banner-detik

industry news

Mengenang Virgil Abloh, Ini 6 Karya Ikoniknya dalam Fashion

seo-img-article

Mulai dari fashion, musik, sampai karya seni, kreasinya nggak akan terlupakan. Mengenang Virgil Abloh, sang desainer Off-White dan direktur Louis Vuitton, ini 6 karyanya yang ikonik. 

Berita duka datang dari dunia fashion. Desainer dan pendiri dari Off-White, yang juga direktur dari Louis Vuitton, Virgin Abloh, dinyatakan meninggal dunia pada hari Minggu (28/11), setelah berjuang melawan kanker selama sekitar tiga tahun. Berkarya selama 15 tahun, tentu kepulangan tidak terduga ini membuat industri fashion terkejut. Meski demikian, karya dan kontribusi Virgil yang berdampak besar pada industri fashion dan seni nggak akan tergantikan. Mulai dari cover album, sepatu Nike, sampai karpet IKEA, berikut 6 dari banyak karya ikonik Virgin Abloh yang patut kita rayakan kembali.

Louis Vuitton Spring/Summer 2019 Menswear Collection

Lempar balik ke awal karirnya, Virgil Abloh keluar dengan debutnya bersama Louis Vuitton pada tahun 2019 dengan koleksi Spring/Summer 2019 Menswear Collection. Diselenggarakan di Château Paris, Palais Royal, debut Virgil menjadi momen yang tak terlupakan. Momen ini menandai era baru untuk Louis Vuitton dalam bekerja di bawah bimbingan direktur artistik kulit hitam pertama – runway yang warna-warni juga menyimbolkan arahan baru LV menjadi lebih beragam.

Off-White X Nike Collaboration

Salah satu karya Virgil yang paling menempel adalah desain sepatunya, terutama kolaborasi antara Off-White dengan Nike. Desain-desainnya bersama Nike ternyata jadi salah satu yang paling diminati, apalagi karena ia menawarkan 61 model sepatu bersama Nike. Ia memadukan gaya khas Off-Whitenya pada model sepatu Nike klasik seperti Air Jordan, Air Force One, bahkan Converse High Tops. Desain sepatunya juga pernah dipakai atlit tenis Serena Williams pada U.S. Open 2018, dicocokan dengan dress atletik ungu yang kece.

Baca Juga : “Kaiser Karl”, Serial Tentang Ikon Fashion Karl Lagerfeld akan Hadir di Disney+

Hailey Bieber “Till Death Do Us Part” Wedding Dress

Desain Virgil yang juga cukup dikenal adalah gaun pengantin untuk Hailey Bieber di hari pernikahannya. Unik dan berbeda dari gaun pengantin pada umumnya, gaun lace ini menonjol karena disertai dengan veil super panjang bertuliskan wedding vow, “Till Death Do Us Part”, dengan silhouete wedding dress model off-shoulder yang elegan dan penuh renda cantik. Lagi-lagi Virgil Abloh berhasil membuahkan sentuhan unik pada garmen tradisional, memberikan sesuatu yang memorable tanpa merusak nilai-nilai aslinya.

IKEA Collaboration

Nggak hanya kolaborasi dengan Nike, namun kolaborasi Off-White dengan IKEA juga merupakan salah satu kolaborasi paling ditunggu-tunggu di tahun 2019. Koleksi spesial yang dinamakan “MARKERAD” ini mengeluarkan 13 desain furnitur mulai dari karpet, shopping bag, lukisan, sampai jam dinding. Melalui website-nya, koleksi ini ditujukan untuk membantu para milenial menata rumahnya dengan gaya keren dan harga terjangkau.

Album Covers, From Kanye West to A$AP Rocky

Ternyata nggak berhenti mendesain di lingkup fashion atau furnitur, Virgil Abloh juga seringkali terlibat dalam produksi sampul album untuk musisi-musisi ternama, seperti Kanye West, A$AP Rocky, dan Lil Uzi. Karyanya selalu kreatif dan unik, dengan sentuhan khas Virgil yang bold dan penuh grafik namun tetap terkesan sleek.

Off-White “Laboratory of Fun”

Salah satu runway show Virgil Abloh yang paling menonjol adalah fashion show Off-White Fall/Winter 2021 Collection. Dinamakan “Laboratory of Fun”, koleksi ini mengangkat kreativitas, inovasi, dan craftsmanship sebagai nilai dan konsep utamanya. Show ini menandai kembalinya runway tatap muka di Paris, dan membawa nuansa warna monokrom dan desain utilitarian. Salah satu desain yang mencolok adalah tampilan dari Bella Hadid, yang tampil dalam dua gaun ikonik. Bella membuka koleksi dalam gaun mini warna biru menawan dengan boots selutut tang serasi, sebelum ganti ke versi gaun malamnya.

Baca Juga : Intip 8 Seleb dengan Outfit Keren di American Music Awards 2021!

Nggak perlu diragukan lagi, Virgil Abloh sukses menjadi panutan dan pesona ikonik di industri seni, musik, dan tentu fashion. Dan walaupun ia meraih banyak sekali hal dalam 15 tahun berkarir, tentu terasa sedih bahwa kita tidak bisa tahu apa yang bisa ia capai lagi nantinya. Nevertheless, his art, dedication, and legacy will always remain in our hearts.

Image : Getty Images, LVMH, Vogue.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment