banner-detik

skin care

Muncul Jerawat di Alis? Ini Tips Mengatasinya Agar Nggak Semakin Parah!

seo-img-article

Sering muncuk jerawat di alis? Memang, selain area pipi, dagu, hidung, dan kening yang lebih common, jerawat suka muncul di area yang tak terduga seperti, leher, alis dan telinga!

Kalau kamu sering memiliki jerawat di area alis, itu artinya teguran untuk kamu supaya lebih memperhatikan kebersihan area tersebut. Apalagi, kamu yang selalu pakai produk makeup alis setiap hari, seperti pensil alis, brow gel, brow powder, atau brow pomade. Memang sih, jerawat di alis nggak terlalu terlihat, karena tersamarkan oleh bulu-bulu alis kamu, tapi tetap saja rasa sakitnya mengganggu, dan kalau dibiarkan bisa jadi lebih besar dan makin bikin kamu nggak nyaman.

Double cleansing tanpa terburu-buru

Saat double cleansing sebaiknya kamu nggak terburu-buru, biar kotoran dan sisa makeup terangkat dengan tuntas. Kalau asal-asalan, bisa saja sisa makeup area mata masih tertinggal, akhirnya jerawat muncul keesokan harinya. Gunakan cleansing oil, cleansing balm, atau micellar water sampai bersih, fokuskan di area mata yang biasanya menggunakan makeup lebih berat. Kemudian lanjutkan memakai facial wash dengan gerakan memutar selama minimal satu menit.  Saat membilas juga harus sampai bersih ya!

Baca juga: Alis dan Bulu Mata Tipis? Atasi dengan 4 Serum Alis dan Bulu Mata Lokal Ini!

Gunakan pensil alis yang tidak terlalu keras

Dipegang saja tidak boleh, apalagi digosok-gosok dengan produk makeup. Nah, soal yang satu ini memang tricky. Kalo kamu punya jerawat di alis, sebaiknya hindari menggunakan pensil alis yang keras ya, supaya jerawat nggak sakit. Pilih pensil yang teksturnya lebih lembut, lalu sikat perlahan. Atau sementara waktu gunakan saja brow gel atau brow powder yang lebih ringan, supaya jerawat nggak terkena gesekan dan iritasi.

Gunakan spot treatment gel sehari dua kali

Kalau kamu memilih untuk tidak pakai makeup dulu malah lebih bagus. Untuk membuat jerawat di alis mereda, tentu kamu nggak bisa pakai acne patch atau acne sticker seperti pada area kulit lain, karena ada. bulu-bulu alisnya, jadi nggak bakalan nempel. Kamu bisa pakai obat totol jerawat atau acne spot treatment saja, saat pagi dan malam, setelah membersihkan wajah.

Baca juga: Nggak Terlalu Populer Tapi Bagus Buat Mencerahkan Kulit, Ini Brightening Serum Lokal yang Harus Kamu Coba!

Stop dulu pemakaian serum alis

Kalau kamu rutin pakai serum untuk bulu mata dan alis, sebaiknya stop dulu untuk area alisnya, supaya obat jerawat dan serum alis tersebut nggak tercampur. Mungkin saja, serum alis yang kamu pakai cukup thick dan oily sehingga bisa menyumbat pori-pori area alismu. Setelah jerawatnya mereda, kamu baru bisa pakai lagi. Sebaiknya sih pilih serum alis yang ringan dan nggak berminyak ya!

Fokus ke skincare dengan kandungan yang meredakan jerawat 

Coba gunakan facial wash dan serum dengan bahan utama yang terkenal mampu mengurangi dan menenangkan jerawat, seperti Niacinamide, Salicylic Acid, Zinc PCA, Centella Asiatica, mugwort, madu, tomat, Calamine, calendula, chamomile, dan tea tree. Memakai clay mask juga bisa membantu, lho! Kalau kamu biasanya pakai clay mask nggak sampai alis, kali ini justru harus kamu gunakan di area alis.

Baca juga: 3 Serum Jerawat Lokal Ini Bisa Membantu Meredakan Jerawat yang Mengganggu!

Nah, itulah beberapa tips mengatasi jerawat di alis. Semoga cepat mereda, ya! Selama ada jerawat di alis, sebaiknya hindari juga mencukur, mencabut, atau waxing bulu alis biar nggak inflamasi. Kalau kamu punya tips lainnya yang ampuh meredakan jerawat, jangan lupa tulis di kolom komentar.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment