banner-detik

pro tips

Anti Kulit Kering dan Kasar, Simak 4 Tips Ini Agar Kulit Tidak Kelebihan Eksfoliasi!

seo-img-article

Eksfoliasi bisa sangat membantu untuk mengangkat sel kulit mati dan menghaluskan kulit, namun kalau tidak bijak dalam melakukannya, bisa membuat kulit jadi kelebihan eksfoliasi!

 

Tipe kulit saya adalah combi to oily, jadi saya jarang banget mengalami kulit kering dan lebih memusingkan tampilan kulit saya yang berminyak. Namun karena saya pernah asal menggunakan scrub sampai empat kali seminggu, kulit saya jadi kering banget. And believe me, mengalami kulit kering dan stripping itu jauh lebih nggak enak dari pada kulit berminyak! Menyentuh kulit saja terasa sakit, kulit terasa tertarik, tidak terlindungi, dan jadi jauh lebih mudah mengalami iritasi. Benar-benar pengalaman yang nggak menyenangkan sama sekali.

Baca juga:  3 Tanda Wajah Sudah Kelebihan Eksfoliasi

Nah, untuk kamu yang nggak ingin over-exfoliate tapi tetap ingin mendapatkan kulit yang bersih dan lebih halus, saya punya tips agar kamu tidak kelebihan eksfoliasi, nih. Simak sampai habis ya!

Cukup satu kali seminggu

Meski ada beberapa produk eksfoliasi yang mengatakan bahwa produknya masih bisa digunakan 2-3 kali seminggu, menurut saya eksfoliasi cukup dilakukan satu kali seminggu saja. Mungkin dua kali masih aman dengan syarat wajah memang benar-benar terasa kotor, tetapi sebenarnya sekali seminggu saja cukup membuat wajah bersih sepanjang pekan, kok. Apalagi eksfoliasi biasanya dilakukan rutin setiap minggu, kalau frekuensinya terlalu sering, tentu lama-lama wajah akan terasa kering dan over-exfoliate. Lebih baik mencegah dari pada terlanjur kan?

Gunakan chemical exfoliation

Kalau kamu terbiasa menggunakan scrub untuk eksfoliasi, coba deh sekarang pertimbangkan untuk menggunakan chemical exfoliation. Eksfoliasi fisik seperti scrub bersifat lebih abrasif dan harsh untuk kulit, sementara chemical exfoliation cenderung lebih aman (dengan catatan kadar yang tidak terlalu tinggi). Chemical exfoliation bisa kamu lakukan sekali seminggu dengan memilih serum AHA/BHA. Kalau ingin lebih aman dan slow but sure, bisa gunakan toner atau facial wash dengan kandungan AHA/BHA yang kadarnya lebih rendah lagi.

Baca juga: Mengatasi Kulit Kusam dan Kasar? Kenali Jenis-Jenis Eksfoliasi Sesuai Tipe Kulitmu!

Pilih kandungan eksfoliasi dengan kadar tidak terlalu tinggi

Kandungan eksfoliasi kimiawi yang banyak dijumpai adalah AHA/BHA dengan turunannya. Pilihlah kandungan asam dengan persentase tidak lebih dari 10% untuk AHA dan tidak lebih dari 3% untuk BHA. Meski mungkin kadar yang cukup tinggi works very well for some people, lebih baik pilih kadar yang aman-aman saja, apalagi kalau kamu baru-baru mencoba chemical exfoliation. Kalau kamu sudah terbiasa menggunakan kadar yang cukup tinggi dan tidak mengalami tanda-tanda kelebihan eksfoliasi, artinya kulit kamu cukup kebal nih, dan bisa melanjutkan dengan kadar tersebut.

Baca juga: 4 Exfoliating Gel Mask Brand Lokal, Cara Eksfoliasi yang Lebih Nyaman dan Bikin Kulit Glowing!

Segera beri hidrasi tembahan!

Biasanya setelah eksfoliasi atau menggunakan wash-off mask, saya pasti langsung lengkapi dengan pelembap untuk memberi hidrasi ekstra. Fungsinya adalah untuk mencegah kulit agar tidak kekeringan. Selain pelembap, bisa gunakan serum yang menghidrasi seperti hyaluronic acid atau sheet mask dengan kandungan-kandungan yang menenangkan.

Percaya deh, trik-trik kecil seperti ini sebenarnya sangat membantu, lho, karena membuat kita lebih aware juga dengan produk yang kita gunakan dan fungsinya.

Baca juga: Rekomendasi Produk Eksfoliasi untuk Kulit Sensitif

Itu tadi 4 tips agar kulit tidak over-exfoliate versi saya. Apakah kamu punya tips lain untuk mencegah kulit kelebihan eksfoliasi? Share di kolom komentar ya!

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment