skin care

3 Rekomendasi Skincare Retinol Lokal untuk Pemula dan Kulit Sensitif

seo-img-article

Produk skincare lokal dengan retinol ini formulanya gentle, sangat cocok untuk pemula maupun untuk kamu yang punya kulit sensitif.

Kalau untuk perawatan anti-aging, ingredient yang paling potent memang retinol. Jadi saya selalu berusaha memasukkan retinol ke dalam skincare rutin saya. Karena kulit saya sensitif, jadi saya pakai retinol nggak setiap hari. Biasanya seminggu dua kali saja, selang seling dengan AHA serum seminggu sekali. Selain intensitas pakainya nggak setiap hari, saya juga biasanya memilih produk retinol yang super gentle di kulit.

Kalau kamu pemula, atau baru mau pakai retinol, saran saya pakai produk retinol yang gentle juga. Perkenalkan kulit kita dulu dengan retinol secara bertahap, mulai dari level terendah. Lalu kemudian mulai baca kondisi kulit, apakah sudah mulai terbiasa dan mau naikin level retinol, atau seperti saya yang lebih nyaman pakai gentle retinol saja.

Nah, untuk kamu yang sedang mencari retinol yang sangat mild dan ramah di kulit, ini dia tiga skincare retinol andalan saya.

Avoskin Miraculous Retinol Toner

Avoskin Miraculous Retinol Toner adalah skincare lokal dengan kandungan retinol pertama yang dulu saya coba, dan sukses bikin saya jatuh cinta dengan kandungan retinol. Sampai sekarang pun, Avoskin Miraculous Retinol Toner ini masih jadi andalan saya karena saya bisa merasakan manfaat retinol tanpa efek samping seperti kulit kering, iritasi, dan sensitized.

Avoskin Miraculous Retinol Toner ini mengandung 1% Actosome Retinol. Actrosome Retinol sendiri adalah jenis retinol yang dibungkus oleh bahan-bahan lain, yang ketika digunakan akan dikeluarkan dengan metode time release ke kulit. Jadi memang lebih gentle dan minimal resiko iritasinnya, selain itu kandungan retinol ini juga lebih stabil dan tidak gampang oxidize.

1% Actosome Retinol ini aman banget untuk pemula dan untuk kulit sensitif seperti kulit saya. Selain retinol, toner ini juga dilengkapi dengan 3% Niacinamide, Pomegranate, Vitamin E, Oat Meal, dan juga Peptide. Toner ini terasa hydrating di kulit saya, dan saya sama sekali nggak merasakan efek negatif apapun selama pemakaiannya.

Baca juga: Gimana Langkah-Langkah Pakai Eye Cream yang Tepat?

Airnderm Retinol Serum

Sama seperti Avoskin, Airnderm Retinol Serum ini juga menggunakan Actosome Retinol (atau BST-Retinol atau Encapsulated Retinol), dengan besar 1,5%. Lalu dalam serum ini juga ditambahkan Argirelin (sejenis Peptide), yang berfungsi menghaluskan kerutan dan juga menghidrasi kulit. Retinol dan Argirelin ini bekerjasama untuk merangsang pertumbuhan kolagen di kulit, sehingga kulit lebih awet muda dan kencang.

Retinol dalam bentuk serum begini keuntungannya adalah lebih banyak buffer-nya, dan pemakaiannya bisa kita campurkan dengan moisturizer (metode skincare smoothies). Sehingga resiko iritasinya bisa lebih diminimalisir lagi. Tapi sepanjang saya pakai Airnderm Retinol Serum ini, dipakai langsung tanpa dicampur dengan moisturizer pun masih sangat aman kok untuk kulit sensitif saya.

Baca juga: Supaya Kulit Awet Muda, Ini Tips Menjaga Kadar Kolagen di Kulit!

Somethinc Granactive Snow Retinoid 2%

Ini merupakan serum terbaru dari Somethinc, yang merupakan serum anti-aging, dengan kandungan Retinol yang memang diformulasikan beginner friendly. Granactive Retinoid atau Hydroxypinacolone Retinoate (HPR) merupakan senyawa organik yang berasal dari asam retinoat, yang bekerja seperti Retinol di kulit kita, namun sangat minimal resiko iritasinya, dan tidak membuat kulit kering.

Lalu Somethinc Granactive Snow Retinoid ini juga diformulasikan dengan Snow Mushroom dan Alpha Bisabolol, yang mampu menenangkan kulit yang meradang, mencegah jerawat, dan juga mencegah hiperpigmentasi. Jujur saya baru beberapa hari memakai serum ini. Tapi saya sudah bisa menyimpilkan kalau serum ini mild dan nggak bikin kulit saya kering, iritasi, sensitized, dan efek-efek negatif lainnya.

 

Buat kamu yang baru mau mulai pakai skincare retinol, cobain deh salah satu produk yang saya rekomendasikan di atas. Mulai pakai satu kali seminggu dulu, untuk membaca reaksi kulit kita. Lalu baru perlahan tingkatkan pemakaian sampai bisa pakai setiap hari atau naik level produknya. Selamat mencoba!

 

Image: Dok. Female Daily/Arum

celle

celle

owner www.racunwarnawarni.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment