banner-detik

made in indonesia

Ingin Skin Barrier Sehat? Ini 3 Pilihan Serum Lokal dengan Kandungan Prebiotik!

seo-img-article

Punya kulit sensitif, mudah kemerahan, dan berjerawat? Coba pakai serum dengan kandungan prebiotik, untuk menyeimbangkan kulit.

Skin barrier merupakan pertahanan pertama dari kulit. Jadi kalau skin barrier kuat, kulit juga jadi nggak gampang terkena masalah seperti iritasi, kemerahan, jerawatan, dan kusam. Nah, agar skin barrier terjaga, dibutuhkan bakteri-bakteri baik (microbiome) yang menjaga agar pH kulit tetap seimbang. Belakangan, cukup banyak kan, skincare lokal yang merilis produk dengan prebiotik? Prebiotik ini adalah “makanan” bagi bakteri baik yang terdapat pada kulit, sehingga bakteri baik tumbuh dan bekerja optimal di kulit kita.

Sebagai pemilik kulit sensitif, saya merasakan manfaat dari skincare dengan kandungan prebiotik ini. Kulit saya sering sekali memerah dan berjerawat, karena iritasi. Penyebapnya adalah skin barrier yang terganggu. Dengan bantuan skincare yang mengandung prebiotik ini, kulit saya jadi lebih tenang dan “kuat”, nggak gampang iritasi dan juga nggak gampang terkena masalah lainnya. Intinya skincare dengan Prebiotik ini di kulit saya kerasa banget efeknya dalam menyehatkan kulit.

Baca juga: Pentingkah Menjaga Keseimbangan Microbiome Kulit?

Nah, belakangan ini ada tiga serum lokal dengan kandungan prebiotik yang saya coba, yang ampuh untuk mengatasi kulit saya ketika sedang kemerahan. Inilah produk-produknya:

1. LT Pro Skin Serum Biotics

Serum dari LT Pro ini bukan hanya mengandung prebiotik, namun juga sekaligus probiotik dan postbiotik. Pro, Pre, dan Postbiotik tersebut bisa digunakan sendiri-sendiri sebagai ingredient dalam skincare. Namun, kalau digunakan bersamaan seperti ini, akan lebih maksimal kerjanya karena ketiganya saling mendukung untuk menciptakan ekosistem kulit yang balance dan sehat.

Tekstur serum ini gel-liquid, seperti tekstur hydrating toner yang rich, dan tanpa aroma sama sekali. Ketika diaplikasikan ke kulit rasanya sangat nyaman, dan langsung meredakan kemerahan di area wajah dan leher saya. Ini botol kedua saya untuk LT Pro Skin Serum Biotics ini. Saya benar-benar suka efek calming-nya, dan saya merasa kulit saya jarang sekali berjerawat sejak memasukkan serum ini ke dalam skincare routine saya.

2. ERHA Age Corrector Booster Series Active Defense

Sebenernya booster series dari ERHA Age Corrector ini merupakan produk yang diformulasikan agar dapat digunakan sendiri atau dicampurkan dengan krim pelembap, untuk meningkatkan efek krim yang kita pakai. Tekstur produk ini memang cair dan tanpa aroma, enak banget kalau mau dicampurkan ke moisturizer yang kita pakai. Tapi untuk seri Active Defense ini, saya lebih suka pakai sendiri di slot serum, karena sifatnya yang calming dan hydrating, dan sama sekali nggak mengiritasi kulit.

ERHA Age Corrector Booster Series Active Defense menganding Prebiotik yang berfungsi untuk menyeimbangkan ekosistem kulit dan mengurangi kemerahan pada kulit. Lalu juga ada kandungan 5Tipe Growth Factor dan Essential Factors yang berasal dari fermentasi mikroba, yang fungsinya untuk merangsang produksi kolagen, memperbaiki elastisitas kulit, dan membantu penyembuhan luka.

3. Somethinc Resurrect Multibiome Serum

Ini salah satu dari 12 serum yang baru saja dikeluarkan oleh Somethinc. Mengandung 3% Skin Microbiata Balancer, yang merupakan perpaduan prebiotik dan probiotik, yang berfungsi untuk memperkuat skin barrier, menghaluskan tekstur kulit, dan juga secara alami bisa mencerahkan kulit. Serum ini juga bisa jadi solusi untuk kulit yang berjerawat lho!

Tekstur serum ini gel-liquid, cenderung encer, namun kalau dibandingkan dengan LT pro dan Erha Age Corrector, Somethinc ini memang yang paling kental. Ketika diaplikasikan terasa adem, nyaman, hydrating, dan soothing. Mampu menghidrasi kulit sekaligus menenangkan kulit yang iritasi. Namun saya kurang suka dengan aromanya. Tapi kalau untuk kemasannya, menurut saya serum dari Somethinc ini juara sih! Dikemas dalam botol pump yang jelas lebih higenis daripada botol dengan pipet. Menurut saya brand lokal lain harus mulai mengikuti packaging serum dari Somethinc ini, karena memang lebih ringkas dan memudahkan pemakaian.

 

Nah, itulah 3 serum lokal dengan kandungan prebiotik yang bisa kamu aplikasikan untuk menjaga kekuatan skin barrier kamu. Ada yang sudah pernah coba salah satunya?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment