banner-detik

beauty school

Jenis-jenis Bunga yang Sering Digunakan sebagai Kandungan Skincare

seo-img-article

Nggak cuma cantik, bunga juga punya banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Saat ini bunga juga sering digunakan sebagai bahan skincare dan kosmetik.

Meskipun awalnya brand-brand kecantikan menggunakan bunga hanya sebagai pewangi atau memberikan kesan relaxing, saat ini banyak bunga yang digunakan sebagai ingredients skincare karena manfaat yang diberikan oleh bunga-bunga tersebut.

Apa saja sih, bunga yang sering digunakan sebagai ingredients skincare?

Mawar

Bunga yang satu ini sangat populer sebagai ingredient skincare. Selain aromanya memberikan kesan mewah, bunga mawar juga merupakan salah satu bahan utama dari rose water atau air mawar yang sudah digunakan sebagai skincare sejak dahulu kala. Rose water ini tinggi antioksidan, dan juga berfungsi untuk menghidrasi dan menenangkan kulit. Selain rose water bahan lain yang sering digunakan dari bunga mawar adalah rosehip oil dari buah yang ada pada mawar. Rosehip oil memiliki kandungan vitamin dan fatty acids yang cocok untuk kulit kering. Bagian mawar lain yang sering digunakan pada skincare dan body care adalah rose milk dan rose petal.

Baca juga: 6 Skincare Mawar Favorit yang Harus Kamu Coba!

Lavender

Bunga Lavender sering digunakan baik sebagai skincare maupun bodycare, bahkan dicampur dalam minuman seperti teh untuk memberikan efek menenangkan. Iya, lavender memang dipercaya memiliki kandungan yang dapat menenangkan tubuh dan kulit. Suka mencium aroma essential oil lavender sebelum tidur? Nah, lavender oil juga digunakan dalam produk skincare, dan dipercaya dapat membantu berbagai macam kondisi kulit, bahkan dapat membantu mengurangi ketombe, kerontokan rambut dan menyembuhkan gigitan hewan. Kandungan lavender sendiri banyak ditemukan dalam sabun, sampo, lotion, sampai lip balm.

Baca juga: 5 Face Mist Lavender untuk Bikin Kulit Glowing dan Rileks

Jasmine

Jasmine atau melati merupakan salah satu bunga yang sering digunakan sebagai bahan skincare, karena bunga yang satu ini relatif mudah ditemukan di mana-mana. Salah satu fungsi ekstrak dari bunga melati adalah sebagai skin hydrator. Ekstrak jasmine membantu menahan kelembaban di dalam kulit dan mencegah kulit kering, namun tetap lembut dan ringan serta tidak menyumbat pori-pori. Efek lain yang dipercaya dari bunga melati adalah efek detoks sehingga dapat membantu kulit melawan polutan dan radikal bebas.

Calendula

Bunga calendula dipercaya memiliki kandungan yang dapat membantu mengatasi peradangan pada kulit. Bunga yang berwarna kuning-oranye ini memiliki kandungan antibakteri yang dapat membantu mengatasi radikal bebas dan melawan potensi infeksi bakteri pada kulit.  Nggak heran kan, kita banyak menemukan kandungan calendula pada skincare saat ini. Ada juga bunga marigold yang merupakan “sepupu” calendula, yang juga cukup sering digunakan sebagai bahan skincare.

Baca juga: Kulit Sensitif? Ini 6 Skincare Lokal dengan Kandungan Calendula yang Menenangkan!

Hibiscus

Meskipun kita sering melihat kembang sepatu di Indonesia, tapi nggak banyak yang tahu kalau tanaman ini sering digunakan sebagai bahan skincare. Kembang sepatu atau bunga hibiscus ini kaya akan antioksidan yang bernama anthocyanocides. Antioksidan ini dapat melindungi kulit dari radikal bebas dan juga memiliki sifat astringen yang dapat mengecilkan penampakan pori-pori di kulit. Selain itu, hibiscus juga mengandung acids untuk mengeksfoliasi kulit dengan lembut, dan mucilage yang dapat melembabkan kulit.

Nah, itu tadi beberapa jenis bunga yang sering dijadikan ingredient skincare. Walaupun bunga-bunga tadi memiliki kandungan yang baik untuk skincare, tentunya kandungan tersebut perlu diolah terlebih dahulu agar bisa memberikan efek yang maksimal pada kulit. Jadi, nggak bisa kamu sembarangan memetiknya, menghaluskannya dan menggunakannya langsung di wajah ya!

Ada berapa produk skincare-mu yang mengandung bunga-bunga di atas?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment