lifestyle

Suka Pakai Softlens? Ini Tips Agar Mata Nggak Iritasi!

seo-img-article

Nggak hanya bisa membantu penglihatan, softlens yang berwarna juga sering dipilih untuk mempercantik mata dan membuat makeup mata terkesan lebih “hidup”. Tapi, gimana mencegah mata iritasi akibat softlens?

 

Berbeda dengan menggunakan kacamata yang lebih simpel, pakai softlens butuh komitmen. Kamu harus selalu mengganti air rendamannya, membersihkannya sebelum memakai, dan menjaga agar matamu tetap lembap. Kamu juga harus ingat kapan kamu harus mengganti softlens-mu dengan yang baru! Itu semua untuk mencegah mata iritasi akibat benda tipis satu ini. Simak yuk, beberapa penjelasannya di bawah ini!

Jangan pakai lebih dari 8 jam

Memakai softlens lebih dari 8 jam akan membuat mata terasa kering dan letih. Bila kamu pemakai softlens untuk kebutuhan kosmetik atau hanya pakai softlens warna untuk mempercantik mata, kamu sebaiknya nggak perlu pakai setiap hari atau terlalu sering. Jika kamu pakai softlens minus, sebaiknya gunakan bergantian dengan kacamata ya! Misalnya, saat di rumah saja kamu bisa pakai kacamata, tapi saat meeting, ke kantor, atau traveling, kamu bisa gunakan softlens.

Baca juga: Ingin Kulit Glowing? Cari Tahu Dulu Kesalahan yang Bikin Kulit Kusam!

Pilih brand yang terpercaya dan kadar air yang tinggi

Sebaiknya jangan asal-asalan dalam membeli softlens, pilih yang brand-nya well-known dan punya kadar air di atas 40%. Biasanya, softlens disposable yang harian, lebih nyaman dibandingkan dengan yang bulanan. Kalau kamu mau pilih yang bulanan karena lebih hemat, pilih yang hanya bertahan 1 bulan dibandingkan yang 3 atau 6 bulan. Kamu akan lebih mudah ingat untuk menggantinya jika softlens tersebut hanya bertahan sebulan. Catat kapan tanggal kamu mulai memakainya, untuk mempermudah kamu membeli softlens selanjutnya. Misalnya, kamu harus membeli softlens baru tiap tanggal 25 setiap bulan.

Segera buang softlens yang expired

Jangan coba-coba menggunakan softlens yang sudah kadaluwarsa! Gunakan softlens sesuai dengan masa berlakunya ya, karena softlens yang expired bisa bikin mata kamu nggak nyaman, kemerahan, dan terasa perih. Hanya karena “malas” atau menunda beli yang baru, kamu malah harus ke dokter mata untuk memeriksakan matamu!

Baca juga: Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengguna Softlens

Selalu ganti air perendam softlens

Air pembersih dan perendam softlens atau softlens solution tidak bisa dipakai berulang kali. Jadi setiap kamu melepas softlens dan akan meletakkannya di wadah, kamu harus menggantinya dengan air yang baru. Jangan pernah juga merendam softlens dalam air putih biasa ya!

Wajib lepas softlens sebelum tidur dan berenang

Seletih apapun kamu, sebelum tidur, sempatkan untuk membersihkan wajah dan melepas softlens yang kamu pakai. Sangat berbahaya lho, memakai softlens saat tidur, karena bisa bikin softlens lengket di bola mata dan susah dilepas keesokan harinya. Bahkan, softlens juga bisa “menghilang” atau bergeser ke balik kelopak mata! Sebelum berenang juga sebaiknya dilepas, meskipun kamu menggunakan kacamata renang. Kalau air kolam renang yang mengandung berbagai zat pembersih itu masuk ke mata dan mengenai softlens, matamu pasti merah dan perih.

Gunakan softlens sebelum pakai makeup

Ini seharusnya sudah jadi kebiasaan simpel ya, tapi ternyata masih banyak yang belum melakukannya. Kalau kamu pemakai softlens, seharusnya kamu menggunakannya setelah mandi, sebelum dandan. Pakai softlens saat sudah ber-makeup akan berisiko, membuat softlens kotor terkena makeup mata seperti serbuk eyeshadow, eyeliner, dan maskara. Ini bisa berbahaya untuk matamu, apalagi kalau kamu punya mata yang sensitif.

Lepas softlens sebelum membersihkan wajah

Yang satu ini juga penting untuk mencegah mata iritasi! Kamu harus cuci tangan, melepas kedua softlens-mu, cuci tangan lagi, lalu baru mulai membersihkan wajah. Apalagi kalau kamu pakai makeup mata yang waterproof dan membersihkannya dengan cleansing oil atau cleansing balm. Kalau kamu nggak melepasnya, produk cleanser bisa masuk ke mata, membuat mata jadi “buram” dan softlens jadi terkontaminasi.

 

Nah, itulah beberapa hal yang penting untuk diperhatikan agar mata nggak iritasi akibat pemakaian softlens. Jamgan lupa untuk selalu membawa tetes mata softlens ke mana-mana, supaya sewaktu-waktu bisa dipakai ketika kamu merasa matamu kering. Pastikan kamu selalu cuci tangan sebelum dan setelah menggunakan softlens ya! Ingat, area mata adalah area yang sangat sensitif. Jika matamu terasa perih dan memerah lebih dari 24 jam, segera hubungi dokter mata.

 

Image: Freepik, Bausch and Lomb, Freshkon

Poppy_Septia

Poppy_Septia

-

Slow Down

Please wait a moment to post another comment