banner-detik

lifestyle

Suka Thrifting? Ini 6 Tips & Tricks yang Perlu Kamu Tahu!

seo-img-article

Peminat thrifting sepertinya sekarang makin banyak, nih. Biar makin maksimal saat hunting barang thrift, tips & tricks ini wajib kamu tahu!

Agar mengurangi konsumsi fast fashion, belanja barang dan pakaian second hand alias thrifting juga makin banyak peminatnya, nih. Nggak cuman lebih unik, murah, dan one of a kind, yang paling penting thrifting juga ramah lingkungan! Nah, mengingat peminat thrifting juga makin banyak, nggak heran kalau ‘saingan’ kamu juga bertambah. Apalagi thrifting itu kan seolah-olah lagi treasure hunting, jadi harus cepat dan pintar dalam pilih barang! Jangan panik, karena ini dia 6 tips and tricks untuk kamu yang tertarik thrifting, agar cari ‘harta karun’-nya makin maksimal! Yuk, simak di sini!

Riset tempat

Tentu sebelum kamu thrifting, ada baiknya kamu riset tempat terlebih dahulu. Coba riset tempat thrift yang bagus, terpercaya, dan menawarkan barang-barang bagus, biar nggak kecewa juga! Kamu bisa browsing di internet atau tanya-tanya ke teman atau kerabat. Kalau sudah tahu tempatnya, kamu bisa tentukan waktu yang kira-kira paling pas untuk dikunjungi, agar makin produktif proses thrifting-nya!

Double-check kualitas barang

Karena memang jenis baju-baju yang akan kamu dapatkan melalui thrifting tergolong second-hand alias barang bekas, pastikan kamu selalu double-check kualitas barangnya, ya! Coba perhatikan baik-baik kualitas bahannya, warnanya, jahitannya, dan juga cek apakah ada defects seperti noda-noda atau lubang pada barang tersebut. Walaupun kadang noda-noda bisa hilang dan jahitan bisa dipermak kembali, tetap pertimbangkan ya apakah masih layak pakai!

Tawar harga

Keuggulan dari thrifting yang lain adalah, kita bisa menawar! Pastinya harga barang-barang thrift pada umumnya sudah lebih miring, tapi tetap jangan mau rugi karena masih bisa menawar, lho. Apalagi seperti yang dibahas sebelumnya, kalau ada beberapa defects pada barang, bisa banget kamu jadikan alasan untuk nawar harga! Plus, jangan lupa untuk selalu bawa uang cash, ya.

Baca juga: Fast Fashion Ternyata Jadi Penyumbang Sampah Lingkungan

Pakai pakaian yang nyaman

Yang nggak kalah penting adalah pakaian yang kamu pakai saat thrifting. Lagi-lagi, thrifting itu seperti treasure hunting, jadi butuh energi, waktu, dan ketelitian yang ekstra untuk dapatkan barang bagus. Pasti kamu nggak mau kan, merasa nggak nyaman saat cari-cari barang? Oleh karena itu penting banget untuk kamu pakai pakaian yang nyaman dan enak untuk bergerak. Nggak perlu juga pakai outfit kece, karena inget most likely kamu akan belanja di pasar!

Bersihkan langsung

Anggap kamu sudah sukses belanja barang-barang thrift ini, habis itu apa? Well, langsung dibersihkan, ya! Mengingat barang-barangnya bekas, pasti nggak pingin kan pakai barang kotor? Cara yang baik adalah direndam dalam cairan antiseptik semalaman, agar semua bakteri dan kotoran yang ada hilang. Setelah itu tinggal dicuci dengan deterjen seperti pakaian lainnya, deh.

Online thrifting!

Malas thrifting ribet cari-cari di pasar? Solusinya cuman satu, online thrifting. Sekarang akun-akun online thrifting sudah banyak banget, apalagi di Instagram. Tentu kamu nggak akan merasakan ‘keseruan’ thrifting langsung, but it will save you the hassle alias terima beres. Nah, kalau online thrifting itu biasanya kamu harus cepat-cepatan order dengan orang lain, jadi pastikan jangan sampai ketinggalan waktu order-nya, ya! Sudah terkurasi, sudah bersih, barang bagus, harga juga miring, siapa yang nggak mau kan?

Baca juga:Senang Thrifting? Ini 5 Rekomendasi Toko Baju Vintage di Instagram!

Semoga tips and tricks thrifting ini bermanfaat, ya. Selamat dicoba dan tentunya, happy thrifting!

Image : Freepik, Instagram @damiramore.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment