligus Bintang Single’s Inferno!

Mr. Sunshine

Drama yang sempat banyak diperbincangkan ini, diperankan oleh Lee Byung Hyun (Eugene Choi), Kim Tae Ri (Go Ae Shin), Yoo Yeon Seok (Gu Dong Mae), dan masih banyak lagi. Drama ini bercerita tentang kisah seorang anak dari keluarga budak bernama Eugene Choi. Setelah melihat kedua orang tuanya dibunuh di depan mata, ia kabur ke Amerika dengan membawa dendam, setelah kembali dari Amerika ia bertuga di Korea sebagai tentara dan bertemu dengan Go Ae Shin, yang berasal dari keluarga terpandang di Joseon.

Mengetahui rahasia Go Ae Shin sebagai pasukan rahasia, Eugene berteman baik hingga jatuh cinta. Walaupun cukup banyak mengangkat kisah cinta, namun kamu bisa menemukan sejarah perjuangan rakyat Korea melawah Jepang yang jadi latar belakang drama ini. Drama ini juga berdasarkan kisah nyata, lho.

Baca juga: Mencuri Perhatian, Berikut Fakta Aktor Choi Woo Shik, Bintang Our Beloved Summer yang Harus Kamu Tahu!

SKY Castle

Kalau drama modern ini rasanya banyak yang sudah tahu dan nonton, karena pemainnya memiliki visual yang beragam dan sangat menarik. Drama ini mengisahkan tentang sekelompok orang tua yang tinggal di komplek elit bernama SKY Castle. Perumahan tersebut hanya diisi oleh para dokter dan juga professor lulusan tiga universitas terbaik di Korea, yaitu Seoul National University, Korea University, dan Yonsei University.

Drakor ini pun mendapat banyak ulasan positif karena menyoroti beberapa aspek tersembunyi dan kontroversial dari masyarakat Korea, termasuk alur ceritanya yang berhubungan dengan sistem pendidikan Korea yang sangat kompetitif. Penggambaran kompetisi anak sekolah di Korea juga terekam di beberapa drama lain seperti Penthouse.

Reply 1994

Selain ada Reply 1988 yang sangat populer, ada Reply lain lagi yaitu 1997 dan juga 1994 yang menarik untuk disimak. Berbeda dari seri Reply lainnya, untuk drama yang berlatar tahun 1994 ini lebih banyak mengangkat cerita sekelompok mahasiswa perantauan. Jika kamu ingin mengetahui bagaimana kehidupan anak rantau dan budaya di Korea, Reply 1994 bisa masuk ke watchlist kamu.

A Resistance

Kalau yang terakhir ini adalah film yang diadaptasi dari kisah nyata. A Resistance ini menceritakan tentang masa pendudukan Jepang di Korea, yang sejak saat itu orang-orang Korea memperjuangkan kemerdekaan mereka baik di dalam dan luar negeri.

Salah satu rakyat Korea yang berjuang pada masa itu adalah Yu Gwan Sun, perempuan yang lahir dari keluarga petani, yang masuk sekolah khusus perempuan di Seoul. Kisah Yu Gwan Sun ini menjadi cerita yang sangat terkenal di semenanjung Korea, karena film ini mewakili dirinya, aktivitasnya, dan ideologinya.

Itulah beberapa rekomendasi tayangan film maupun drama Korea yang bisa kamu saksikan sambil mempelajari kebudayaan Korea. Apakah kamu sudah pernah menonton salah satunya?

 

Image : dok. tvN, dok. JTBC, imdb

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment