banner-detik

makeup

5 Gaya Makeup Ini Bisa Bikin Kamu Terlihat Lebih Tua, Lho!

seo-img-article

Kalau mau tetap terlihat fresh dan tampak lebih muda, selain rajin menggunakan skincare, kamu bisa menghindari beberapa gaya makeup ini!

 

Kenapa seleb Korea terlihat muda dan segar terus? Sebab, selain menjaga pola makan dan suka merawat kulit, mereka gemar menggunakan produk complexion yang bikin kulit terlihat dewy, warna bibir yang cerah dan glossy, eyeliner yang tidak terlalu tebal, dan tanpa bulu mata palsu yang anti-badai. Trik makeup tertentu memang bisa memengaruhi total look kita. Kalau kita pakai makeup yang ringan dan melembapkan, otomatis terlihat lebih skin-like, natural, dan kelihatan muda. Nah, sebaliknya, beberapa gaya makeup justru akan membuat tampilan kita kelihatan lebih mature!

Matte lips

Keunggulan lipstik matte adalah daya tahannya yang bagus, nggak perlu apply berulang kali, dan aman dipakai di balik masker kesehatan karena nggak mudah nempel. Tapi, lipstik matte cenderung lebih kering dibandingkan lip color dengan finish satin, creamy, atau glossy. Kesan matte dan kurangnya kelembapan itu akan membuat garis-garis bibir lebih terlihat jelas, bahkan ada yang bikin bibir mengelupas. Kalau kamu punya banyak lipstik matte di rumah, coba deh menggunakan lip balm dulu sebelum mengaplikasikan lipstiknya agar tetap nyaman seharian.

Lipstik warna gelap

Warna lipstik seperti ungu, burgundy, atau dark red, bisa bikin kita terlihat lebih dewasa secara instan. Apalagi, kalau lipstiknya bertekstur matte. Kalau kamu lebih menyukai lipstik berwarna bold ini untuk sehari-hari tentu tak apa-apa, tapi untuk menyeimbangkannya, kamu bisa tampilkan complexion yang ringan dan dewy, serta makeup mata yang simpel. Jadi, total look kamu nggak terlihat terlalu heavy.

Baca juga: 5 Makeup Lokal di Bawah 200 Ribu Ini Bikin Wajah Kelihatan Glowing!

Base makeup berlapis-lapis

Penggunaan base makeup seperti foundation, BB Cream, cushion, compact powder, dan loose powder yang terlalu tebal dan berlapis-lapis akan membuat wajah terlihat seperti pakai topeng dan berkesan lebih mature, karena garis-garis kerutan malah akan terlihat jelas, terutama kalau finish-nya matte. Ditambah lagi dengan kemungkinan alas makeup tersebut cracking dan bikin kulit kering di tengah hari. Sebaliknya, base makeup yang dewy dan glowing biasanya akan kasih kesan tampilan yang lebih muda!

Baca juga: Cloud Skin Bakal Jadi Tren 2022 yang Menggeser Glowing Skin?

Contouring berlebihan

Ingat dengan tren contouring yang hits di tahun 2015-2016? Dipopulerkan oleh makeup ala Amerika dan Kardashian squad, gaya makeup yang melibatkan banyak bronzer atau contouring palette ini adalah cara mudah membuat kamu terlihat lebih tua dari usiamu. Kalau kamu ingin menggunakan contour untuk kasih ilusi wajah yang ramping, sebaiknya tidak perlu pakai terlalu tebal dan blend dengan baik ya!

Baca juga: Contek 5 Gaya Makeup Song Ji A, Influencer Korea Sekaligus Bintang Single’s Inferno!

Smoky eyes

Siapa yang dulu gemar pakai smoky eyes? Smoky eyes memang salah satu tren makeup fenomenal, terutama di era 90-an dan 2000-an. Kalau sesekali mau terlihat lebih dramatis dan seksi seperti Kate Moss, Keira Knightley, atau Britney Spears, boleh saja mengaplikasikan eyeshadow warna gelap dengan teknik smoky eyes. Namun, risikonya adalah kamu terlihat lebih tua dibandingkan menggunakan eyeshadow dengan warna nude, pink, atau peach.

Bulu mata palsu atau extension tebal

Pernah lihat Korean makeup dengan bulu mata palsu atau eyelash extension super heboh? Jarang, kan? Itu karena mereka memang lebih suka dengan gaya “no makeup makeup” dan effortless, yang semakin terlihat lebih alami, semakin baik. Dibandingkan dengan gaya makeup Korea, gaya makeup ala Amerika, Indonesia, dan Arab memang lebih sering menampilan bulu mata yang ekstra. Namun, efeknya bisa bikin kita terlihat lebih tua dan “dandan banget”. Jadi, kalau kamu mau look yang lebih youthful, bisa pakai maskara saja, atau gunakan faux eyelashes atau extension yang bulunya tipis dan wispy.

 

Nah, itulah beberapa gaya makeup yang bisa membuat tampilan kita jadi lebih mature. Kalau kamu, lebih suka dengan makeup di atas, atau lebih suka makeup yang glowing dan natural?

 

 

Image: Freepik.

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment